Cara Membersihkan Kipas Angin Agar Dingin dan Umurnya Awet

  • Whatsapp
Cara Membersihkan Kipas Angin

Sebagai salah satu alat yang penting untuk menghalau panas, kipas angin harus rutin dibersihkan untuk menjaganya agar tidak kotor. Mengingat kipas angin termasuk dalam alat elektronik, maka kipas tidak bisa dibersihkan secara sembarangan. Lalu, bagaimana cara membersihkan kipas angin yang tepat?

Sama seperti alat pendingin lain, ketika kipas angin terus-menerus digunakan, debu akan berkumpul pada baling-baling kipas. Jika dibiarkan begitu saja, kipas lama-kelamaan akan berhenti berfungsi dan rusak. Tidak hanya itu, kipas yang penuh debu bisa menyebabkan gangguan pernapasan alih-alih membuat ruangan terasa dingin.

Maka dari itu, kipas angin perlu dibersihkan secara berkala. Dengan begitu, kipas angin akan lebih awet dan ruangan pun senantiasa dingin. Nah, agar kipas angin selalu dalam keadaan bersih dan aman, diperlukan cara yang tepat dalam proses pembersihannya. Berikut ulasannya:

Alat-alat yang Diperlukan

Sebelum membersihkan kipas angin, ada baiknya jika alat-alat yang dibutuhkan dalam proses pembersihkan disiapkan terlebih dahulu. Dengan begitu, proses pembersihan bisa berlangsung lancar dan cepat.

Alat-alat yang dibutuhkan untuk membersihkan kipas angin antara lain kain lap baik bersih maupun basah, obeng, sponge, sabun, dan sapu. Selain itu, masker juga tidak boleh dilupakan untuk mencegah debu dari kipas masuk ke saluran pernapasan. Jika alat-alat untuk membersihkan kipas angin sudah siap, selanjutnya kipas bisa dibersihkan.

Membersihkan Kipas Angin Bulat

Kipas angin bulat merupakan kipas yang paling sering ditemui. Ada beberapa macam ukuran yang sering ditemui, mulai dari yang berukuran kecil hingga besar. Pada kipas ini, bagian yang perlu dibersihkan adalah penutup kipas, baling-baling kipas, dan juga bagian kepala kipas.

Kira-kira bagaimana cara membersihkan kipas angin ini? Simak langkah-langkahnya:

1. Pastikan Kabel Tercabut

Langkah pertama dan yang terpenting ketika membersihkan kipas angin adalah memastikan bahwa kabel kipas tidak tercolok ke stopkontak. Jika kabel masih tercolok, segera lepas untuk memutuskan aliran listrik.

Membersihkan kipas angin dalam keadaan aliran listrik menyala sangat membahayakan. Setelah kabel dicabut, tunggu beberapa saat agar mesin kipas kembali dingin.

2. Lepas Penutup

Apabila mesin kipas sudah dingin, segera lepas penutup yang melindungi baling-baling kipas. Gunakan obeng untuk membuka sekrup pada penutup ini. Agar lebih mudah, proses ini sebaiknya dilakukan oleh dua orang. Dengan begitu, penutup baling-baling tidak akan jatuh.

Namun, apabila terpaksa dilakukan sendirian, maka baringkanlah kipas angin secara perlahan. Buka sekrup yang ada pada penutup dengan posisi kipas angin berbaring. Jangan lupa simpan sekrup penutup supaya tidak hilang.

3. Membersihkan Penutup Kipas

Setelah penutup kipas angin terbuka sepenuhnya, segera cuci penutup kipas tersebut Sebelum mencucinya, penutup kipas bisa dilap dengan lap basah terlebih dahulu untuk menghilangkan debu.

Selanjutnya gunakan air dengan selang atau shower untuk menghilangkan debu yang masih menempel. Jika ingin hasil yang lebih bersih, sabun bisa dipakai untuk menghilangkan debu yang membandel.

Cuci kembali dengan air setelah penutup diberi sabun. Keringkan penutup dengan cara diangin-anginkan.

4. Membersihkan Baling-baling Kipas

Langkah selanjutnya adalah membersihkan baling-baling kipas. Bisa dibilang langkah ini merupakan langkah yang paling krusial mengingat baling-baling termasuk bagian vital kipas dan juga bagian yang paling banyak terkena debu.

Ada dua cara untuk membersihkan baling-baling kipas. Yang pertama membersihkan baling-baling tanpa perlu melepasnya. Cara ini cenderung lebih mudah karena yang perlu dilakukan hanyalah melap baling-baling dengan kain kering terlebih dahulu, dilanjutkan dengan melapnya menggunakan lap basah. Lalu, tunggu baling-baling sampai mengering.

Cara yang kedua yakni dengan melepas baling-baling kipas angin tersebut lalu membersihkan debunya dengan sapu kecil. Setelah itu, baling-baling kipas bisa dicuci dengan sabun, sebelum akhirnya dikeringkan dan dipasang kembali pada tempatnya.

5. Lap Bagian Kepala dan Seluruh Badan Kipas

Pembersihan kipas angin semakin sempurna jika kepala dan badan kipas turut dibersihkan. Cara membersihkan bagian ini juga cenderung mudah. Yang perlu dilakukan hanyalah melapnya secara bergantian dengan kain kering, lalu kain basah, dan kain kering laigi.

6. Memasang Penutup Baling-Baling

Jika semua bagian kipas angin sudah dibersihkan, selanjutnya pasang kembali bagian penutup baling-baling ke tempat semula. Pasang kembali sekrup-sekrup yang disimpan sebelumnya.

Jika memungkinkan, sama seperti pelepasan penutup, dibutuhkan dua orang untuk memasangnya agar penutup tidak terlepas. Namun, apabila tidak ada orang lain, pasang kembali dalam posisi terlentang.

Baca juga: Apartemen Kemang Village, Hunian Idaman di jakarta Selatan

Membersihkan Kipas Gantung

Pada dasarnya membersihkan kipas gantung mempunyai prinsip yang sama dengan pembersihan kipas bundar. Hanya saja pada kipas gantung, tidak ditemukan penutup kipas sehingga proses pembersihkan bisa diselesaikan dalam waktu lebih cepat.

Cara membersihkan kipas gantung ini yakni dengan melap bagian baling-baling. Gunakan kemoceng terlebih dahulu untuk membantu membersihkan debu pada bagian ini. Setelah itu, gunakan lap basah yang disusul lagi dengan lap kering untuk membersihkan baling-baling kipas.

Kipas angin yang tahan lama dan tetap dingin tentu menjadi dambaan dan impian setiap orang di tengah panasnya suhu udara. Untuk itulah, kipas angin perlu dibersihkan secara rutin.

Ketika melakukan pembersihan, cara membersihkan kipas angin perlu diperhatikan karena bisa berdampak langsung pada ketahanan kipas angin. Cara yang tepat membuat kipas lebih tahan lebih lama dan tentu saja tetap dingin.

Related posts