Cara Membayar Pajak Mobil Online, Mudah dan Banyak Untungnya !

  • Whatsapp

Pajak merupakan kewajiban setiap warga negara yang biasanya dibayarkan per tahun ke lembaga negara terkait. Ada berbagai macam jenis pajak yang dibebankan kepada masyarakat salah satunya pajak kendaraan.

Kabar baiknya, pembayaran bisa dilakukan secara online, jadi pajak mobil online ini bisa di akses via HP.

Read More

Kita tidak perlu direpotkan untuk datang ke kantor Samsat dalam urusan pajak kendaraannya. Cukup dengan berada di rumah bisa mengakses pajak online dan membayarnya.

Inilah beberapa tahapan yang bisa dilakukan dan penjelasan mengenai pajak online serta manfaat yang didapatkan.

Cara Membayar Pajak Mobil Online

Terkadang tidak semuanya orang memiliki cukup waktu untuk membayar pajak secara langsung. Ditengah pekerjaan yang padat atau di situasi genting, maka pembayaran pajak harus bisa dilakukan secara online via aplikasi.

Agar lebih memudahkan masyarakat untuk menunaikan kewajibannya membayar pajak. Inilah beberapa proses yang harus diperhatikan saat membayar pajak secara online.

1. Instal Aplikasi Samsat Online Nasional

Saat ini kemudahan dalam membayar pajak via online bisa dengan memanfaatkan handphone. Untuk memulai membayar pajak download aplikasi Samsat online nasional di HP. Untuk mendapatkan aplikasi tersebut Samsat online , carilah di google play store.

Pastikan internet di HP memadai dan lancar sehingga bisa mengunduh aplikasi dengan mudah. Selanjutnya tunggu beberapa saat agar aplikasi Samsat Online terunduh dan sudah terinstal. Jika sudah muncul ikon di layar hp, aplikasi Samsat Online siap digunakan.

2. Persiapkan Dokumen Agar Mudah

Sebelum melakukan login pada aplikasi Samsat online. Sediakan dokumen pendukung untuk pengisian data.

Jika dokumen terkait sudah disediakan maka saat membuka aplikasi dan mengisi tinggal memasukkan data dari dokumen tersebut. Hal ini jadi lebih mudah dilakukan pembayaran pajak pada pengisian aplikasi Samsat online.

3. Masuk Ke Menu Aplikasi

Selanjutnya masuklah ke menu aplikasi Samsat Online, ada beberapa tampilan disana. Jika ingin mendapatkan informasi tentang pajak juga tinggal memilih menu tersebut.

Selanjutnya karena akan membayar pajak mobil online maka pilih di menu untuk E-TBPKP. Dalam menu E-TBPKP akan muncul formulir yang harus diisi oleh peserta pembayaran pajak.

4. Isi Formulir

Jika sudah muncul formulir di layar hp, selanjutnya isi data sesuai dokumen yang sudah dipersiapkan. Yaitu nomor polisi mobil atau yang tertera pada plat mobil, NIK atau Nomor Induk Kependudukan.

Selanjutnya masukkan 5 digit terakhir nomor rangka pada mobil. Dilengkapi dengan nomor telepon pembayar pajak serta alamat email.

Istilah formulir tersebut dengan baik dan benar agar tidak terjadi kesalahan saat proses pengajuan formulir.

5. Kirim Data

Setelah melakukan isian formulir secara teliti maka selanjutnya lihat kembali apakah data sudah benar. Karena jika terjadi kesalahan dalam pengirim data yang sudah diinput, Akan kesulitan untuk melakukan perbaikan.

Pengiriman data ini juga nantinya yang akan diproses oleh Samsat sebagai bukti bahwa wajib pajak sudah mengurus pajak mobil online.

6. Dapatkan Kode Verifikasi Pembayaran

Selanjutnya setelah formulir terkirim akan ada pemberitahuan untuk verifikasi pembayaran berdasarkan bank yang dituju. Kode tersebut merupakan kode unik setiap wajib pajak yang akan melakukan pembayaran secara online.

Setiap orang yang akan membayar pajak online, akan mendapatkan kode verifikasi yang berbeda. Pembayaran bisa dilakukan via e-banking, atm atau via bank yang ditunjuk.

7. Berhasil Membayar Pajak

Jika sudah berhasil membayar pajak, maka data akan diproses secara otomatis. Dan dianggap sudah membayar pajak secara online. Tinggal menunggu bukti pembayaran pajak mobil via offline. Yaitu kantor Samsat akan mengirimkan via alamat rumah yang sudah dilaporkan ke dalam formulir.

Dengan adanya beberapa tahapan membayar pajak via online tentu wajib pajak bisa memahami hal yang harus dilakukan.

Memperhatikan prosedur yang tersedia secara online, kemudian menunggu hasilnya jika sudah selesai. Pajak online bisa menjadi manfaat bagi para wajib pajak di tengah situasi pandemi.

Baca juga: Teknologi Informasi adalah Terobosan Terbesar Sepanjang Sejarah manusia

Keuntungan Pembayaran Pajak Secara Online

Ada beberapa manfaat yang didapatkan saat melakukan pembayaran pajak secara online. Hal ini bisa sangat berguna agar masyarakat tidak kerepotan harus datang ke kantor Samsat. Tinggal mengurus pajak online via HP sesuai dengan tahapan yang dilakukan.

1. Mudah

Kemudahan yang diberikan oleh aplikasi Samsat Online Nasional memang sangat bisa diandalkan.

Semua orang bisa mengurusnya dari berbagai tempat. Salah satunya dengan mengurusnya dari rumah, dengan melihat tampilan menu yang ada di Samsat Online. Mulai dari pengunduran aplikasi, login dan sebagainya sangat bisa dilakukan.

Asalkan ada jaringan internet yang memadai maka aplikasi Samsat online bisa diakses kapanpun dan dimanapun.

2. Cepat

Pajak mobil online yang bisa dilakukan via aplikasi Samsat Online Nasional sangat cepat diproses. Tinggal mendownload aplikasi online dari Samsat Online kemudian login dan pilih menu yang ada untuk mengurusnya.

Lakukan pengisian data dan submit data, maka langsung diproses oleh Samsat Online dengan memberikan kode verifikasi. Asalkan jaringan internet lancar maka proses pengurusan pajak online pun bisa cepat dan mudah.

3. Praktis

Dengan adanya aplikasi Samsat Online di HP tentu lebih praktis tanpa harus datang ke kantor. Jika datang ke kantor harus meluangkan waktu dan jarak yang ditempuh untuk sampai ke Samsat.

Karena adanya aplikasi online pajak, maka lebih praktis dan bisa diurus kapan saja serta dimana saja. Pembayaran pajak jadi lebih fleksibel dilakukan, bisa di rumah atau kantor dan tidak mengganggu kegiatan lainnya.

Dengan memahami bagaimana proses yang dilakukan guna membayar pajak secara online. Selanjutnya para wajib pajak bisa membayar pajak mobil online dengan efektif dan efisien. Tanpa harus datang ke kantor Samsat.

Wajib pajak juga bisa melakukan pembayaran pajak dengan mudah via handphone. Selain itu manfaat yang dirasakan oleh para wajib pajak juga menjadikan pajak online lebih fleksibel.

Related posts