Praktis, Ini Prosedur Cara Klaim Asuransi Kesehatan

  • Whatsapp
Cara Klaim Asuransi Kesehatan

Tersedianya layanan asuransi kesehatan mempermudah masyarakat mendapatkan fasilitas kesehatan saat dibutuhkan. Agar bisa menikmati layanan kesehatan sesuai dengan pertanggungan asuransi maka klien harus melakukan klaim. Cara klaim asuransi kesehatan saat ini pun semakin praktis dan cepat. Sebagai panduan, berikut adalah petunjuk cara melakukan klaim untuk layanan asuransi kesehatan:

1. Pastikan Masuk ke Lingkup Pertanggungan

Pertama, periksa dulu apakah perawatan yang diterima masuk ke lingkup pertanggungan asuransi atau tidak. Perlu diketahui bahwa setiap jenis layanan asuransi memiliki aturan pertanggungan yang berbeda. Klien sebaiknya memeriksa ulang untuk memastikan bahwa layanan yang diterima tidak termasuk dalam pengecualian pertanggungan.

Misalnya, klien menjalani pengobatan jalan setelah mengalami kecelakaan. Cek kembali apakah pengobatan jalan ini termasuk dalam lingkup pertanggungan atau tidak. Jika memang sudah memenuhi syarat maka bisa langsung maju untuk mengajukan klaim. Apabila masih merasa bingung dan tidak bisa menentukan sendiri, minta bantuan dari pihak asuransi atau rumah sakit.

2. Periksa Kelengkapan Pembayaran Premi

Klien hanya bisa mengajukan klaim apabila pembayaran premi sudah dilunasi. Jika klien tidak membayar premi secara teratur, maka asuransi juga tidak bisa menanggung biaya pengobatan sesuai aturan. Jika ingin mengajukan klaim, maka pastikan dulu selama ini sudah dilakukan pembayaran premi secara rutin.

Ketika klien tidak melakukan pembayaran premi, maka status asuransi dinyatakan non-aktif. Jika statusnya non-aktif maka secara otomatis klien tidak akan bisa melakukan klaim. Biaya pengobatan yang dijalani oleh klien tidak akan bisa digantikan. Artinya, klien harus menanggung sendiri biaya pengobatan di luar tanggung jawab pihak asuransi.

3. Cek Masa Aktif Asuransi

Teliti memeriksa status asuransi sangatlah penting untuk dilakukan agar tidak ada masalah saat ingin mengajukan klaim. Salah satu tahapan cara klaim asuransi kesehatan yang tak boleh dilewatkan adalah memeriksa masa aktif asuransi. Asuransi hanya bisa diklaim jika sudah diaktifkan dalam jangka waktu tertentu.

Setiap produk asuransi memiliki aturan masing-masing mengenai masa aktif ini. Klien harus memahami aturan masa aktif dengan membaca polis secermat mungkin. Jika masa aktif sudah memenuhi syarat maka klaim asuransi bisa dilakukan. Itulah mengapa sangat disarankan untuk membeli layanan asuransi saat kondisi masih sehat agar klaim mudah dilakukan begitu dibutuhkan.

4. Lengkapi Persyaratan Dokumen

Jika sudah memenuhi syarat dan memang bisa mengajukan klaim maka segera lengkapi persyaratan dokumen. Langkah ini dilakukan jika jenis asuransi Anda termasuk ke tipe reimbursement dimana klien harus mengeluarkan uang terlebih dahulu.  Cara klaim asuransi kesehatan tipe ini adalah klien harus membayar dulu biaya pengobatan yang sudah diterima.

Klien biasanya harus membayar uang pengobatan dan mengumpulkan nota atau bukti pembayaran. Barulah kemudian nota pembayaran dijadikan bukti saat melakukan klaim. Nota ini biasanya akan diminta bersamaan dengan dokumen lain seperti fotokopi identitas dan formulir klaim asuransi. Jika proses klaim berhasil, baru kemudian pihak asuransi akan memberikan pertanggungan biaya pengobatan.

Proses pengajuan klaim dengan metode reimbursement ini biasanya akan dibantu oleh pihak rumah sakit. Jika rumah sakit memang sudah bermitra dengan perusahaan asuransi maka proses klaim akan berlangsung lebih mudah. Oleh karena itu, penting sekali untuk mempertimbangkan mitra rumah sakit sebelum memilih layanan asuransi.

5. Gunakan Kartu Asuransi

Jika poin sebelumnya berlaku pada metode asuransi reimbursement maka poin ini berlaku untuk tipe asuransi cashless. Pada jenis asuransi ini, klien akan menggunakan kartu untuk membayar biaya pengobatan. Secara otomatis kartu tersebut akan melakukan klaim ke perusahaan asuransi. Dengan kata lain perusahaan asuransi yang akan membayar biaya pengobatan secara langsung.

Jenis asuransi seperti ini paling diminati dan dinilai lebih menguntungkan karena sangat praktis. Klien hanya perlu memegang kartu asuransi dan menggunakannya saat berobat. Selama pembayaran premi berlangsung lancar dan persyaratan terpenuhi dengan baik maka biaya pengobatan akan dibayar oleh perusahaan asuransi dengan mudah.

6. Minta Bantuan Pihak Asuransi

Pada dasarnya prosedur klaim asuransi sudah tertulis jelas di polis. Sebelum membeli layanan asuransi, klien juga sangat disarankan untuk mempelajari prosedur klaim sebaik mungkin. Namun seringkali klien masih kebingungan apa saja yang harus ditempuh agar biaya pengobatan bisa diklaim. Apalagi jika tipe asuransi yang digunakan tidak menerapkan metode cashless.

Jika hal ini terjadi maka segera minta bantuan pihak perusahaan asuransi yang terlibat. Hubungi pihak asuransi dan mintalah untuk dibimbing melakukan klaim. Pihak asuransi pasti akan dengan senang hati membantu kliennya mengajukan klaim. Namun, hal ini bisa dilakukan jika klien memang sudah memenuhi syarat dan membayar premi secara rutin.

Itulah tadi panduan cara klaim asuransi kesehatan yang dapat dilakukan. Klien sebaiknya mematuhi peraturan yang sudah tercantum dalam polis agar proses klaim berjalan lancar. Konsultasikan dengan pihak asuransi jika terjadi kendala apapun selama pengajuan klaim berlangsung.

Related posts