SUN Energy Review : Pengertian, Cara Kerja Solar Panel dan Manfaatnya Bagi Kehidupan

  • Whatsapp
Solar Panel

Indonesia sebenarnya memiliki sumber energi alternatif yang cukup besar untuk menghasilkan listrik, yaitu cahaya matahari. Di negeri ini matahari bersinar hampir sepanjang tahun, sehingga penggunaan energi alternatif dengan solar panel sebetulnya bukanlah hal yang sulit untuk diterapkan.

Hanya saja masyarakat secara luas mungkin belum memahami betul apa itu solar panel, bagaimana cara kerja solar panel dan juga manfaatnya. Oleh karenanya masih banyak yang mengira bahwa solar panel ini mahal dan berbahaya.

Mengenal Apa Itu Solar Panel

Secara sederhana solar panel dapat diartikan sebagai sebuah sistem atau alat yang berfungsi untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan metode efek photovoltaic. Metode ini sering juga disebut dengan metode langsung. Photovoltaic sendiri merupakan proses kemunculan tegangan listrik yang terjadi akibat adanya kontak antara dua elektroda. Sebelum mendapatkan energi cahaya, dua elektroda ini sudah terhubung dengan sistem solar panel terlebih dahulu. Solar panel inilah yang bertugas mengumpulkan tegangan listrik agar dapat ditampung dan digunakan sebagai sumber pembangkit listrik.

Sejauh ini solar panel masih dianggap sebagai suatu sistem tenaga surya yang memiliki efisiensi cukup tinggi. Selain itu solar panel juga dianggap lebih ramah lingkungan, karena dalam produksinya solar panel tidak membutuhkan pembakaran yang dapat menghasilkan emisi atau sisa pembakaran. Solar panel juga dinilai lebih terjangkau dan lebih ekonomis jika dinilai dari manfaatnya pada jangka panjang.

Solar panel ini sebetulnya merupakan dioda, hanya saja memiliki ukuran luas permukaan yang lebih besar dari pada umumnya. Hal ini yang mempengaruhi tingkat sensitifitas solar panel. Artinya, semakin luas dioda maka semakin sensitive pula solar panel dalam menangkap cahaya sehingga dapat menghasilkan tegangan yang lebih kuat dibandingkan dengan dioda yang biasa.

Cara Kerja Solar Panel

Cara kerja solar panel yaitu melewati efek fotolistrik, dimana pada setiap bagian tertentu akan dihasilkan aliran listrik ketika sinar matahari mengenai perangkat utama solar sel. Ketika cahaya matahari mengenai permukaan sel, solar panel sebelumnya sudah menyediakan energi. Energi ini yang nantinya dibutuhkan untuk menghasilkan arus searah DC melalui proses semikonduktor.

  • AC Circuit, ini adalah sirkuit utama dalam sebuah jaringan listrik. AC Sirkuit ini terhubung ke rumah dan terhubung langsung ke kotak sekring. Dari sini energi yang masuk akan bisa mengoperasikan peralatan listrik yang ada di rumah Anda.
  • DC atau Ac Inverter, ialah sebuah alat yang sangat penting agar bisa mengubah arus DC menjadi arus AC. Listrik yang dihasilkan solar panel adalah arus DC, sedangkan untuk peralatan rumah tangga menggunakan arus AC, sehingga membutuhkan inverter untuk penyesuaian arus.

Listrik yang dihasilkan solar panel ini akan ditampung dalam sebuah baterai, sehingga dayanya masih tetap bisa digunakan saat malam hari ketika matahari sudah tenggelam.

Fungsi Solar Panel dalam Kehidupan Sehari-Hari

Setelah mengetahui gambaran sederhana cara kerja solar panel, lalu apa saja fungsi menggunakan solar panel ini? Ternyata solar panel ini memiliki beberapa fungsi dalam kehidupan sehari-hari, misalnya:

  • Sebagai pembangkit listrik tenaga surya, hal ini sangat bermanfaat utamanya di wilayah yang masih belum terjangkau listrik PLN. Setidaknya keberadaan solar panel dapat membantu penerangan saat malam hari.
  • Untuk Penerangan Jalan Umum (PJU), ini juga khususnya bagi daerah-daerah yang masih belum terjangkau listrik dari PLN. Dengan adanya listrik dari solar panel ini diharapkan mampu membantu masyarakat yang akan bepergian saat malam hari, juga untuk mengurangi adanya resiko kejahatan.
  • Di kota besar umumnya solar panel ini dimanfaatkan untuk menjalankan sistem sirkulasi udara atau sistem ventilasi. Misalnya saja untuk mengoperasionalkan exhaust fan, kipas lantai, kipas dapur dan banyak lagi.

Selain memiliki beberapa fungsi, penggunaan solar panel juga memiliki beberapa manfaat dan keunggulan.

 

Manfaat dan Keunggulan Penggunaan Solar Panel

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan solar panel, maka ada beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan, diantaranya yaitu:

  • Dapat memotong biaya tagihan listrik dalam jangka waktu yang cukup panjang.
  • Lebih ramah lingkungan, hal ini karena selama produksi solar panel tidak memerlukan pembakaran sehingga tidak menimbulkan emisi gas sisa.
  • Selain lebih ramah lingkungan, solar panel juga hemat bahan bakar.
  • Sumber energi yang tersedia secara gratis, yaitu dari cahaya matahari.
  • Memiliki masa pakai yang cukup lama, solar panel ini bahkan bisa bertahan hingga 20 tahun pemakaian asal dirawat dengan baik dan benar.
  • Solar panel dapat digunakan dimana saja selama mendapatkan cahaya matahari sebagai sumber energi yang akan dikonversikan menjadi listrik.

Begitu banyak manfaat yang dapat Anda rasakan secara pribadi, dan juga manfaat bagi lingkungan jika Anda menggunakan solar panel ini. Sunenergy.id sebagai salah satu pengembang surya panel terkemuka di Indonesia siap memberikan pelayanan dan penyediaan bagi Anda yang tertarik menggunakan surya panel baik untuk kebutuhan rumah maupun kantor Anda.

Demikian ulasan mengenai pengertian, cara kerja solar panel serta manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari, semoga bermanfaat dan menginspirasi Anda untuk beralih ke energi yang ramah lingkungan.

Related posts