Inilah Cara Buka Rekening Saham Dengan Mudah Bagi Investor Pemula

  • Whatsapp

Investasi saham merupakan kegiatan penanaman modal masa kini yang cukup menarik dan dapat dilakukan oleh semua kalangan. Apalagi return serta dividen di pasar modal cukup menarik dan menjanjikan keuntungan. Tapi sebelum menjadi seorang investor resmi dan mulai bertransaksi saham, pemodal pemula tersebut harus mengetahui cara buka rekening saham terlebih dahulu.

Inilah langkah-langkah membuka rekening saham yang cukup memudahkan para investor pemula untuk memulainya. Untuk melindungi dan menambah aset seseorang dapat mulai berinvestasi dengan membuka rekening sahamnya terlebih dahulu. Selanjutnya dapat melakukan transaksi saham dari emiten yang sudah tercatat resmi di pasar bursa. 

Dengan membeli saham suatu perusahaan, maka investor tersebut menjadi pemilik perusahaan tersebut, sesuai dengan prosentase saham kepemilikannya. Maka, beberapa langkah mudah dan cara buka rekening saham bagi pemula adalah sebagai berikut:

1. Mempersiapkan Dokumen Pengajuan

Cara buka rekening saham yang pertama adalah menyiapkan kelengkapan dokumennya. Seperti pada umumnya, dokumen yang mesti dipersiapkan meliputi, fotocopy; e-KTP bagi WNI atau Paspor bagi WNA, Nomor-Pokok-Wajib-Pajak dan halaman depan buku rekening atau tabungannya. Sera menyiapkan materai Rp ribu sebanyak 2 buah.

Nah, bagi yang belum punya NPWP, boleh melampirkan NPWP milik orang tuanya jika masih pelajar atau mahasiswa. Juga dapat melampirkan NPWP milik pasangannya untuk melengkapi persyaratan pengajuan pembukaan Rekening Dana Investor atau RDI. Namun bisa juga menyertakan surat keterangan belum memiliki NPWP

2. Memilih Broker Atau perusahaan sekuritas Yang Tepat

Memilih broker yang tepat merupakan cara buka rekening saham yang paling mudah dan aman. Untuk itu carilahlah rekam jejak yang dimiliki broker dan perusahaan sekuritasnya. Akan lebih mudah lagi jika ada rekomendasi dari teman maupun keluarga. Sehingga akan memudahkan dan merasa nyaman ketika akan bekerja sama nantinya.

Beberapa panduan yang dapat dijadikan rujukan dalam memilih broker atau perusahaan sekuritas, antara lain; terdaftar di BEI, berizin resmi dari OJK, rekam jejaknya, jasa yang ditawarkan, besarnya fee setiap transaksinya dan aplikasi trading yang dimilikinya.

3. Mengisi Formulir Pembukaan Rekening

Untuk cara buka rekening saham berikutnya adalah mengisi formulir pembukaan rekening yang disampaikan oleh broker terpercaya. Isilah data  setiap kolom dengan benar, yang nantinya akan memudahkan pihak investor di kemudian hari.

Jangan lupa melengkapi semua persyaratan yang diminta untuk pembukaan akun saham tersebut. Saat ini proses pengisian formulir pembukaan rekening saham tersebut dapat dilakukan langsung di perusahaan sekuritasnya. 

Atau dengan mengunduh formulir pembukaan rekeningnya melalui situs resmi perusahaan sekuritas tersebut. Bahkan saat ini sudah ada beberapa perusahaan sekuritas yang menawarkan aplikasi untuk pembukaan rekeningnya, tanpa harus dalam bentuk fisiknya.

4. Memilih Jenis Pembukaan Rekening Saham

Dalam mengisi formulir pembukaan rekening saham, ada baiknya untuk meminta penjelasan dari setiap ie=temp di dalam kolom pengisian tersebut kepada brokernya. Biasanya terdapat 2 pilihan yang ditawarkan dalam pembuatan rekening saham, seperti; rekening efek untuk bertransaksi jual-beli dan Rekening Dana Investor atau RDI.

Yang perlu dipahami adalah untuk rekening efek, maka pembayaran dan penerimaan secara tunai sesuai dengan masa jatuh temponya. Sedangkan RDI, merupakan rekening yang dimiliki dan beratas-namakan investor tersebut. Yang tujuan memisahkan dana milik investor dengan milik perusahaan sekuritasnya.

5. Menunggu Proses Pembukaan Rekening

Kemudian cara buka rekening saham yang selanjutnya adalah menunggu proses pembukaan akun-nya. Lamanya proses pembukaan rekening tersebut tergantung dengan RDI yang sudah dipilih sebelumnya. 

Tapi rata-rata prosesnya membutuhkan waktu kurang lebih 5 hari kerja. dan setelah proses tersebut selesai, maka investor pemula akan mendapatkan konfirmasi rekening dana investor atau RDI-nya.

Rata-rata waktu  untuk pembukaan RDI di berbagai perusahaan sekuritas, antara lain: Mandiri sekuritas, membutuhkan waktu antara 4 – 7 hari kerja; Indo Premier sekuritas, menawarkan fasilitas aplikasi IPOTGO untuk RDI online yang lama prosesnya sekitar 1 jam. 

Panin sekuritas, menawarkan layanan pembukaan RDI dan trading online melalui aplikasi POST, prosesnya sekitar 1 jam dan BNI sekuritas,  memerlukan waktu pembukaan RDI-nya sekitar 1 – 3 hari kerja.

6. Setoran Deposit Awal

Setoran deposit awal yang diminta dalam pembukaan rekening saham cukup bervariasi, tergantung dengan broker dan perusahaan sekuritasnya. Biasanya dimulai dari Rp100 ribu untuk minimalnya, tetapi di perusahaan sekuritas asing meminta syarat minimal sebesar Rp50 juta. 

Namun kebanyakan perusahaan sekuritas mematok untuk minimal setoran awalnya Rp10 jutaan. Selanjutnya rekening dana investor atau RDI pemula tersebut dapat mulai digunakan untuk bertransaksi.

Nah, demikian cara buka rekening saham dengan mudah bagi investor pemula. Setelah resmi menjadi investor, maka pemodal tersebut dapat bertransaksi saham emiten melalui pasar bursa.  

Maka investor tersebut menjadi pemilik perusahaan sesuai dengan prosentase saham yang dibelinya. Sehingga dapat menjadi sumber pendapatan yang cukup menjanjikan, baik berupa return maupun devidennya. Semoga menginspirasi dan bermanfaat

Related posts