Cara Bersiap untuk Wawancara Kerja

  • Whatsapp

Mendapat panggilan dari perusahaan yang diimpikan adalah salah satu hal yang paling dinanti. Apalagi bila Anda sudah lama tidak bekerja atau mendapat panggilan untuk bekerja yang sesuai dengan passion.

Rasanya akan deg-degan bila harinya tiba dan mungkin Anda bingung dengan baju apa yang dipakai, bagaimana supaya wawancara nanti bisa lebih maksimal, serta bagaimana agar si pewawancara dapat terpukau dengan kesan yang Anda berikan, yang membuat Anda akan diterima bekerja di perusahaan yang dituju.

Read More

Tidak usah khawatir! Di artikel ini Qlapa.com akan memberikan tips-tips penting yang harus dipersiapkan untuk wawancara kerja, supaya Anda dapat perform secara maksimal dan membuat pewawancara terpukau baik penampilan maupun jawaban yang diberikan.

1. Siapkan Pakaian Formal

Menyiapkan pakaian formal sebelum memulai wawancara adalah salah satu hal yang paling penting dilakukan, baik wawancara virtual  maupun secara tatap muka.

Pakaian formal yang dipersiapkan usahakan sopan, rapi, dan bersih. Ini dikarenakan pewawancara akan menilai seberapa seriuskah Anda untuk bergabung di perusahaan mereka.

Anda dapat menyiapkan pakaian formal seperti kemeja, celana dan rok kain, blazer, dress,  dasi dan berbagai perlengkapan pakaian formal lainnya. Setelah dipersiapkan mana pakaian formal yang cocok dan nyaman bagi Anda, jangan lupa setrika pakaian tersebut supaya Anda dapat berpakaian rapi saat diwawancarai oleh HRD maupun atasan yang mewawancarai Anda.

2. Latihlah Interview Terlebih Dahulu

Supaya tidak tegang di hari H, Anda dapat memanggil teman atau kerabat yang bisa dihubungi untuk menjadi lawan bicara.

Berikan beberapa pertanyaan yang sering keluar di wawancara seperti “Coba perkenalkan dan ceritakan diri anda”, “Apa pencapaian terbesarmu selama ini”, ”Apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan Anda” dan lain sebagainya.

Setelah menyiapkan pertanyaan, lakukan wawancara dan setelah selesai minta feedback dari teman Anda tentang latihan interview tadi, baik dalam hal bagaimana cara bicara Anda, bagaimana posisi duduk, kejelasan suara yang anda ucapkan saat latihan, atau bagaimana penampilan Anda saat wawancara dan lain sebagainya,

Bila dilakukan secara online, maka hal-hal yang dapat diperhatikan adalah bagaimana penampilan Anda saat berada di kamera, kejelasan suara, dan apakah Anda menatap layar kamera atau tidak saat wawancara.

Melatih diri sebelum interview adalah salah satu “senjata tempur” yang sangat baik sebelum Anda di wawancara oleh HRD ataupun dari atasan langsung.

3. Tampilkan Wajah yang Bersih dan Segar

Ini masih masuk di dalam penampilan dan menjadi hal yang sangat penting sebelum Anda akan wawancara kerja.

Anda mungkin sudah mempersiapkan pakaian yang cocok dan rapi dan sudah siap mental dalam wawancara, namun bila Anda mengabaikan kebersihan dan kesegaran wajah, maka akan membuat Anda dicap sebagai orang yang tidak profesional.

Wajah yang tidak dibersihkan sebelum wawancara bisa membuat kesan yang buruk saat diwawancara, bahkan Anda akan tidak diwawancara karena dari kesan pertama saja sudah gagal dalam menampilkan wajah yang bersih dan segar.

Sebelum wawancara, pastikan Anda sudah membersihkan wajah dan melakukan make up. Anda dapat membeli berbagai pembersih wajah seperti, bedak, toner, dan berbagai pembersih wajah yang biasa dipakai.

Juga jangan lupa untuk menata rambut anda dengan menggunakan hair dryer dan alat cukur yang akan memaksimalkan kebersihan dan kesegaran wajah saat wawancara. 

4. Persiapkan Dokumen Penting dan Alat Tulis

Mempersiapkan dokumen penting seperti CV, sertifikat, portofolio dan dokumen lain adalah hal yang tidak boleh dilupakan. Dengan kelengkapan dokumen yang dibawa akan mempermudah proses perekrutan khususnya wawancara, dan Anda akan dicap profesional karena sudah menunjukan kesiapan Anda dalam bekerja.

Setelah Anda mempersiapkan dokumen-dokumen penting tersebut, masukan ke dalam tas dan jangan lupa mempersiapkan berbagai alat lain seperti buku catatan, pensil, pulpen, penghapus dan alat lainnya karena siapa tahu akan ada hal yang harus ditulis sebelum wawancara.

Penutup

Setelah mempersiapkan hal-hal di atas, salah satu langkah yang harus anda lakukan sebelum wawancara adalah dengan membuat anda tetap tenang dan percaya diri.

Dengan bersikap tenang dan percaya diri, maka Anda akan menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan baik serta memancarkan aura yang positif kepada pewawancara, sehingga kesan yang ditampilkan menjadi baik dan pewawancara tak segan-segan merekrut atau mempersilahkan Anda untuk ikut dalam tahap tes rekrutmen selanjutnya.

Demikian mengenai artikel tentang cara bersiap untuk wawancara kerja, jangan lupa untuk menyiapkan pakaian, latihan wawancara, membersihkan wajah dan menyiapkan dokumen dan alat tulis. Semoga sukses!

Related posts