7 Rekomendasi Boarding School Terbaik Di Indonesia Untuk Generasi Cerdas dan Berkarakter

  • Whatsapp

Boarding school terbaik di Indonesia merupakan tempat dimana anak akan diajarkan tentang beberapa pendidikan tambahan selain dari pendidikan formal. Mulai dari tambahan pendidikan keagamaan sampai dengan pendidikan pengembangan diri di bawah bimbingan selama 24 jam.

Sering disebut dengan istilah sekolah terpadu dengan ciri khas asrama menjadikan boarding school pilihan orang tua untuk mengembangkan anaknya. Sekolah semacam ini telah banyak dijumpai di berbagai wilayah di Indonesia.

Beberapa diantaranya menjadi yang terbaik di Indonesia karena fasilitas, kualitas, diferensiasi serta kepopuleran yang dimiliki oleh masing-masing boarding school. Dan rata-rata boarding school berikut ini telah bertaraf internasional. Boarding school apa saja itu?, berikut ulasannya :

1. Al-Hikmah Boarding School, Batu

Al-Hikmah merupakan salah satu boarding school terbaik di Indonesia yang identik dengan sekolah islam unggulan terpadu. Terdapat data yang menyatakan bahwa alumni dari boarding school ini terdapat setidaknya sekitar 7 persen melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Sedangkan di dalam negeri seperti perguruan tinggi ternama seperti ITS, ITB dan lainnya sudah menjadi langganan. Terletak di kota wilayah Batu Malang yang merupakan kota wisata, boarding school ini memiliki keindahan pemandangan yang asri khas pegunungan.

2. Darul Hikam Tahfidz Qur’an, Mojokerto

Boarding school yang satu ini khusus diperuntukan hanya untuk perempuan yang ingin menghafal kitab suci al-Qur’an. Di Bawah asuhan KH. Masruhan Choteb, yang merupakan hafidz Qur’an sekaligus menjadi menjadi imam masjid resmi yang ada di Singapura.

Diantara keistemewaan yang dimiliki oleh boarding school ini, salah satunya adalah menyeimbangkan antara pendidikan formal dan tahfidz Qur’an. Konsep pembelajaran dalam Darul Hikam yakni fokus untuk menghafal al-Qur’an namun pendidikan formal tetap berjalan namun dalam porsi yang tidak besar. Banyak alumni yang melanjutkan pendidikan di Eropa seperti Turki, dan juga negara- negara Timur Tengah seperti Mesir.

3. Dwi Warna, Bogor

Nama Dwiwarna sudah tidak asing lagi untuk di dengar baik di daerah asalnya Bogor maupun daerah-daerah lain di seluruh Indonesia. Latar belakang sekolah yang termasuk dalam boarding school terbaik di Indonesia ini mengusung ketenangan khas kota hujan Bogor.

Kurikulum yang digunakan dalam boarding school ini memadukan antara kurikulum nasional dan juga kurikulum internasional. Ditambah dengan pendiri Dwi Warna merupakan yayasan Pendidikan Islam Dwiwarna. Tentunya pendidikan di dalamnya mengusung nuansa agama Islam yang dapat menjadi pilihan boarding school di Indonesia khusus nya daerah sekitar Jabodetabek.

4. Taruna Nusantara, Magelang

Dari nama sudah banyak yang tahu bahwa boarding school kali ini memiliki model hampir mirip dengan militer. Karena sekolah ini menjadi jembatan awal bagi siswa yang hendak melanjutkan pendidikan di dunia militer. Atau pun hanya sekedar ingin memiliki tingkat kedisiplinan seperti anggota militer.

Lokasi boarding school yang masih satu kota dengan Akademi Militer menjadikannya dikenal sebagai pendidikan karakter layaknya militer. Banyak nilai-nilai yang diusung dalam boarding school ini mulai dari nilai perjuangan, kebangsaan, sampai nilai nasionalisme. Dalam sekolah ini juga menyediakan banyak ekstrakurikuler selayaknya sekolah SMA lainnya.

5. Semesta Boarding School, Semarang

Semesta Boarding School merupakan satu-satunya sekolah asrama yang terletak di Provinsi Jawa Tengah tepatnya di kota Semarang. Sekolah yang masuk kedalam jajaran boarding school terbaik di Indonesia ini merupakan kerjasama antara Yayasan Al Firdaus yang berada di Semarang Indonesia dengan Fulton Science Academy Georgia USA.

Keunggulan dari boarding school ini adalah dalam percakapan pengantar beberapa mata pelajaran menggunakan bahasa inggris. Dan kurikulum yang digunakan adalah kurikulum berbasis nasional, akan tetapi tetap berorientasi pada kurikulum internasional.

6. Al Kausar Boarding School, Sukabumi

Al Kautsar merupakan boarding school yang memiliki misi ingin menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan. Sekolah asrama ini memiliki konsep pendidikan yang memadukan antara kurikulum Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan nilai-nilai yang terdapat dalam Islam.

Tentunya ini menjadi nilai tambah yang dapat membuat generasi muda memiliki potensi yang komprehensif antara yang berasal dari ranah afektif, kognitif maupun psikomotor. Yang semua ranah tersebut dapat terapkan ke dalam pembelajaran di sekolah, di rumah , ataupun dalam kehidupan sehari-hari.

7. Al Ma’soem Boarding School, Bandung

Yayasan yang menaungi Al Ma’soem Boarding School menyediakan berbagai jenjang pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, sampai SMA. Terdapat banyak fasilitas yang ada di Al Ma’soem Boarding School. Seperti lapangan futsal, kolam renang, lapangan basket, lapangan volly, jogging track, kantin, warnet, tempat kesehatan, dan masih banyak lagi.

Banyak juga program tambahan seperti lulus dari Al Ma’soem Boarding School sudah tahfidz Qur’an dengan berbagai motivasi yang diberikan. Siswa dianjurkan untuk melakukan jamaah dalam sholat 5 waktu. Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki Al Ma’soem Boarding School menjadikannya salah satu boarding school terbaik di Indonesia.

Demikianlah pembahasan mengenai 7 rekomendasi boarding school terbaik di Indonesia untuk generasi cerdas dan berkarakter. Pembahasan diatas dapat menjadi referensi bagi para orang tua yang ingin memberikan pendidikan terbaik pada anak.

Related posts