blus batik 1

10 Blus Batik Modis Buatan Pengrajin Indonesia

Blus menjadi atasan favorit kebanyakan orang karena nyaman dipakai. Nuansa sedikit longgar yang diusung jenis pakaian ini membuatmu juga mudah bergerak sesuai keinginan. Karena alasan inilah, blus banyak digunakan untuk aktivitas sehari-harian. Khususnya buat kamu yang bisa di luar rumah seharian karena urusan kerjaan maupun kuliah, dijamin memakai blus adalah pilihan terbaik karena aktivitasmu tidak akan terganggu dengan pakaian yang kurang enak di badan.

Banyaknya peminat blus membuat model dari atasan yang satu ini semakin berkembang hari ke hari. Tidak ketinggalan, kini kamu bisa menemukan batik-batik yang dibentuk menjadi blus kece, yang cocok dan keren untuk dipakai ke kantor, hangout bareng teman, ataupun dikenakan ke kampus. Blus batik semacam ini pun tidak sulit kamu temukan bentuk handmade-nya sebab sekarang banyak pengrajin lokal yang dengan kreatif membuat beragam blus batik dengan sentuhan modern yang elegan dan berkelas.

Buat yang menggemari batik dan suka banget pakai blus ke mana-mana, sudah pasti kamu harus punya koleksi blus batik handmade modis dari para pengrajin lokal. Di Qlapa pun, kamu pun bisa denga mudah mendapatkannya dan kamu pasti akan senang bukan kepala. Karena bukan hanya nyaman dipakai, blus-blus batik ini dipastikan juga membuatmu semakin gaya dan fashionable.

Baca Juga: Wisata ke Jogja? Jangan Lupa Membeli Souvenir Khas Jogja Ini

1. Blus Monokrom dari Batik Dirga

blus batik 2

Hitam dan putih adalah warna aman dan mudah dipadupadankan dengan warna-warna lain. Hal ini bisa kamu lihat pula pada blus batik yang ditawarkan oleh Batik Dirga. Atasan dengan jenis loose blouse dari pengrajin asal Bantul ini memadupadankan kain batik dengan katun maupun sutra untuk tiap blus. Alhasil, kamu bisa mendapatkan blus batik bergaya kasual yang adem dipakai seharga Rp 159.000 dan cocok didampingkan dengan beragam bawahan.

Ada tiga jenis motif batik yang diusung oleh Batik Dirga untuk blus batik monokromnya. Tentu saja semua motif tersebut merupakan batik cap yang dicetak hitam dan disandingkan dengan katun maupun sutra putih. Modelnya sendiri bergaya siluet A sehingga pas dipakai oleh beragam bentuk tubuh. Kamu bisa memadupadankan blus batik handmade ini dengan celana jeans untuk menghasilkan kesan kasual. Jika ingin terlihat lebih resmi, pasangkan saja blus monokrom ini dengan rok polos.

2. Blus Simpel dari Simply Classy by Teresa

blus batik 3

Sesuai nama pengrajinnya, kamu bisa menemukan beragam kerajinan tangan bergaya simpel dan minimalis dari pengrajin asal Bekasi Ini. Ya, Simply Classy bu Terasa memang sudah banyak menghasilkan kerajinan bernuansa etnis dengan unsur batiknya, mulai dari baju, pouch, sampai aksesoris. Untuk bajunya sendiri, kamu bisa mendapatkan blus batik simpel yang sangat nyaman dipakai karena terbuat dari kain katun. Harganya pun termasuk kompetitif, yakni Rp 175.000.

Meskipun simpel, bukan berarti kamu tidak akan menemukan sesuatu yang menarik dan berbeda dari blus batik yang ditawarkan Simply Classy. Kesimpelan bisa kamu dapatkan di model blusnya, namun dari segi desain, pengrajin ini cukup cakap menarik perhatian karena membuat blus dengan desain separuh batik dan separuh kain polos. Hasilnya, blus batik kamu tidak terlihat lebay, namun tetap mampu memesona pemakainya. Dengan corak batik pedalaman, unsur etnik dari blus ini pun terlihat makin kental, namun tetap mudah dipadupadankan karena tidak terlalu heboh. Untuk saat ini, blus simpel ala Simply Classy tersebut tersedia dalam dua warna, yaitu merah dan hitam.

3. Blus Kimono dari Batik Etniq Craft

blus batik 4

Kalau blus dari pengrajin yang satu ini pas banget buat kamu yang lagi mau menambah koleksi pakaian kerjanya. Dengan konsep blus yang agak longgar sehingga nyaman dipakai, Batik Etniq Craft memodifikasinya dengan membuat blus batik handmade bergaya kimono. Otomatis, tidak hanya nyaman, blus batik ini juga bakal membuat semua mata memandang ke arahmu karena gayamu yang keren dan unik. Harga yang ditawarkan untuk blus ala kimono ini juga relatif terjangkau, yakni Rp 205.000.

Harga tersebut termasuk murah sebenarnya karena blus batik dari Etniq Craft ini dibuat menggunakan batik tulis asli bermotif khas Yogyakarta. Untuk modelnya sendiri, lengannya dibuat menyerupai gaya kalong sehingga nuansa kimono dari blus ini lebih kental. Tidak ketinggalan tersedia tali pengikat di bagian pinggang sehingga blus ini akan pas di badanmu. Kamu juga tidak perlu khawatir sulit memakainya sebab bukaan yang digunakan blus ini adalah kancing.

4. Blus Tanpa Lengan dari Dhievine Batik

blus batik 5

Matamu pasti akan sulit berkedip melihat koleksi busana batik handmade dari pengrajin asal Semarang ini. Dhievine dengan apik membuat beragam baju batik dengan model dan desain yang eksklusif. Termasuk untuk blus batiknya, pengrajin yang satu ini membuat model batik tanpa lengan dengan beberapa tipe yang harganya dibuat rata, yakni Rp 369.000.

Ada dua model dari blus batik tanpa lengan ala Dhievine. Yang pertama diberi nama Witadya Tiga Negeri Top dengan ciri khas bowtie tersambung di bagian kerahnya. Tidak kalah keren, ada series Kusuma Tiga Negeri Top dengan model bertumpuk yang bermain di gradasi warna. Kedua blus batik ini berwana dominan cokelat tua yang terlihat elegan dan berkelas. Kamu bisa memasangkannya dengan celana jeans, rok bahan, ataupun celana _palazzo batik yang juga tersedia di Dhievine.

5. Blus Batik Anak Muda dari Paras Ayu Batik

blus batik 6

Pengrajin asal Surabaya ini memang spesialisnya membuat beragam blus batik wanita yang kece-kece. Tidak hanya itu, Paras Ayu Batik juga apik mendesain dan memola blus handmade buatanya sehingga terkesan terkini dan cocok dipakai kawula muda. Jadi buat kamu yang mencari blus batik dengan nuansa modern dan desain yang ciamik, coba deh pilih dari koleksi Paras Ayu yang harganya berkisar dari Rp 250.000 sampai Rp 300.000. Dijamin kamu jatuh cinta!

Mulai dari model asimetris, tanpa lengan, hingga lengan potong yang sedang tren tersedia di Paras Ayu Batik. Semua blus yang dibuat oleh pengrajin ini dibuat dengan menggunakan batik bermaterial dasar katun dalam beragam motif. Mulai dari motif parang sampai kawung ada di sini, namun tetap terlihat modern dengan permainan warna-warna cerah. Blus-blus batik ala Paras Ayu juga menggunakan furing di bagian dalamnya sehingga tidak tembus pandang dan lebih rapi.

6. Blus Batik Klasik dari Batik Tjetje

blus batik 7

Batik memang kerap diidentikkan dengan nuansa klasik yang cenderung ke arah kuno. Apalagi jika sudah berbicara mengenai batik pedalaman dengan motif pakem dan warna sogannya yang cenderung cokelat tua, banyak anak muda menolak memakai pakaian dari batik jenis ini karena dianggap tua dan tidak modis. Namun, Batik Tjetje mengubah semua pandangan tersebut. Dengan kreativitasnya, pengrajin lokal yang berpusat di Semarang ini membuat blus batik modis dengan kain sogan yang patut kamu miliki!

Membanderol koleksi blus handmade dengan nuasan sogannya di kisaran Rp 300.000 sampai Rp 450.000, kamu dijamin tidak akan menyesal karena akhirnya dapat memiliki blus klasik yang tetap modis dan keren. Warna-warna cokelat tua yang mendominasi blus batik dari Tjetje ini malah semakin meningkatkan keeleganan tiap bajunya sehingga pemakai akan tampil berkelas. Motif klasik yang ditawarkan pun beraneka ragam, ada yang bermotif parang sampai sidomukti. Soal model dan desainnya, kamu bisa memilih blus batik bergaya simpel, berdesain lengan brukat yang manis, ataupun blus tanpa lengan.

7. Blus Jaring dari Chanie Batik

blus batik 8

Busana-busana batik yang dibuat oleh pengrajin lokal asal Surabaya ini memang sangat modern dan cocok dipakai para wanita yang mau bergaya beda. Untuk blus batik dari Chanie Batik, kamu bisa menemukan model jaring yang sangat fashionable. Harganya cukup tinggi, yakni Rp 579.000, namun sebanding dengan kualitas bahan dan desain yang ditawarkan.

Chanie Batik memadupadankan blus batik handmade mereka soft leather di bagian depan. Jadi, kamu bisa melihat blus dengan gaya kasual yang sungguh elegan karena kilapan dari kulit tersebut. Namun di bagian belakang blus, batiklah yang mendominasi dan memenuhi tiap jengkal jenis busana yang satu ini. Jaring-jaringnya sendiri berada di sekitaran lengan hingga pundak, memberikan efek modis dan modern yang tidak dapat disangkal. Untuk bawahannya, Chanie Batik menyediakan rok setipe dengan blus batik jaring ini. Namun, kamu juga bisa memadupadankannya dengan celana maupun rok kulit. Mau?

8. Blus Kasual dari Petite Collections

blus batik 10

Pengrajin yang berpusat di Semarang ini punya ciri khas tersendiri dalam membuat kreasi busana batik handmade-nya. Baik celana maupun atasan, Petite Collections mengusung tema kasual yang cocok dipakai untuk aktivitas santai sehari-hari. Karena itu, di sini kamu bisa menemukan celana kulot maupun blus batik tanpa lengan dengan desain-desainnya yang artistik dan menarik. Untuk blus batik buatan Petite Collection, harganya berkisar Rp 275.000 sampai Rp 350.000.

Blus-blus batik berkonsep kasual dari Petite Collections sebenarnya dapat dibagi menjadi dua jenis. Ada blus dengan warna batik gelap yang khas batik dalam, namun menjadi kece dengan desainnya yang anak muda. Ada pula blus batik yang lebih memilih menggunakan batik cap menggunakan kain warna pastel untuk memberikan efek feminin yang disukai banyak perempuan. Beberapa blus handmade karya Petite Collection ini juga menggunakan tricot di bagian dalamnya sehingga kamu akan merasa sejuk ketika mengenakannya. Nah, masih bisa bilang batik itu kuno dan tidak cocok untuk acara santai?

9. Blus Garutan dari Lim Batik

blus batik 9

Corak batik garutan kini memang sedang populer dan banyak digunakan untuk membuat pernak-pernik dekorasi rumah yang ciamik. Namun kalau untuk dibuat menjadi blus batik, motif garutan ini juga bisa memberikan kesan simpel dan manis bagi tiap pemakainya, loh. Tidak percaya, lihat saja koleksi blus batik garutan yang dibuat oleh pengrajin asal Solo ini. Semua tampil modern dan sangat nyaman dipakai dengan harga yang cukup terjangkau, yakni 219.000.

Ada dua jenis blus batik handmade bertema garutan yang dibuat Lim Batik. Yang pertama dengan lengan yang pas, satu lagi dibuat tanpa lengan. Keduanya cocok kamu kenakan ke kantor, kampus, ataupun sekadar bersantai di rumah. Dengan warna-warnanya yang cerah khas batik pesisir, dijamin mood-mu akan langsung naik saat memakai blus handmade dari pengrajin lokal yang satu ini.

10. Blus Santai dari Ophelia Batik

blus batik 11

Ophelia Batik tampahnya ingin menyanggah pendapat kebanyakan orang yang beranggapan batik hanya cocok dipakai untuk acara-acara resmi. Dengan kreativitas yang tinggi, pengrajin asal Jakarta Timur ini akhirnya membuat koleksi blus santai dari batik cap yang bahkan bisa menjadi busana mainmu di rumah. Harga yang dipatok oleh Ophelia pun sangat wajar, yakni Rp 186.000.

Tidak hanya mengandalkan kain batik, Ophelia mempercantik tampilan blus handmade buatannya dengan emboss warna cerah di bagian sisinya. Sementara itu, bagian tengah yang menjadi pusat perhatian memakai kain batik pesisiran dengan warna senada. Alhasil, kamu dapat memperoleh blus batik santai dengan lengan pendek yang nyaman dan modis.

Baca Juga: Kalung Etnik Handmade Ini Akan Membuat Penampilanmu Makin Eksotik dan Unik


Jadi, apa aktivitasmu hari ini ataupun esok hari? Mau yang resmi ataupun hanya bersantai biasanya, rasanya blus batik bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Tidak hanya nyaman, desain dan model blus batik handmade yang diusung para pengrajin Qlapa pun modis dan berkelas sehingga kamu akan selalu merasa percaya diri dan bangga saat mengenakannya.

Sumber gambar atas

Bagikan artikel ini http://blog.qlapa.com/ybmh

Artikel Lainnya