Iseng-iseng, Bu Nini Hasilkan Omzet Puluhan Juta Perbulan

Jeli melihat peluang. Kemampuan ini memang diperlukan oleh seorang pengusaha. Ini jadi salah satu skill yang dimiliki oleh Nini Ting, owner dari Brockton Shoes. Brand yang ia kembangkan dari sekadar ‘iseng-iseng’ sejak 2014.

Menjadi seorang pengusaha sepatu sebetulnya tidak menjadi cita-citanya. Semua berawal dari bisnisnya di bidang bahan baku sepatu di Surabaya. “Waktu itu saya melihat ada penurunan pesanan dari industri yang biasa membeli di saya.  Akhirnya saya mulai pelajari sedikit demi sedikit soal sepatu,” ungkap Bu Nini. Kala itu, ia pun kerap memberi masukan pada rekanan bisnisnya, misalnya bahwa beda bahan baku, maka beda juga desain yang diterapkan.

Berawal dari Coba-coba

Ibu Nini Ting, Owner Brockton Shoes

Merasa tertantang dengan ide yang dimilikinya, pada 2008 ia memulai bisnis dengan menjadi distributor untuk beberapa brand dalam negeri. “Saya coba-coba membuat sepatu dengan desain yang saya buat sendiri,” jelasnya. Hampir semuanya ia pelajari secara otodidak. Berkat kemauan yang tinggi, sejumlah brand dalam negeri juga menjadi pelanggan tetapnya. Jumlah pengrajin yang awalnya 10 orang juga kini telah bertambah hingga tiga kali lipat. Meski sudah terbilang sukses, namun Bu Nini tak mau cepat puas. Pada 2013 ia kembali berkreasi membangun sebuah brand sepatu lain, Brockton Shoes.

“Saya sebenarnya memang ingin mencoba apakah desain saya ini diterima atau tidak sama pasar,” tambahnya. Rupanya proyek coba-coba ini cukup berhasil. Produk Brockton Shoes yang dijual secara offline maupun online mampu menghasilkan hingga puluhan juta setiap bulannya. Hal ini menurutnya tak lepas dari pengetahuannya soal selera pasar. Ia yakin bahwa setiap daerah memiliki kecenderungan selera yang berbeda, untuk itu desain dan perlakuan yang berbeda juga perlu diterapkan. “Kalau soal laku atau tidak, saya yakin pasti laku. Yang penting kita tahu kemana harus memasarkannya. Untuk itu penting untuk selalu mendengar kemauan pasar, dan memahami konsumen,” ucapnya.

Apresiasi dari Qlapa

Karena tempat memasarkan produk memiliki peran yang besar dalam kemajuan produknya, Bu Nini ia perlu memilih tempat yang tepat.  Produk yang terkurasi dengan baik, serta target pasar yang cukup spesifik menjadi alasan bagi Bu Nini untuk mempercayakan Qlapa sebagai salah satu mitranya. Qlapa juga memberi apresiasi yang lebih pada Brockton Shoes dengan menjadi Seller of The Month.

Hal ini menurutnya merupakan sesuatu yang patut disyukuri dan jadi penyemangat untuk terus membesarkan Brockton Shoes. “Penting untuk punya semangat pantang menyerah. Yakin pada diri sendiri dan kembangkan terus kreativitas kita,” tutupnya.

 

Bagikan artikel ini http://blog.qlapa.com/ksmc

Artikel Lainnya