Merambah Dunia Online, Silfi Ingin Bawa Batik Ciwaringin Terkenal

Kerajinan batik penting untuk diwariskan untuk dijaga kelestariannya. Adalah Silfia Kurniati, seorang perempuan muda asal Cirebon yang juga berjuang menjaga eksistensi batik di tengah modernisasi. Lahir pada 8 Desember 1992, ia telah belajar membatik sejak duduk di bangku sekolah dasar. Silfi tekun menggeluti keterampilan tersebut hingga di 2015, selepas SMK, ia memutuskan untuk melanjutkan usaha keluarganya di bidang batik. Ia pun melebarkan sayap batik Ciwaringin, khas daerahnya lewat pemasaran online.

Satu tahun menjalankan usaha batik, Silfi merasa belum puas dengan performa usahanya. Menemukan Qlapa sebagai online marketplace yang khusus menjual barang handmade, Silfi melihat peluang untuk memasarkan produknya lebih luas. “Kalau jaman dulu kan promosi hanya dari desa ke desa, kalau jaman sekarang berbagai promosi, ada online, jadi memudahkan.”

Setia dengan Pewarna Alam

Meski telah merambah jual-beli online, Silfi tetap mempertahankan kekhasan batik Ciwaringin yang menggunakan pewarna alami. Batik Ciwaringin yang diproduksi juga dipastikan warnanya tetap nyata meski menggunakan bahan-bahan alami dengan teknik pencelupan khusus. Kulit kayu manis, kulit kayu mangga, daun som, dan kulit buah-buahan seperti rambutan dan manggis adalah contoh bahan dari alam yang digunakan untuk mewarna batik Ciwaringin.

Menggunakan bahan alami sebagai pewarna bukanlah hal yang mudah. Warna yang yang dihasilkan menjadi sulit diprediksi ketimbang pewarna sintetis yang sudah bertakaran. Kemudian proses penjemuran batik juga menjadi lebih lama. Untuk memproduksi batik lebih banyak, Silfi juga memerlukan lebih banyak pengrajin. Jumlah pengrajin yang sedikit dan kurangnya minat generasi muda mendalami batik menjadi kesulitan tersendiri.

Namun, secara konsisten Silfi tetap mempertahankan pewarna alami sebagai ciri khas Batik Ciwaringin itu sendiri. Bersama dengan beberapa pengrajin, Silfi Batik Tulis Ciwaringin mampu menghasilkan hingga 100 produk batik tulis pewarna alami setiap bulannya.  

 

Kualitas dan Inovasi Jadi Kunci

Konsistensi dan performa yang baik, Silfi Batik Tulis Ciwaringin terpilih sebagai Seller of The Month Qlapa bulan ini. Untuk Silfi, menambah varian produk yang berkualitas baik dari warna maupun motif menjadi kunci yang penting dalam mengembangkan usahanya. Inovasi-inovasi baru juga penting untuk terus digali.

“Ke depannya ingin produksi baju jadi, karena untuk batik pewarna alami kebanyakan kain, jarang yang baju jadi.” ujar Silfi tentang rencana selanjutnya. Selain aktif dalam memasarkan secara online melalui Qlapa, Silfi juga ingin membuka cabang toko batik Ciwaringin untuk memperluas usahanya dari segi offline.

Bagikan artikel ini http://blog.qlapa.com/pavy

Artikel Lainnya