Bisnis yang Menjanjikan & Mudah Dijalankan Saat Ini

  • Whatsapp

Memiliki sebuah bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan bukanlah hal yang mustahil untuk diwujudkan.

Dengan kebutuhan manusia yang beragam, serta perkembangan teknologi yang canggih membangun sebuah bisnis menjadi lebih mudah.

Read More

Namun seringkali, orang merasa bingung bagaimana dan dari mana untuk memulai sebuah bisnis baru.

Tujuan utama seseorang membuat bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan dari aktivitas yang dilakukan. Namun, hal ini tidak bisa didapatkan langsung karena dibutuhkan perencanaan strategi yang matang dan tepat.

Sebelum membangun sebuah bisnis, ada baiknya melakukan perencanaan dengan membuat sebuah proposal bisnis.

Tips Membuat Bisnis yang Menjanjikan

Hal pertama dalam membuat sebuah bisnis adalah menetapkan ide bisnis yang akan dikembangkan. Seringkali orang merasa bingung dan tidak bisa mendapatkan ide bisnis.

Padahal, saat ini banyak bisnis yang dapat dikembangkan, dari bisnis makanan, kecantikan hingga kebutuhan rumah tangga. Jadi, untuk mendapatkan sebuah ide, mulailah dari hal-hal yang dibutuhkan sehari-hari.

Sebuah bisnis juga bisa dimulai dari hobi yang digemari, seperti memasak. Daripada hanya memasak, maka kembangkan menjadi sebuah bisnis dengan menjualnya ke konsumen. Hal ini akan terasa lebih menyenangkan karena orang tidak hanya bekerja namun juga menjalankan hobinya.

Selanjutnya, kembangkan ide tersebut dalam sebuah proposal bisnis. Tujuan membuat proposal bisnis adalah untuk mendapatkan kerangka dan panduan dalam menjalankan bisnis.

Pastikan untuk membuat proposal secara detail dan informatif agar dapat dimengerti oleh semua orang.

Jangan lupa untuk melakukan analisa pasar terhadap kondisi yang ada saat ini dan masa datang. Sehingga, pemilik bisnis dapat mengetahui posisi bisnis yang akan dikembangkan.

Jadi, pastikan untuk selalu memperhatikan kondisi pasar.

Jenis-jenis Bisnis Menjanjikan dengan Modal Terbatas

Salah satu hal yang sering menjadi kendala dalam mengembangkan sebuah bisnis adalah modal yang terbatas. Namun sebuah bisnis yang menjanjikan tidak selalu membutuhkan biaya yang banyak atau dimulai dengan modal besar.

Berikut ini adalah beberapa ide bisnis dengan modal kecil, namun dengan keuntungan yang cukup besar:

1. Bisnis Dropship

Ini adalah bisnis yang menjanjikan, terutama untuk orang yang memiliki budget terbatas. Orang tidak perlu memiliki produk maupun toko untuk memulai bisnis ini. Namun yang perlu dimiliki adalah vendor atau supplier produk untuk menjualnya kembali.

Jadi prinsip kerja dropship adalah menjadi perantara antara penjual dengan pembeli, namun dengan akun tersendiri.

Dengan akun tersebut, pemilik bisnis dapat menjual produk dari toko lain tanpa perlu membeli produk tersebut dulu. Jadi, bisnis ini sangat mudah dan tidak membutuhkan modal besar.

2. Baking Kue

Untuk yang hobi memasak, kembangkan hobi tersebut menjadi sebuah bisnis. Modal awal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini juga tidak besar jika sudah memiliki peralatan yang dibutuhkan. Untuk awal bisnis, pemilik usaha dapat melakukan sistem PO untuk menentukan jumlah pemesanan.

Cara lain untuk memperkenalkan bisnis kue tersebut adalah dengan mengikuti bazar atau acara pameran.

Biaya untuk mengikuti pameran cukup terjangkau, sehingga dapat menjadi ajang promosi bisnis kue. Jangan lupa untuk mempromosikan bisnis tersebut di social media agar dapat semakin diketahui oleh orang lain.

3. Toko Online

Salah satu bisnis yang menjanjikan dengan modal kecil adalah toko online. Jadi, tanpa sebuah toko, orang bisa berbisnis dan berjualan produk dagangannya melalui online. Salah satu caranya adalah dengan bergabung dan aktif di media social.

Buatlah sebuah akun khusus untuk bisnis online tersebut di social media maupun di aplikasi e-commerce. Lalu jual lah produk tersebut melalui akun-akun tersebut. Untuk membantu akun tersebut lebih dikenal, jangan lupa untuk mempromosikan bisnis tersebut melalui akun pribadi dan akun teman.

4. Reseller Makanan Beku

Bisnis yang menjanjikan berikutnya dan bisa dilaksanakan dari rumah adalah menjadi reseller makanan beku. Hanya dengan bermodal freezer, listrik serta produk beku, orang dapat berbisnis makanan beku.

Salah satu keuntungan dari bisnis ini adalah daya tahan dari produk yang cukup lama. Serta tingginya minat masyarakat terhadap makanan instan namun tetap sehat.

5. Penulis – Penerjemah Online

Jika ingin sebuah bisnis yang tidak perlu banyak peralatan, maka cobalah memulai bisnis sebagai penulis atau penerjemah online. Yang dibutuhkan untuk bisnis ini adalah skill , laptop dan internet.

Cobalah untuk bergabung dalam sebuah komunitas atau jasa penulis – penerjemah online. Dengan bergabung pada suatu komunitas, para pelaku bisnis dapat mencari tambahan peluang pekerjaan.

6. Bisnis Desain

Untuk para pecinta dan ahli desain, maka kembangkan pengetahuan dan kemampuan desain menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. Saat ini banyak orang yang membutuhkan jasa seorang desainer untuk mendesain interior, exterior ataupun baju.

Modal yang dibutuhkan seorang desainer juga tidak besar karena hanya membutuhkan laptop, aplikasi desain dan ide.

Baca Juga: Proses Bisnis Perusahaan Dagang untuk Pengusaha Pemula

7. Kerajinan Tangan

Jika memiliki sebuah tangan yang kreatif, maka buatlah sebuah bisnis dalam bidang kerajinan tangan. Keuletan dan kemauan untuk membuat sebuah produk adalah kunci dari bisnis kerajinan tangan.

Dan kelebihan dari bisnis ini adalah unik dan tidak banyak macamnya di pasaran. Jadi, ini merupakan bisnis yang sangat menjanjikan dan bisa dikerjakan dimana saja.

Jadi, memulai sebuah bisnis yang menjanjikan tidak selalu membutuhkan modal yang besar. Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan analisa pasar untuk melihat kebutuhan atau peluang yang ada. Selanjutnya, kembangkan peluang tersebut menjadi sebuah bisnis.

Namun, memulai sebuah bisnis juga tidak mudah dan butuh perencanaan yang tepat.

Jadi, sebelum membuat sebuah usaha, ada baiknya untuk membuat proposal bisnis secara detail. Hal ini akan membantu para pemilik bisnis untuk evaluasi dan menjalankan bisnisnya.

Related posts