Bisnis Tanpa Modal yang Sedang Tren dan Wajib Kalian Coba

  • Whatsapp

Setiap orang yang akan memulai bisnis pasti memiliki ketakutan. Salah satunya adalah takut rugi dan tidak bisa balik modal. Sebab beberapa bisnis memang membutuhkan uang yang cukup banyak di awal.

Beruntung bagi mereka yang dalam perjalanannya sukses. Tapi bagaimana jika sebaliknya?

Read More

Dalam artikel ini ada beberapa bisnis tanpa modal yang bisa kalian coba dan ternyata sangat menguntungkan.

Sebelum lebih jauh membicarakan bisnis tanpa modal, ada dua hal yang perlu diingat bagi yang baru masuk ke dunia bisnis.

Pertama, miliki tekad yang bulat supaya tidak mudah putus asa di tengah jalan. Kedua, terus update skill dan kemampuan diri agar tetap bisa bersaing dengan lainnya. Kalau keduanya sudah dimiliki, maka tidak sulit menjalankan bisnis-bisnis berikut:

1. Bisnis Barang Secondhand

Jangan memandang sebelah mata barang-barang bekas. Sebab bagi beberapa orang barang-barang tersebut dianggap unik dan memiliki nilai tertentu. Bahkan ada yang rela mengeluarkan uang banyak untuk memilikinya.

Ini bisa menjadi peluang bisnis tanpa modal yang patut dicoba. Memang tantangannya cukup berat karena harus meyakinkan pembeli bahwa barang tersebut layak untuk dibeli. Oleh sebab itu, dibutuhkan kreativitas pelaku bisnis ini.

Ada banyak barang bekas yang bisa dibisniskan, misalnya pakaian, sepatu, atau fashion item lainnya. Ada juga yang memilih jual-beli buku bekas, khususnya novel bahasa asing.

Mengingat harga novel baru terbitan luar negeri cukup mahal, maka beberapa orang melirik novel-novel bekas yang masih layak baca untuk dijadikan bisnis. Keuntungannya lumayan, namun butuh usaha ekstra karena target pasarnya sangat spesifik.

2. Jasa Terjemahan (Translator)

Modal untuk memulai bisnis ini adalah kemampuan bahasa asing yang baik. Meski beberapa project mengharuskan penerjemah tersebut tersumpah dan kemampuannya level expert, ada beberapa yang diperuntukkan bagi pemula juga. Jadi jangan minder dengan mereka yang sudah berpengalaman sebelumnya.

Bayaran sebagai penerjemah terhitung cukup lumayan. Ada yang dibayar sesuai jumlah kata di akhir pengerjaan, ada juga yang berdasarkan jumlah halaman.

Proyeknya pun bermacam-macam, tapi biasanya permintaan ini datang dari orang-orang yang butuh terjemahan jurnal ilmiah (penelitian) atau dokumen-dokumen khusus. Tawarkan kemampuan bahasa asing yang dimiliki kepada pihak-pihak tersebut atau bisa juga ikut dalam project di situs-situs freelancer.

3. Jual Hasil Foto

Sudah tahu kalau saat ini ada jasa jual hasil foto? Menariknya, bisnis tanpa modal ini tidak semuanya dilakoni oleh para fotografer. Selama hasil foto bagus dan berkualitas tinggi, maka siapa pun yang membutuhkannya pasti akan membeli.

Ingat, yang penting adalah hasil fotonya, bukan dengan kamera semahal apa yang digunakan. Banyak juga hasil jepretan dengan smartphone pun bisa berkualitas.

Kumpulkan foto-foto hasil karya dalam sebuah album digital atau upload ke media sosial. Kalau ingin peluang lebih luas, ada beberapa situs yang menyediakan fasilitas jual hasil foto.

Kelebihan bergabung pada situs ini adalah kemungkinan dibayar dengan mata uang asing. Sebab pengunjungnya tidak terbatas dari pertemanan saja. Seluruh orang di dunia bisa melihat dan membelinya.

4. Reseller atau Dropship Toko Online

Bisnis tanpa modal ini tidak asing lagi karena sudah banyak yang menjalaninya. Seiring dengan berubahnya pola belanja masyarakat, maka toko online pun bermunculan.

Ini tak hanya melahirkan pembeli-pembeli dengan gaya baru, tetapi juga bisnis baru, yaitu reseller dan dropship. Keduanya serupa namun sesungguhnya berbeda. Walaupun begitu, sama-sama memberikan keuntungan.

Menjadi seorang reseller artinya menjual kembali produk dari supplier yang telah dibeli kepada orang lain, sedangkan dropship adalah menjual produk seseorang tanpa menyetoknya terlebih dahulu.

Jadi, sederhananya kalau reseller harus membeli dulu produknya kemudian dijual lagi, namun dropship cukup bantu memasarkan dan menjual. Keuntungan yang didapat adalah selisih harga jual dan harga beli.

5. Bisnis Properti Online

Beberapa orang saat ini mencari rumah melalui internet. Sebagai langkah awal, mereka tidak perlu lagi berkeliling ke berbagai tempat untuk mencari rumah dijual atau dikontrakkan.

Ada sejumlah situs properti yang menjual rumah, ruko, atau tempat kontrakan. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk bisnis karena jika berhasil menjualnya akan mendapatkan komisi yang cukup besar. Besaran komisinya sesuai kesepakatan dari berapa persen harga jual unit yang laku.

Bisnis ini tanpa modal sebab tidak perlu memiliki properti sendiri. Cukup tawarkan beberapa properti milik orang lain kepada orang yang potensial.

Jika calon pembeli sudah yakin, biasanya mereka baru mau untuk survey lapangan. Oleh sebab itu, pastikan kondisi properti bagus dan memang layak dengan harga yang ditawarkan. Jangan sampai calon pembeli kecewa begitu melihat bangunannya secara nyata.

6. Jasa Desain

Kemampuan lain yang bisa dijadikan bisnis adalah mendesain. Jadi kalau cukup mahir mengoperasikan aplikasi-aplikasi desain, kreatif dalam hal visual, dan suka menggambar, maka bisa mendapatkan uang dengan menjual jasa desain.

Bisnis ini jangan dianggap sepele karena bayarannya bisa jutaan untuk satu buah desain. Apalagi kalau hasilnya unik dan sangat filosofis, maka pasti akan terkejut dengan nilai imbalannya.

Untuk bisa bersaing dalam bisnis ini seseorang harus memiliki portofolio dulu. Ini sebagai contoh hasil karya supaya calon klien mendapat gambaran seperti apa jadinya nanti.

Seluruh portofolio bisa ditampilkan pada website pribadi atau akun media sosial. Ada juga portal freelancer untuk jasa desain grafis. Jika bergabung di sana bisa sekalian ikut project yang ditawarkan.

Baca Juga: Apa Itu Bisnis, Konsep, Fungsi dan Tujuan Berbisnis

7. Jasa Web Design

Menjalankan bisnis ini bisa memberikan keuntungan yang sangat besar namun harus diiringi dengan skill yang mumpuni. Selain itu, harus didukung juga dengan aplikasi-aplikasi khusus, seperti text editor, plugin/extension browser, photo editor, dan sebagainya.

Tapi tenang, saat ini sudah banyak aplikasi-aplikasi pendukung tersebut yang gratis dan bisa diunduh secara bebas.

Cara memulainya mudah, cukup tawarkan jasa ini kepada orang-orang terdekat dulu. Bisa melalui media sosial, personal chat, atau ikut ke beberapa project di situs-situs freelancer.

Kalau sudah memiliki “jam terbang” yang cukup lama, berpengalaman meng-handle macam-macam klien, serta memiliki cukup portofolio, barulah bisa membangun bisnis secara mandiri. Tapi apabila dirasa cukup percaya diri langsung memulai secara independen, mengapa tidak?

Ternyata ada banyak bisnis tanpa modal yang bisa dicoba dan tak kalah menguntungkannya dengan bisnis bermodal besar. Hanya dibutuhkan kreativitas dan semangat agar bisa menghasilkan uang sebanyak-banyaknya.

Jangan lupa untuk tetap membuka diri sebab peluang bisnis-bisnis baru jaman sekarang bisa berbentuk berbagai macam.

Related posts