Dijamin Untung! Inilah 5 Macam Bisnis Rumahan untuk Mahasiswa di Masa Pandemi

  • Whatsapp

Bisnis merupakan kegiatan dimana seseorang menjual sesuatu berupa barang, jasa, makanan, atau lainnya. Saat ini bisnis tak hanya dilakukan di perusahaan besar, namun di rumah pun bisa tetap sukses dijalankan. Bahkan sekarang banyak mahasiswa yang membuka bisnis sampingan di rumah sambil menyelesaikan studinya. Lalu apa saja bisnis rumahan untuk mahasiswa?

Terlebih di tengah pandemi saat ini, mahasiswa yang terjun ke dunia bisnis pun kian bertambah. Selain untuk mengisi waktu luang, uang yang didapat pun cukup menguntungkan. Apalagi jika bisnis bisa terus dikembangkan dan maju. Maka dari itu, inilah beberapa bisnis untuk mahasiswa yang bisa dijalankan di rumah saat pandemi.

1. Jasa Menulis

Di zaman digital saat ini, sudah banyak alat-alat canggih yang bisa digunakan untuk melakukan bisnis, salah satunya ialah laptop. Laptop bisa digunakan untuk membuka bisnis untuk mahasiswa berupa jasa menulis. Terkadang ada orang yang sibuk atau tak ada waktu, sehingga tak sempat menulis tugas atau menulis hal lain yang dibutuhkan.

Jenis tulisan yang bisa ditawarkan pun bermacam-macam, tergantung dengan keahlian atau hal yang dirasa tertarik dan bisa dilakukan. Jasa menulis yang bisa ditawarkan berupa menulis di power point, membuat tulisan artikel, dan tulisan lainnya. Keterampilan menulis ini bisa menghasilkan uang yang lumayan besar jika tekun dilakukan dan tak pantang menyerah.

Untuk bisnis jasa menulis, bisa tawarkan dengan hasil hardcopy atau softcopy. Terus perbanyak pengetahuan dan wawasan, serta gaya penulisan yang menarik namun masih sesuai dengan kaidah penulisan. Dengan begitu bisnis rumahan untuk mahasiswa berupa jasa menulis ini bisa berjalan dengan lancar.

2. Bisnis Desain Grafis

Bagi mahasiswa yang memiliki skill desain grafis, bisnis ini sangat bisa dipilih untuk dijadikan usaha. Peluang bisnis desain grafis sangat banyak di era digital saat ini. Skill desain grafis pun bisa dipelajari, sehingga jangan khawatir jika merasa belum maksimal. Dengan latihan secara rutin, dapat membuat desain yang bagus untuk dijual.

Adapun beberapa peluang desain grafis yang bisa dipilih. Pertama, desain untuk kartu nama atau undangan, banner, dan logo. Biasanya desain seperti ini dipesan oleh orang-orang yang akan menikah, memiliki usaha, membuat acara, dan lain-lain. Seperti diketahui, hal tersebut tentunya menjadi peluang yang besar dan menguntungkan jika dijalankan.

Selain itu, buat desain grafis untuk baju atau kaos. Saat ini banyak sekali orang yang membuka usaha baju atau kaos. Namun, belum memiliki desain untuk di baju yang akan dijualnya. Maka dari itu, ini adalah sebuah peluang. Serta bisa juga menjalin kerja sama dengan yang butuh desain grafis untuk penjualannya.

Masih banyak peluang bisnis lainnya untuk bisnis desain grafis. Bisnis ini sangat cocok untuk mahasiswa, sebab bisa dilakukan di rumah dan bisa disesuaikan waktunya dengan jadwal kuliah. Keuntungan yang didapat pun tak main-main, sebab biasanya bisnis desain grafis memiliki harga jual yang tinggi. Lakukan dengan sungguh-sungguh agar hasilnya maksimal.

3. Produk Makanan

Bagi mahasiswa pecinta kuliner, bisnis ini cocok sekali dipilih untuk dijalankan di rumah. Bisnis rumahan untuk mahasiswa ini nantinya bisa dijual secara online maupun offline. Jenis makanan yang akan dijual pun bermacam-macam, sesuai dengan keahlian masing-masing. Bisa juga dengan mengikuti apa yang sedang ramai di pasar penjualan makanan saat ini.

Jika melihat pasar penjualan makanan yang sedang ramai sekarang adalah makanan yang berupa mental dan dessert box. Namun, hal ini bukan berarti jenis makanan lain memiliki daya tarik yang kurang. Buatlah makanan yang enak dengan packaging yang menarik. Terlebih jika berjualan secara online biasanya orang lebih melihat kemasannya lebih dulu.

Gunakan juga aplikasi-aplikasi penjualan untuk melakukan penjualan dan promosi secara online. Aplikasi yang bisa digunakan saat ini ialah Instagram, Tokopedia, Shopee, Twitter, dan lain-lain. Perlu diingat, makanan sangat diminati oleh banyak orang. Oleh karena itu, peluang bisnis makanan sangat besar untuk dijalankan oleh mahasiswa.

4. Bisnis Pulsa Elektrik

Bisnis rumahan kali ini mungkin tak perlu butuh proses yang banyak untuk bisa ke tahap penjualan. Tak seperti bisnis rumahan untuk mahasiswa di atas sebelumnya yang perlu membuat suatu, bisnis pulsa tronik ini bisa dilakukan dengan simple.

Terlebih disaat sedang WFH dan SFH sekarang, banyak orang yang membutuhkan pulsa untuk kelangsungan tugasnya. Maka, bisnis rumahan yang sederhana ini bisa dijalankan oleh mahasiswa. Untuk penjualannya, bisa tawarkan kepada teman-teman atau membuka toko pulsa di aplikasi seperti Shopee.

5. Dropship

Macam bisnis terakhir yang bisa dijalankan oleh mahasiswa yaitu dropship. Bisnis ini hanya bermodalkan kuota internet, tanpa perlu melakukan stok produk atau barang. Pengirimannya pun dilakukan oleh pihak pertama. Meskipun seperti itu, keuntungan yang didapat pun tak sedikit. Untuk memulainya, bisa dengan mencari supplier dan produk yang tertarik untuk dijalankan

Demikian 5 macam bisnis rumahan untuk mahasiswa yang dapat hasilkan untung besar di masa pandemi. Meskipun hanya dilakukan di rumah, tapi bisnis ini juga harus sungguh-sungguh dijalankan. Jangan pernah menyerah dalam melakukan penjualan. Semoga ulasan mengenai macam-macam bisnis rumahan bagi mahasiswa ini bisa menjadi referensi.

Related posts