Menangkap Peluang Bisnis Mainan Edukatif yang Cukup Menjanjikan 

  • Whatsapp

Dilatarbelakangi para orang tua yang merasa khawatir anaknya banyak yang bermain gadget, sehingga berinisiatif untuk memberikan mainan edukatif. Dengan demikian, akan lebih bagus untuk perkembangan psikologi dan juga perkembangan otaknya. Maka dari itu, bisnis mainan edukatif ini cukup menjanjikan.

Peluang untuk Bisnis Mainan Edukatif 

Bisnis mainan edukatif ini cukup menjanjikan untuk saat ini karena banyaknya anak-anak yang senang bermain game di berbagai konsol, seperti PS3, Android dan komputer. Dengan demikian, waktu anak-anak tersebut sering tersita untuk bermain game dibandingkan belajar. Hal tersebut tentunya akan menghambat pertumbuhannya. 

Sadar akan pengaruh buruk tersebut, banyak para orang tua yang mulai memberikan mainan edukatif pada anak-anaknya. Mainan edukatif menjadi solusi karena dapat membuat anak-anak bermain sambil mempelajari sesuatu yang dapat menstimulasi otak anak. Dengan demikian, anak pun bisa menjadi lebih cerdas. 

Berdasarkan hal tersebut, bisnis mainan edukatif menjadi lebih menjanjikan karena banyak orang yang mulai melirik permainan edukatif tersebut, sebagai solusi untuk memberikan permainan yang lebih mendidik kepada anak-anaknya. Hal tersebut merupakan sebuah peluang. 

Macam-macam Bisnis Mainan Edukatif

Apabila ingin memulai bisnis mainan edukatif, sebaiknya untuk mengetahui terlebih dahulu macam-macam mainan edukatif yang bisa dijadikan peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Pasalnya mainan edukatif tersebut bisa diawali dengan modal yang cukup kecil. Bahkan bisa menggunakan bahan baku daur ulang. Berikut macam-macamnya:

1. Puzzle Kayu Huruf Hijaiyah 

Mengenalkan huruf Hijaiyah pada anak-anak yang beragama Islam sangatlah penting agar menjadi dasar untuk bisa membaca Alquran. Namun terkadang anak lebih cepat bosan bila harus belajar terus menerus. Oleh sebab itu, sebaiknya untuk memberikan mainan edukatif agar proses belajar tidak membosankan dan belajar pun lebih menyenangkan. 

Berdasarkan hal tersebut, sebaiknya untuk memberikan mainan edukatif berupa puzzle kayu huruf Hijaiyah. Bila ingin berbisnis puzzle tersebut, hanya memerlukan modal yang kecil. Bahkan bahan baku kayu nya pun bisa didapatkan dari kayu sisa. Selain kayu, hanya memerlukan cat berwarna-warni yang jumlahnya cukup sedikit. Pastikan juga cat tersebut aman bagi anak-anak. 

2. Puzzle Kain Palet Huruf Hijaiyah 

Di samping bahan kayu, puzzle yang terbuat dari kain palet pun banyak dipilih oleh para orang tua yang ingin memberikan mainan edukatif untuk anaknya. Memilih bahan puzzle dengan bahan palet ini dirasa lebih aman karena minim kandungan zat beracun dan tekstur kayu yang tajam, yang bisa saja melukai anak-anak ketika sedang bermain puzzle tersebut. 

Berbisnis mainan edukatif dari bahan kain pallet ini pun bisa jadi bisnis yang cukup menjanjikan karena bahan yang digunakan berupa potongan kain pallet yang berjumlah kecil dan bisa dijahit dengan menggunakan tangan maupun mesin. Puzzle kain pallet ini pun bisa dijual dengan harga yang lebih mahal. Dengan demikian, keuntungan yang didapatkan bisa lebih besar. 

3. Puzzle Kayu Buah-buahan 

Mengenalkan bermacam-macam bentuk buah-buahan dan nama pada anak sebaiknya menggunakan puzzle kayu. Jenis mainan edukatif ini sangat cocok untuk digunakan kepada anak-anak usia SD dan TK. Terlebih dengan bentuknya yang disesuaikan dengan bentuk buah aslinya. Anak-anak bisa dengan mudah untuk mengenali nama dan jenis buah-buahan tersebut. 

Berbisnis mainan edukatif yang terbuat dari kayu serta dibentuk puzzle buah-buahan merupakan salah satu ide bisnis yang tepat. Pasalnya, bahan baku yang digunakan terbilang cukup mudah dan murah serta dapat dijual dengan harga yang lebih mahal. Dengan demikian, berpotensi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. 

4. Kotak Angka 

Jenis mainan edukatif ini terbuat dari kayu yang dibentuk menjadi sebuah kotak dan berisi kayu berbentuk angka. Cara memainkannya, cukup dengan mengambil salah satu angka yang terdapat pada kotak tersebut dan kemudian mengenalkannya pada anak. Jenis permainan ini lebih menyenangkan bagi anak dan dijamin anak pun tidak akan membosankan. 

Membuat kotak angka tersebut bisa dijadikan peluang bisnis untuk membuat jenis mainan edukatif. Kayu yang dibuat untuk mainan edukatif itu bisa terbuat dari kayu sisa atau bisa dibeli dengan harga yang lebih murah per ikat dari tukang kayu. Setelah dibuat menjadi kotak angka bisa dijual dengan harga yang lebih mahal, untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. 

Baca juga: Dijamin Untung! Inilah 5 Macam Bisnis Rumahan untuk Mahasiswa di Masa Pandemi

5. Kotak Alphabet 

Salah satu jenis mainan edukatif lainnya pun berupa kotak alphabet. Mainan edukatif ini terbuat dari kotak kayu yang terdiri dari kumpulan kayu berukuran lebih kecil yang telah dibentuk macam-macam huruf. Mulai dari huruf besar dan huruf kecil. Cara memainkannya adalah dengan mengambil salah satu potongan kayu dari kotak tersebut, dan mengenalkan huruf yang terdapat pada kotak tersebut. 

Sama dengan jenis mainan edukatif lainnya, mainan edukatif ini pun bisa dibuat dari kayu sisa. Maka dari itu, berbisnis mainan edukatif dengan jenis mainan tersebut bisa menghasilkan keuntungan yang cukup menjanjikan. Pasalnya, modal yang dikeluarkan pun terbilang lebih kecil. Jenis kayu yang digunakannya pun harus jenis kayu yang mudah untuk dibentuk agar tidak menghasilkan kayu yang runcing. 

Bisnis mainan edukatif merupakan bisnis yang cukup menjanjikan untuk saat ini. Pasalnya, modal awal untuk menjalankan bisnis tersebut terbilang kecil dengan potensi keuntungan yang lebih besar. Disamping itu, komoditi bisnis ini tidak mengenal basi atau kadaluarsa sehingga bisa meminimalisir risiko kerugian. 

Related posts