Biaya Pendidikan Pramugari dan Hal yang Dipelajari

  • Whatsapp
Biaya Pendidikan Pramugari

Tidak bisa dipungkiri kalau gengsi menjadi pramugari di Indonesia sangatlah tinggi, dan menjadi impian banyak orang. Sebab untuk menjadi bagiannya tidak mudah, bahkan terkadang membuat orang harus mengeluarkan biaya lumayan hanya untuk biaya pendidikan pramugari saja. Tujuannya untuk bisa menjadi bagiannya, dan mempelajari hal tentang profesi ini lebih dalam.

Biaya Pendidikan Pramugari

Dana yang dikeluarkan untuk biaya pendidikan pramugari ini tidaklah sedikit.  Materi yang dipelajari menjadi penyebab dari hal tersebut. Menjadi seseorang yang kompeten dan sesuai dengan SOP dari masing-masing perusahaan penerbangan, menjadi tujuan utama dari sekolah ini. Oleh karenanya semua dipelajari dengan matang dan spesifik.

1. Staf Penerbangan

Untuk menjadi staff penerbangan yang terkadang juga bisa merangkap sebagai pramugari juga tentunya tidak mudah. Karena bisa merangkap itulah, hal yang diajarkan di sini cakupannya jauh lebih luas. Sebab memang jobdesc yang dimilikinya juga beragam. Biayanya sendiri berkisar diantara Rp 30jutaan. Dimana pembayarannya ini bisa dilakukan sebanyak 2 sampai 4 kali.

Jadi pembayarannya ini tidak harus langsung dilakukan di muka, melainkan biasanya bisa dicicil. Untuk kebijakan dicicil ini sebenarnya sesuai dengan kebijakan sekolahnya masing-masing. Tapi berikut ini akan diberikan gambarannya:

  • pembayaran pertama: Rp 13juta dan sudah termasuk biaya daftar ulang.
  • tahap kedua: Rp 10juta
  • pembayaran ketiga: Rp 6juta
  • tahap keempat: sisa dari pembayaran yang belum diselesaikan.

2. Sekolah Khusus Pramugari

Pendidikan yang memang diadakan khusus untuk mempelajari profesi ini adalah yang selanjutnya. Semua hal yang dipelajari yang dilakukan juga lebih terfokus kepada pramugari berdasarkan kurikulumnya tersendiri yang disusun dengan acuan internasional. Muridnya sendiri harus menanggung biaya sedikit lebih tinggi dibanding staf penerbangan yakni di atas Rp 30 juta, sampai Rp 40juta.

Sama seperti yang sebelumnya dana yang dikeluarkan juga tidak harus dilakukan langsung di awal, melainkan bisa dicicil. Tentunya ini sedikit mengurangi beban pesertanya. Tapi kembali lagi kebijakan berapa lama dan tenggat waktunya ini disesuaikan dengan kebijakan sekolahnya.

  • tahap pertama: Rp 15juta, sudah termasuk biaya seragam dan biaya daftar ulang.
  • pembayaran kedua: Rp 10juta.
  • pembayaran ketiga: Rp 8juta.
  • tahap terakhir: Sisa dari pembayaran yang belum diselesaikan

Hal yang Dipelajari

Profesi ini bukanlah sesuatu yang mudah untuk diraih, begitu juga saat nanti sudah resmi dilantik, profesi ini memerlukan kehati-hatian dalam melaksanakan tugasnya. Sebab bertemu dengan banyak orang yang pastinya memiliki perangai berbeda-beda tentu harus berhati-hati. Oleh sebab itu hal yang dipelajari tidak hanya tentang teori, tapi langsung turun ke lapangan untuk praktek.

1. Sifat Dasar

Kemampuan dan sifat dasar menjadi hal yang akan dipelajari di sini. Inilah yang membuat biaya pendidikan pramugari ini menjadi lumayan pricey. Karena sebenarnya ini hampir sama seperti kelas kepribadian. Hal yang diajarkan dalam sifat dasar ini akan seputar kesopanan, cara bersikap, dsb. Sebab ini menjadi tuntutan utama di dalam profesi ini.

2. Bahasa dan Kemampuan Umum

Bahasa menjadi bekal kuat di dalam profesi ini. Karena hal itu di sekolah ini juga diajarkan tentang bahasa dan kemampuan umum lainnya. Untuk bahasa sendiri ada dua bahasa internasional yang diajarkan untuk dijadikan sebagai dasar. Kedua bahasa tersebut yakni bahasa Inggris dan juga Mandarin lalu kemampuan umum mendampingi.

3. Psikologi

Tentunya ini merupakan hal yang penting karena pramugari harus berhadapan langsung dengan penumpang, dan sifat penumpang ini berbeda-beda. Karena itu pramugari akan diajarkan tentang hal ini sedikit. Tidak secara menyeluruh, melainkan hanya belajar dasarnya saja untuk bisa memahami bagaimana cara mengambil sikap dalam menghadapi penumpang pesawat.

4. Berpakaian dan Penampilan

Tidak hanya bahasa, tapi juga penampilan pramugari menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan. Itu mengapa salah satu hal yang juga diajarkan di sekolah ini adalah cara berpakaian. Tidak hanya itu saja, di sini juga diajarkan bagaimana cara berpakaian dengan baik meskipun sedang berada di atas ketinggian. Tentunya ini membutuhkan pelatihan khusus yang memang sudah sesuai standar.

5. Table Manner

Terakhir yang dipelajari adalah tentang table manner yang dimulai dari menyajikan makanan, memberikan makanan, sampai bagaimana caranya membersihkan sisa makanan. Apalagi untuk melakukan semua hal tersebut di atas pesawat tentunya bukan hal yang mudah, oleh sebab itu dibutuhkan pelatihan khusus.

Di atas hanyalah gambaran secara umum saja, dan biasanya ada hal lainnya yang dipelajari lebih khusus dan spesifik. Sebab memang untuk bisa menghadapi banyak orang bukanlah hal yang mudah, apalagi kalau menghadapinya di atas ketinggian. Pastinya dibutuhkan pengendalian diri yang sangat baik.

Sebab hal yang sangat spesifik itulah biaya pendidikan pramugari tidak murah, dan bahkan bisa dikatakan lumayan tinggi. Apabila ditanya apakah pendidikan ini berguna, maka jawabannya adalah iya. Sebab di sini semuanya diajarkan dari dasar, sampai terbentuk individu yang kompeten.

Related posts