Belajar Secara Online Ternyata Lebih Mudah dan Seru Lho!

  • Whatsapp

Belajar online akhir-akhir ini semakin marak di aktivitas masyarakat. Apalagi sejak ada pandemi yang melanda tanah air.

Para pelajar harus mau melakukan kegiatan belajar mengajar dengan online di rumah masing-masing. Belajar online lebih mudah dan seru jika dipraktekkan.

Read More

Bahkan startup pendidikan mulai banyak bermunculan saat ini salah satunya adalah tambahpinter.com

Startup tambahpinter.com telah berkontribusi besar terhadap dunia pendidikan di indonesia melalui platform mereka.

Ingin tahu lebih lanjut seperti apa itu belajar online?

Mengenal Apa Itu Belajar Online

Belajar online adalah proses dimana belajar mengajar yang tidak lagi dilakukan secara tatap muka langsung antara murid dan guru. Namun proses belajar mengajar ini dilakukan dengan menggunakan jaringan internet dan media digital.

Penyampaian materi dilakukan melalui media digital yang sudah tersambung dengan jaringan internet. Metode yang digunakan pun dianggap sangat tepat mengingat sekarang ini adalah era serba digital.

Mengingat jaman ini semua serba digital, pelajar pun sangat dekat dan menyatu dengan produk-produk teknologi.

Oleh karena itu dunia pendidikan pun sudah saatnya diberikan secara digital menyesuaikan dengan kemajuan teknologi.

Kelebihan Online Learning

Belakangan ini belajar online sangat nge-trend. Hal ini karena memang istilah zaman ini adalah era digital.Belajar dengan cara daring ini pun menjadi alternatif pembelajaran dalam berbagai situasi.

Nah, berikut ini akan dibahas apa saja kelebihan dan kemudahan yang bisa didapatkan dari belajar online.

1. Lebih Fleksibel

Kelebihan atau kemudahan belajar online yang pertama adalah dari segi kepraktisan. Belajar online ini membuat pelajar dan pengajar berinteraksi lebih praktis.

Letak praktisnya adalah tidak perlu lagi menempuh perjalanan untuk bertatap muka secara langsung. Ruang kelas pun menjadi lebih santai karena tidak ada lagi tempat belajar yang formal.

Proses belajar bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja asalkan kondusif dan bisa membuat pelajar dan pengajar sama-sama fokus pada materi. Suasana seperti pasti terasa baru namun ini akan menambah semangat belajar siswa.

2. Teknik Pendekatan yang Sesuai

Keunggulan lain adalah pada pendekatan yang digunakan. Metode yang digunakan di sini bisa dikatakan sangat tepat dengan para pelajar di era digital seperti sekarang. Bahkan dapat dikatakan ini lebih sesuai daripada metode konservatif.

Metode dalam menyampaikan materi menggunakan metode gabungan dari formal dan nonformal. Dengan begini pelajar bisa lebih mudah dalam memahami materi yang sedang dipelajari.

3. Pengalaman yang Menyenangkan

Dalam proses belajar di online learning penggunaan alat tulis seperti spidol, papan tulis, dan semacamnya sudah tidak diperlukan lagi.

Media yang digunakan sudah jauh lebih menarik yaitu berupa video dan audio yang lebih menyenangkan bagi para siswa untuk belajar. Tentu ini menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan bagi para siswa.

4. Lebih Hemat Waktu dan Biaya

Berbeda dengan proses belajar mengajar secara konvensional. Waktu yang diperlukan tidak perlu panjang karena tidak ada perjalanan yang harus ditempuh saat pergantian materi. Biaya pun juga demikian, dalam online learning hanya butuh jaringan internet dan gadget selebihnya tidak ada biaya lagi.

Saat belajar secara konvensional umumnya membutuhkan biaya untuk beli buku atau fotokopi materi, tidak untuk belajar online. Dapat dikatakan belajar secara online lebih hemat biaya dan juga waktu.

Baca Juga: Ketahui Peraturan Menteri Keuangan Beserta Tugas Khususnya

5. Dokumentasi yang Mudah

Selain itu masih ada lagi kelebihan yang bisa didapatkan dari belajar online. Materi yang bisa didokumentasikan dengan mudah adalah keunggulan online learning.

Jadi tidak perlu menumpuk buku dan fotokopi materi, cukup menyimpan video atau audio materi yang diberikan. Belajar materi tersebut jadi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Dari kelebihan di atas, dapat disimpulkan kalau belajar online lebih memudahkan proses belajar mengajar.

Selain itu pelajar bisa merasa lebih menyenangkan karena ada suasana baru saat belajar.  Semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat bagi pembaca ya.

Related posts