Beberapa Contoh Ceramah Tentang Pendidikan Berbagai Tema

  • Whatsapp

Hari Pendidikan Nasional umumnya dirayakan dengan sebuah upacara bendera yang diisi dengan ceramah tentang pendidikan. Ceramah ini berisikan nasihat-nasihat maupun ajakan serta informasi terkini.

Ceramah yang menggunakan tema pendidikan pada umumnya mengajak seseorang untuk semakin giat belajar dalam menggapai cita-cita. Simak terus artikel ini untuk memahami terkait ceramah bertemakan pendidikan.

Read More

Pengertian Ceramah

Ceramah merupakan sebuah pesan yang disampaikan dengan tujuan untuk memberi nasihat kepada para pendengar atau audiens.

Ceramah memiliki ciri yang tidak jauh berbeda dengan pidato. Penceramah menggunakan metode lisan yang disampaikan di depan audiens secara umum, salah satunya ketika upacara bendera atau upacara kenegaraan lainnya.

Ciri-Ciri Ceramah

Sama seperti metode penyampaian lisan lainnya yang dikenal, ceramah juga memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan yang lain.

Ciri yang pertama dari ceramah adalah memiliki struktur yang komplit mulai dari pendahuluan, yang diikuti dengan isi, lalu ditutup dengan penutup yang baik. Isi ceramah harus disesuaikan dengan tema yang dipilih dan tidak menimbulkan perselisihan di antara audiens.

Contoh Ceramah Tentang Pendidikan

Ceramah yang sering ditemui adalah ketika upacara Hari Pendidikan Nasional yang diselenggarakan setiap tahun sekali. Dalam upacara tersebut, penceramah menyampaikan ceramah tentang pendidikan dengan berbagai topik.

Selain menggunakan topik pentingnya pendidikan, penceramah juga menyampaikan informasi terbaru tentang pendidikan. Berikut ini beberapa contoh ceramah yang mengambil tema tentang pendidikan.

1. Contoh Ceramah Pendidikan #1

Pada contoh pertama ini akan diberikan pidato tentang pendidikan di era globalisasi. Berikut ini adalah contoh ceramah bidang pendidikan yang pertama:

a. Pembukaan

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Yang saya hormati jajaran guru dan kepala SMA Negeri Bulaksumur, dan seluruh murid SMA Negeri Bulaksumur yang berbahagia.

Pertama, sudilah kiranya kita untuk selalu memanjat kan rasa syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena tanpa rahmat Nya, kita semua tidak bisa berkumpul bersama dalam kondisi sehat lahir dan batin.

b. Isi

Hadirin yang saya hormati, globalisasi mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita semua. Dalam ceramah tentang pendidikan kali ini, saya ingin sedikit menyinggung pengaruh globalisasi terhadap pendidikan. Karena hal tersebut akan memberikan dampak kepada kita semua yang hadir saat ini dan dunia pendidikan secara luas.

Secara harfiah, globalisasi berasal dari kata global memiliki arti menyeluruh. Artinya globalisasi ini mempengaruhi segala aspek kehidupan kita, termasuk yang berkaitan dengan pendidikan. Berbeda dengan zaman dulu, ketika pendidikan harus dalam bentuk tatap muka di kelas, belajar menggunakan buku-buku tebal, lalu penjelasan di papan tulis. Perkembangan globalisasi, membuat berbagai perubahan signifikan pada dunia pendidikan.

Perubahan signifikan pada dunia pendidikan akibat globalisasi ini terlihat jelas dengan adanya internet. Internet adalah salah satu contoh lain dari pengaruh globalisasi tersebut. Rasanya semua orang saat ini menggunakan internet untuk berbagai keperluan, mulai dari menonton video, bermain game, hingga melakukan browsing ilmu-ilmu pengetahuan.

Perubahan dunia pendidikan akibat internet di era globalisasi ini memberikan beberapa manfaat. Yang pertama kini munculnya sistem belajar mengajar yang tidak menuntut harus dalam bentuk tatap muka. Para siswa maupun guru dengan bantuan internet tetap bisa saling bertukar informasi melalui berbagai platform online. Para siswa pun bisa belajar dari rumah dengan cara menyimak berbagai video tentang pendidikan yang menarik.

Kemudahan dalam mengakses informasi ini membuat baik para siswa maupun para guru untuk dapat menyerap informasi sebanyak-banyaknya dan meningkatkan kualitas masing-masing. Namun ternyata, ada dampak negatif pula yang diberikan globalisasi terhadap dunia pendidikan. Salah satu dari dampak negatif tersebut adalah penurunan kualitas moral siswa.

c. Penutup

Kemudahan akses informasi ini menjadi bumerang yang berbahaya bila tidak dibarengi  dengan adanya filterisasi terhadap konten-konten informasi yang ada. Konten-konten yang berbahaya bisa menyebabkan terjadinya penurunan kualitas moral generasi muda.

Oleh sebab itu, dalam ceramah kali ini kita bersama, semoga pengaruh globalisasi dapat memberikan manfaat yang besar bagi dunia pendidikan dengan tetap mempertahankan moral seluruh masyarakat. Terima kasih. Wassalamualaikum Wr Wb.

2. Contoh Ceramah Pendidikan #2

Pada contoh ceramah yang kedua adalah ceramah pendidikan yang dikaitkan dengan kemampuan pendidik. Berikut ini contoh ceramah yang dimaksud:

a. Pembukaan

Yang terhormat para hadirin, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Saya pribadi menyampaikan terima kasih kepada para hadirin sekalian yang menyempatkan waktunya untuk menghadiri acara ini.

b. Isi

Pendidikan dapat disebut sudah bermutu jika memberikan hasil yang nyata dalam kehidupan seseorang. Pendidikan disebut berhasil bila memberikan individu kemampuan dalam menjalin hubungan yang selaras, serasi, dan seimbang. Hubungan tersebut harus berlaku pada dirinya sendiri, sesama manusia, dan tentu saja pada Sang Pencipta alam semesta ini.

Dalam meningkatkan mutu pendidikan sangat erat kaitannya dengan peningkatan kemampuan guru dalam mengajar para siswanya di sekolah. Kemampuan ini tidak sebatas proses belajar mengajar di kelas saja, melainkan juga berkaitan dengan pengelolaan terhadap proses pendidikan secara umum yang dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan karakter siswa.

Oleh sebab itu, meningkatkan mutu guru akan memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan. Namun yang perlu dipahami adalah peningkatan mutu guru tidak cukup pada peningkatan kemampuan guru untuk mengajar di kelas. Peningkatan kualitas guru juga bertujuan untuk meningkatkan proses pendidikan para siswa.

Agar tujuan untuk meningkatkan mutu guru ini bisa tercapai, banyak hal yang bisa dilakukan seperti misalnya kegiatan pembinaan rutin. Kegiatan pembinaan rutin ini tidak hanya berlaku untuk pusat dan daerah, tetapi juga di lingkungan sekolah sekalipun.

Baca Juga: Apa Itu Teknologi ? Yuk Simak Selengkapnya

c. Penutup

Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan dalam ceramah tentang pendidikan yang berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan kali ini. Saya sampaikan terima kasih sebesar-besarnya.

Menyampaikan ceramah di depan audiens tentu bukan hal yang mudah. Sering berlatih sebelum acara berlangsung bisa menjadi sebuah tips yang baik sehingga penyampaian ceramah bisa berjalan lancar.

Tak lupa pilihlah topik yang menarik, terutama saat menyampaikan ceramah tentang pendidikan, agar para audiens tetap fokus dan tidak bosan.

Related posts