Rumah dan Dekorasi / Alat Makan dan Dapur /

Peralatan Minum

Gelas Unik Cocok untuk Bisnis atau Kado

Gelas merupakan salah satu perlengkapan makan yang harus ada di dapur. Rasanya tidak ada rumah yg tidak memiliki perkakas minum ini di dapurnya. Ada banyak sekali tipe yang bisa ditemui, mulai dari bahan dasar plastik, melamin, kaca, hingga kaleng.

Kebanyakan gelas terbuat dari bahan kaca dan seiring dengan berjalannya waktu, gelas mengalami modifikasi berkali-kali sehingga menghasilkan berbagai gelas baru mulai yang berkaki panjang hingga, berbentuk karakter, hingga yg penuh motif di sekitarnya.

Fungsinya pun tidak hanya untuk minum saja, dengan bentuk serta motif beragam, gelas unik pun kerap dijadikan suvenir atau bahkan dipajang sebagai hiasan di dalam lemari pajangan.

Sejarah Gelas di Dunia

Tempat minum yang digunakan oleh manusia modern tidak serta merta bentuknya seperti yg kerap kita gunakan. Dalam perkembangannya, benda ini pernah terbuat dari logam, batu, hingga tumbuhan seperti bambu yg mampu menampung air dengan sempurna. Setelah era tempat minum kuno, bangsa yang pertama kali dianggap mampu membuatnya adalah Mesir.

Pembuatan gelas awalnya berlangsung di abad ke-9, lalu berkembang dengan pesat hingga akhirnya ke kawasan Eropa dan Asia seperti Tiongkok dan Jepang. Berangkat dari sana, pengrajin tempat minum ini mulai bermunculan untuk menawarkan hasil terbaiknya kepada dunia hingga bertahan sampai sekarang.

Jenis-Jenis Gelas Unik Sesuai dengan Fungsinya

Selama ini kita hanya mengenal gelas sebagai alat minum air saja. Mau bentuknya seperti apa tidak masalah asal bisa menampung air. Namun, di dunia profesional, produk ini memiliki beberapa jenis dan juga fungsi. Berikut uraian selengkapnya.

  1. Old Fashioned Glass

    Biasanya memiliki ukuran kecil dan digunakan untuk minum cocktail atau minuman sejenisnya. Di rumah, gelas jenis ini jarang digunakan karena takarannya terlalu sedikit untuk minum air putih atau susu.

  2. High Ball

    Memiliki ukuran lebih tinggi. Cairan yang ditampung juga jauh lebih banyak. Di rumah, benda ini banyak digunakan untuk minum air es, susu, atau aneka minuman lainnya. Di kafe atau kelab malam, benda tersebut banyak digunakan untuk minuman campuran seperti tonic.

  3. Shoot Glass

    Ukurannya lebih kecil dari jenis old fashioned. Isinya juga hanya 1-2 Oz saja atau satu per tiga dari jenis old fashioned. Gelas ini banyak digunakan di bar yang menyajikan minuman beralkohol.

  4. Pilsner Glass dan Beer Mug

    Dua benda tersebut memiliki fungsi sama yaitu untuk tempat menyajikan bir. Untuk jenis pilsner memiliki bentuk ramping ke bawah dan mug mirip cangkir meski lebih tinggi dan tebal.

  5. Stem Glass

    Stem glass adalah jenis yang memiliki tangkai atau kaki. Jenis ini banyak digunakan untuk menyajikan cocktail atau wine.

Memilih Gelas Unik untuk Cafe

Kalau Anda adalah pemilik kafe, perhatikan hal-hal berikut sebelum membeli wadah penyaji minuman.

  • Cari bahan berkualitas sehingga tidak gampang pecah. Hal buruk sering terjadi di kafe, entah saat mencuci atau karena kelalaian konsumen. Dengan produk yang tahan banting, Anda tidak akan sering rugi akibat perkakas minum pecah.
  • Sesuaikan gelas dengan produk yg disajikan. Jangan sampai salah wadah saat menyajikan minuman karena bisa membuat konsumen kecewa.
  • Pilih yang menarik perhatian konsumen. Beberapa jenis wadah minuman bentuknya tidak lazim, tapi fungsinya tetap maksimal.
  • Jangan membeli bahan plastik kecuali yg aman dipakai untuk menyajikan minuman panas. Meski modelnya bagus, jangan langsung tergiur untuk membelinya.

Di Mana Bisa Membeli Gelas Unik dan Lucu?

Ada banyak toko perabotan yang bisa Kamu datangi baik di pasar ataupun di mal yg menjual gelas dalam berbagai model sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kalau Anda malas berbelanja langsung karena masalah jarak atau waktu, Qlapa.com siap membantu. Web yg menjual aneka kerajinan rumah tangga dan fesyen ini memiliki cukup banyak koleksi tempat minum. Anda bisa memilih aneka jenis gelas berkualitas dari produsen ternama. Cukup pilih, lakukan transaksi, dan tunggu produk yang diinginkan selamat sampai di rumah.

Gelas Unik untuk Kado

Selama ini banyak orang menganggap kalau kado selalu berhubungan dengan pakaian, boneka, atau hal menarik lainnya. Padahal, produk tempat minum gelas unik juga bisa digunakan sebagai kado, terutama mereka yang ingin membuat kafe atau baru saja membeli rumah dan belum memiliki perabot lengkap.

Sebelum menjadikan benda sebagai hadiah untuk rekan atau saudara, Anda harus memastikan kebutuhan dari calon penerima. Untuk memberikan kesan istimewa, Anda bisa memesan gelas unik dan lebih personal. Misal ada nama dari calon penerima atau foto mereka. Di Qlapa.com. beberapa pengrajin menerima pesanan custom.

Itu tadi beberapa hal tentang gelas dengan beragam model dan fungsinya. Kira-kira, produk mana yang ingin Kamu beli?