Gadget dan Peralatan / Alat Tulis dan Kantor /

Papan Tulis

Papan Tulis Kapur Bukan Lagi Hanya untuk Kegiatan Belajar

Papan tulis kapur adalah salah satu benda yang biasa digunakan di sekolah atau institusi pendidikan lain. Sebelum perannya mulai digantikan oleh whiteboard dan spidol, papan menjadi bagian tak terpisahkan dari aktivitas belajar mengajar di rsekolah. Di papan berwarna hitam atau hijau ini, guru akan menjelaskan bahan pelajaran sehingga para siswa bisa lebih memahaminya.

Sebagian sekolah kini menggantikan benda tersebut dengan whiteboard karena dianggap lebih praktis dan bebas dari dari serpihan debu kapur tulis yang digunakan. Meskipun demikian, eksistensi barang tersebut bukan berarti hilang begitu saja. Selain masih dipergunakan disejumlah sekolah, model kapur juga bisa ditemukan di kafe-kafe.

Lalu, apakah fungsinya sama dengan yang ada di kelas? Kafe memang tempat nongkrong, khususnya anak muda, bukan untuk kegiatan belajar mengajar. Jadi, buat apa ya benda seperti ini diletakkan di kafe?

Manfaat Papan Tulis Kapur untuk Cafe

Normalnya, ukuran biasa digunakan di ruang kelas cukup besar. Ini tentu disesuaikan berdasarkan kebutuhan para siswa. Berbeda halnya dengan produk yang ditujukan buat kafe. Sebagian berukuran lebih kecil plus model lebih artistik.

Nah, manfaat papan tulis kapur di kafe-kafe antara lain adalah:

  • Untuk menuliskan ucapan selamat datang kepada pembeli. Bisa dalam bentuk kalimat-kalimat menarik atau ilustrasi cantik. Tujuannya agar pembeli merasa diterima secara hangat.
  • Sebagai area untuk memperkenalkan kafe tersebut, khususnya kepada para pelanggan baru.
  • Untuk menampilkan daftar menu reguler atau unggulan hari ini. Keuntungan menggunakan metode ini adalah bisa diubah dengan mudah sesuai kebutuhan keadaan terbaru. Berbeda halnya jika daftar menu sudah tercetak di kertas.

Apakah Ada Papan Tulis Kapur di Qlapa?

Tentu saja ada. Qlapa adalah website yang menyediakan beragam kebutuhan dengan desain menarik namun tetap fungsional. Bukan hanya model biasa, item disini biasanya memiliki model artistik.

Salah satu model dapat Kamu dibeli adalah item dengan dekorasi bingkai. Bingkai pada furnitur tersebut menjadi elemen penegas, membuatnya tampil lebih elegan. Bingkai bisa terbuat dari kayu yang telah dihaluskan sehingga tampak cantik. Selain itu, ada pula papan tulis kapur dilengkapi kaki dan penyangga sehingga tidak ditempelkan di dinding, tetapi bisa berdiri sendiri.

Ada beberapa toko menjual papan di Qlapa, yaitu Keiko Wood Design, IZEMU, de Simply Crafty, Kite Design Studio, dan mijnboard. Masing-masing menawarkan produk khas dengan desain anti main stream. Anda bisa berkunjung ke sini dan memilih jenis sesuai selera, kebutuhan, maupun bujet dikantong. Yang termurah bahkan dijual seharga Rp30.000.

Alasan Menggunakan Papan Tulis Kapur Mini

Soal ukuran memang berpengaruh terhadap kegunaannya. Berbeda halnya dengan di sekolah-sekolah, papan tulis kapur ukuran mini tersebut biasanya digunakan untuk dua keperluan khusus, yaitu sebagai sarana belajar anak atau menampilkan informasi terkini pada sebuah kafe.

Mengapa untuk kedua keperluan tersebut tidak diperlukan ukuran besar? Pertama, karena kecil saja sudah mencukupi kebutuhan. Kedua, anak biasanya tidak bisa menjangkau area tinggi. Ketiga, supaya tidak menyita ruang tersedia.

Memilih Papan Tulis Kapur Murah

Nah, jika Anda ingin membeli sebuah item harga bersahabat, bermainlah pada ukuran. Semakin kecil produk, harganya pun akan semakin murah. Pertimbangan kedua adalah bahan kayu. Misalnya, ada jenis kasar dipasaran sehingga agak sulit dibersihkan. Harganya tentu lebih murah daripada yang bertekstur halus seperti barang pada halaman ini.

Model papan tulis kapur juga sangat berpengaruh. Untuk produk model standar, harganya pasti lebih murah dibandingkan model improvisasi. Ada bentuk karakter tertentu, ada yang ditambahkan dengan ornamen khusus, dan ada yang menawarkan kelebihan lainnya. Jadi, tidak mengherankan jika harganya bisa lebih mahal.

Memanfaatkan Papan Tulis Kapur Bekas

Sebenarnya, papan bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Asal warna dasarnya masih jelas, tetap bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Namun, jika tidak lagi diperlukan, Anda bisa menyulapnya menjadi furnitur lain. Misalnya, mempergunakan barang bekas pakai itu menjadi bahan baku untuk membuat lemari atau rak.

Jadi, papan tulis kapur sebenarnya masih eksis hingga saat ini. Meskipun kegunaannya kini sudah bergeser ke kafe-kafe dan bukan semata-mata untuk tujuan belajar mengajar. Bagaimana pun, kehadiran benda ini disebuah ruangan akan menampilkan kesan klasik, unik, dan lain daripada lainnya. Jika ingin menciptakan suasana interior seperti itu pada kafe milik Anda, produk ini bisa menjadi salah satu benda pendukung.