Rumah dan Dekorasi / Alat Makan dan Dapur /

Nampan dan Alat Saji

Nampan, Peralatan yang Tak Hanya Eksis di Dapur

Nampan atau yang juga dikenal dengan istilah baki, talam, atau dulang, merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang digunakan untuk menyajikan makanan atau minuman. Selain itu, benda yang umumnya berbentuk persegi, oval, atau lingkaran ini, juga digunakan oleh para pramusaji untuk mengantarkan pesanan kepada para pembeli.

Jika tidak menggunakan baki, cara menyuguhkan makanan atau minuman akan terasa kurang praktis dan elegan. Mengapa demikian? Pertama, karena benda ini memiliki ruang yang cukup luas sehingga bisa digunakan untuk membawa makanan dan minuman dalam jumlah agak banyak. Kedua, dalam adat masyarakat timur, akan terlihat tidak sopan menyentuh gelas seseorang, terutama pada bagian bibir gelas, pada saat menyuguhkan minuman.

Nampan Kayu yang Menciptakan Kesan Elegan

Menggunakan kayu sebagai elemen utama untuk membuat sebuah nampan atau alat tertentu akan menciptakan kesan elegan, anggun, sekaligus alami. Bahkan, tanpa perwarnaan apa pun, peralatan yang terbuat dari kayu bisa tetap terlihat unik dan indah dipandang. Ini disebabkan oleh zat warna yang berbeda-beda yang terdapat di dalam kayu.

Apabila diraba, kayu memiliki tekstur yang unik. Ada yang bertekstur halus seperti kayu giam, bertekstur sedang seperti kayu jati, dan bertekstur kasar seperti kayu meranti. Jenis serat kayu juga berpengaruh terhadap keunikan tampilannya. Ada serat berpadu, berombak, terpilin, dan diagonal.

Jadi, tidak mengherankan jika alat yang terbuat dari kayu ini bisa terlihat sangat cantik dan khas. Apalagi dengan penambahan ornamen tertentu, seperti ukiran atau lukisan bermotif batik, benda ini menjadi semakin terlihat artistik.

Nampan Bambu yang Membutuhkan Perhatian Khusus

Selain kayu, bahan pembuat lainnya adalah bambu. Bambu adalah material yang sangat fleksibel karena bisa digunakan sebagai bahan baku untuk membuat beberapa peralatan rumah tangga. Contohnya, gelas, tudung saji, talenan, keranjang, dan sebagainya.

Nah, jika Anda memilih bambu sebagai bahan baku untuk melengkapi alat-alat dapur, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan; Pertama, bambu rentan lembap dan berjamur jika terkena air. Oleh karena itu, usahakan agar peralatan makan yang diletakkan di atasnya bebas air. Meskipun hal ini sulit dihindari, setidaknya bisa diminimalisasi.

Kedua, air juga bisa membuat bambu menggelembung. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus, bambu bisa retak. Jadi, supaya nampan bambu tidak cepat rusak, segera keringkan benda ini setelah dicuci atau terkena air.

Keunggulan Nampan dari Bambu

Selain kelemahannya, ada pula beberapa keuntungan menggunakan perabotan dari bambu, yaitu:

  • Terlihat alami. Pada umumnya, warna bambu adalah hijau hingga kuning muda. Kesan alami ini bisa tetap dipertahankan dengan mengaplikasikan sejenis cat transparan seperti pernis. Meskipun tidak mengubah tampilannya, penggunaan cat akan membuat bambu lebih tahan lama.
  • Dibandingkan kayu, bambu memang lebih ringan. Nah, sebagai bahan pembuat kerajinan, bambu tentu sangat cocok. Membawa makanan dalam jumlah banyak pun tidak akan terasa berat.
  • Mudah dibentuk. Dengan peralatan sederhana, bambu bisa dibentuk sesuai keinginan dan selera. Meskipun demikian, Anda dianjurkan untuk berhati-hati supaya material bambu tidak cepat rusak atau retak pada saat sedang dibentuk.

Di Mana Tempat Jual Nampan Kayu Murah?

Jika Anda ingin mencari dan membeli nampan kayu dengan harga yang murah, cobalah berkunjung ke Qlapa.com. Di sini, Anda bisa mendapatkan beragam pilihan menarik. Model dan bentuknya bermacam-macam. Ada yang polos, berbentuk kotak, berukir batik, lebar, atau panjang.

Anda bisa memperoleh benda ini dengan harga mulai dari Rp25.000. Cukup murah, bukan? Tidak hanya murah, semua produk yang dijual di toko-toko ini juga tetap mengedepankan kualitas.

Cara Merawat Nampan Kayu Jati

Nah, jika Anda kebetulan membeli nampan yang terbuat dari kayu jati, supaya awet, terapkanlah beberapa tips berikut ini.

  • Hindari dari kondisi basah. Jika perlu, lap saja bagian yang kotor dengan lembut sehingga benda ini tetap bersih.
  • Jangan digeser. Bagaimana pun, kayu jati mudah tergores. Untuk menjaga tampilannya tetap menarik, pindahkanlah benda ini dengan cara mengangkatnya.
  • Bahan kayu jati rentan rusak jika terkena panas matahari. Oleh karena itu, jangan jemur benda ini dalam jangka waktu yang lama.

Daftar Harga Nampan Kayu

Nampan kayu berdesain minimalis bisa didapatkan dengan harga Rp25.000 per buah. Namun, untuk motif dan bentuk yang lebih aktraktif bisa lebih mahal dari itu. Bahkan, ada juga yang berharga sekitar Rp725.000. Ini adalah harga yang pantas untuk sebuah benda yang memiliki desain yang sangat indah.

Bukan hanya untuk menaruh makanan atau minuman, standing tray ini pun bisa menjadi dekorasi ruangan. Daftar harga lainnya juga bisa dilihat di website Qlapa.com.

Berdasarkan bahan dan modelnya, alat rumah tangga yang satu ini sebenarnya sangat variatif. Dengan demikian, benda ini tidak lagi hanya terbatas sebagai peralatan dapur, tetapi juga aksesori pemanis suasana.