Gadget dan Peralatan / Traveling /

Korek Api

Korek Api Unik, Bukan Sekadar 'Senjata' Wajib Bagi Perokok

Korek api unik tak ubahnya sebuah gaya hidup. Membahas tentang barang ini, pikiran kita pastilah berkorelasi dengan pria perokok. Tidak salah memang, karena kenyataannya hampir semua perokok memiliki satu atau dua di saku atau di dalam tas. Menjadi perokok sudah otomatis membuat mereka siap lebih dulu dengan pemantiknya.

Pada umumnya, jenis yang sering ditemui berbentuk korek batangan atau gas biasa. Namun bagi sekelompok orang eksentrik, model korek standar kurang menarik. Itu sebabnya mereka mencari design unik untuk menunjang gaya merokoknya atau sekadar untuk dikoleksi.

Apakah Kamu Tahu Jenis Korek Berikut Ini?

Sebelum membahas tentang lebih jauh, mari kenali dulu, beberapa jenisnya di bawah ini:

  1. Batang kayu. Biasa disebut produk batangan, korek api tradisional ini sudah tidak populer lagi di kalangan perokok. Produk ini lebih sering digunakan untuk keperluan rumah tangga.
  2. Korek Mancis. Jenis mancis pertama kali disebut sebagai korek gas. Mancis termasuk cukup populer, karena mudah didapatkan, serta harganya relatif murah. Namun demikian, jenis mancis tidak tahan lama karena batu apinya kurang, serta perlu dua atau tiga kali gesek supaya apinya keluar.
  3. Korek bara. Tidak jauh berbeda dari jenis gas, tipe bara juga menggunakan pemantik untuk menyalakannya. Bedanya, bukan api yang muncul saat pemantik dinyalakan, melainkan bara api. Varian ini cukup unggul karena saat menyala baranya tidak mati meskipun terkena angin kencang. Cocok untuk dipakai saat pergi keluar, misal untuk nelayan, naik gunung atau memancing.
  4. Korek Cricket. Salah satu varian yg harganya sedikit lebih mahal. Hanya butuh sekali gesek api pun menyala keluar.
  5. Korek Zippo. Sebenarnya Zippo adalah nama merek dagang dari Amerika. Namun saking populernya, penggunaan kata Zippo sendiri seolah menggantikan namanya. Zippo terkenal dengan suara "kling" saat tutupnya dibuka kemudian api menyala. Desainnya unik beragam membuatnya sangat digemari. Tak heran jika harganya pun cukup mahal.

Korek Api Unik dan Lucu Anti-mainstream

Tahukah Anda, sekarang banyak produk didesain dalam model unik bahkan lucu, membuatnya tidak sekadar sebagai alat pemantik, tapi juga layak dikoleksi. Berikut beberapa model nan bisa ditemui:

  1. Bentuk permen karet Doublemint. Sekilas, orang akan mengira benda bungkus permen karet, tetapi ternyata sebuah korek api unik. Lucu bukan?
  2. Bentuk emas batangan. Jangan letakkan benda ini di tempat mencolok. Salah-salah orang akan mengira itu adalah emas batangan. Meski bukan emas batangan betulan, harganya lumayan mahal, lho.
  3. Bentuk granat. Bagi pencinta peralatan militer, jenis ini pasti menggiurkan untuk dikoleksi.
  4. USB flash drive lighter. Adalah sebuah pemantik sekaligus USB built in dengan kapasitas 8GB. Jenis tersebut cocok untuk Anda yang menyukai kepraktisan.

Grosir Korek Api Gas Unik untuk Kebutuhan Pemantik Anda

Berburu dengan harga grosir tentu gampang-gampang susah. Pastikan harganya benar-benar cocok dan penjual grosirnya tepercaya. Di internet, kamu bisa menemukan sejumlah toko online yang menjualnya secara grosir, beberapa di antaranya ada di Qlapa.com.

Uniknya Korek Api Terbaru 2018

Tren korek api unik hampir sama seperti fashion. Namun, jenis paling populer dan banyak dicari masih didominasi oleh jenis Zippo. Meski harganya mahal, para kolektor tetap memburunya. Jenis Zippo memang diproduksi dalam berbagai macam desain signature.

Bentuk lainnya yg juga populer di tahun 2018 adalah jenis cricket dan variasi bentuk unik lainnya, seperti yang berbentuk gantungan kunci, skuter, granat, peluru, pisau lipat, jet, dan masih banyak lagi.

Tips Perawatan Korek Api Zippo

Untuk Anda yang ingin mulai mengoleksi korek unik Zippo, berikut ada beberapa tips yg bisa diikuti untuk menjaganya agar tetap berkualitas.

  1. Jangan mengisi zippo terlalu banyak. Sering orang mengira isi bahan bakar hingga luber membuat zippo lebih tahan lama. Padahal hal itu justru membuat isi zippo cepat habis. Tidak hanya itu, pengisian berlebihan juga berbahaya karena zippo akan mudah terbakar.
  2. Potong sumbu warna hitam. Sumbu yang menghitam menandakan sumbu tidak mampu menyerap bahan bakar. Akibatnya isi zippo akan lekas habis atau apinya jadi kecil. Untuk itu potonglah segera dengan menggunakan pinset atau gunting kuku. Setelahnya ganti segera dengan sumbu baru di toko zippo.
  3. Sedia stok batu api untuk cadangan. Selain isi, batu api atau flint adalah bagian zippo yang juga cepat habis. Sediakan satu atau dua batu api di dalam zippo supaya zippo dapat terus digunakan.

Sarung Korek Api Unik Murah dari Qlapa

Salah satu cara untuk merawat adalah dengan memakaikan casing atau pembungkus khusus untuk melindungi permukaannya. Pelindung tersebut biasa disebut lighter case. Di Qlapa.com banyak sekali jenis lighter case yang bisa Anda pilih dengan bahan dan harga bervariasi.

Umumnya bahan untuk sarung yang populer adalah bahan kayu mahoni, kayu jati belanda, dan bahan kulit. Dengan sentuhan kerajinan handmade unik berkelas, sarung ini bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau. Selain itu, beberapa produk sarung korek api unik handmade ini bisa di-custom sesuai keinginan, lho.