Pakaian dan Aksesoris /

Aksesoris

Aksesoris Handmade

Aksesoris handmade merupakan hiasan pelengkap tubuh yang dibuat dengan buatan tangan manusia. Aksesoris seperti gelang, kalung, cincin, anting, bando, serta aksesoris lainnya telah banyak diproduksi dan dijual ke dalam bentuk handmade. Terkadang aksesoris handmade sering diartikan sebagai buatan tangan yang hanya memanfaatkan barang-barang bekas tak terpakai, sehingga nilai yang disampaikan terkesan biasa saja dan tidak menarik. Padahal tidak semua aksesoris handmade selalu memanfaatkan barang bekas. Banyak aksesoris handmade yang dibuat dari bahan siap pakai dan masih baru, kemudian dikreasikan sedemikian rupa agar tercipta sebuah aksesoris handmade modern, dengan tambahan hiasan yang memanfaatkan sumber daya alam. Asal usul aksesoris handmade tidak dapat dipastikan secara tepat mengingat semua orang bisa membuat aksesoris handmade sendiri. Selama pembuatan aksesoris tidak melibatkan mesin produksi, aksesoris tersebut sudah dapat dikatakan sebagai aksesoris handmade meski hanya terbuat dari tali benang dan hiasan sederhana.

Beli Aksesoris Handmade

Meski sudah banyak tersedia tutorial membuat aksesoris handmade sendiri, namun membeli aksesoris handmade tidak menutup suatu kemungkinan karna tidak semua aksesoris handmade dapat kita buat sama persis sesuai contoh yang kita inginkan. Ada beberapa aksesoris handmade yang membutuhkan keahlian khusus dalam membuatnya dan juga dibutuhkan kesabaran ekstra. Ngomong-ngomong soal membeli aksesoris handmade, bisa kamu dapatkan dari situs Qlapa, situs yang menjual berbagai aksesoris handmade unik untuk pria dan wanita, anak-anak hingga orang tua. Dari yang simple kasual hingga mewah elegan, untuk acara-acara santai maupun resmi semua koleksi dari Qlapa lengkap, dijamin cocok banget sesuai selera kamu. Selain itu pastinya semua aksesoris handmade yang kamu beli dari Qlapa asli buatan tangan para pengrajin lokal di mana masing-masing produk tidak akan sama persis satu sama lain secara detail.

Memilih Aksesoris Handmade

Rasanya penampilan zaman sekarang kurang menarik bila tidak dipadukan dengan aksesoris handmade. Hal-hal yang berbau handmade memiliki kesan tersendiri bagi pemakainya. Namun memilih aksesoris handmade yang pas juga ada cara tersendiri, bahkan masih bisa dibilang cukup sulit karna takut gak cocok, takut terlalu menor, takut warna yang dipilih norak, dan masih banyak lagi. Sebenarnya memilih aksesoris handmade cukup mudah. Point terpenting adalah kamu harus bisa sesuaikan dengan ukuran badan. Kalau tipe badan kamu besar, gunakan aksesoris handmade yang agak besar, dan sebaliknya jika tipe badan kamu kecil, gunakan aksesoris handmade yang agak kecil. Sesuaikan juga dengan gaya berpakaian. Kalau kamu menghadiri acara pesta resmi, pastinya gaya berpakaian kamu akan lebih formal dan sebaiknya gunakan aksesoris handmade dengan warna terang dan hiasan yang ramai namun elegan seperti mutiara, kristal, dan sejenisnya. Untuk acara-acara santai kamu bisa padukan dengan aksesoris handmade yang simple dan santai, dengan warna-warna polos.

Merawat Aksesoris Handmade

Agar barang-barang handmade yang kita gunakan awet dan tidak mudah rusak, sebaiknya hindari kegiatan atau aktivitas yang dapat merusak bahkan dapat menghilangkan aksesoris handmade yang kita gunakan. Jika resiko hilang atau rusaknya tinggi, sebaiknya aksesoris handmade tidak digunakan terlebih dahulu. Jika aksesoris handmade sedang tidak terpakai, simpan pada kotak penyimpanan agar terhindar dari debu dan kotoran. Aksesoris handmade sebaiknya disimpan ditempat yang terpisah dengan aksesoris lainnya agar terhindar dari gesekan satu sama lain. Hindari kontak langsung dengan lotion, parfum, obat nyamuk, dan bahan kimia sejenisnya agar aksesoris handmade tidak rusak, karna bahan-bahan kimia dapat merusak keindahan dari aksesoris handmade tersebut. Hindari juga kegiatan yang berhubungan dengan keringat karna sifatnya yang asam akan dengan cepat membuat aksesoris handmade kita pakai rusak.