Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

  • Whatsapp

Memiliki kendaraan pada saat ini adalah salah satu hal yang penting mengingat tingkat mobilisasi yang juga semakin besar. Salah satu kendaraan yang bisa dikatakan paling nyaman di antara yang lainnya adalah mobil.

Keberadaan mobil ini memudahkan berpindah tempat juga memuat banyak orang tanpa kepanasan. Tetapi perlu diingat untuk pintar memiliki asuransi mobil terbaik.

Read More

Tingkat penggunaan mobil di Indonesia sendiri tergolong sangat tinggi apalagi di kota-kota besar yang mengakibatkan kemacetan dan ramainya jalanan.

Karena tingkat penggunaan yang tinggi, kecelakaan mobil juga merupakan salah satu hal yang juga meningkat. Belum lagi keberadaan jenis kecelakaan lain seperti misalnya banjir ataupun bencana alam yang membuat pusing kepala.

Pentingnya Keberadaan Asuransi

Keberadaan kecelakaan sendiri dari tahun ke tahun semakin meningkat terbukti dari catatan kepolisian selama 2019 terjadi 107.500 kasus. Adanya angka kecelakaan ini tergolong sangat tinggi dengan tingkat resiko kematian yang juga tinggi.

Kominfo sendiri mengeluarkan fakta bahwa setiap jamnya terdapat 3 orang yang meninggal akibat kecelakaan kendaraan bermotor.

Kecelakaan mobil juga menjadi salah satu yang paling sering terjadi setelah kecelakaan sepeda motor karena memang penggunaannya lebih rendah.

Ketika terjadi kecelakaan, biasanya kebingungan terjadi tidak hanya pada kerusakan yang dialami saja tetapi juga masalah biaya perawatan korban. Keberadaan asuransi-lah yang mengambil peran penting untuk menjamin hal tersebut.

Mobilitas di kota besar yang mencapai 80% dilakukan dengan mobil juga semakin menunjukkan tingginya pemakaian dan juga resiko.

Asuransi mobil terbaik bisa memberikan proteksi pengganti biaya ketika terjadi kecelakaan yang termasuk dalam kategorinya (paket yang diambil).

Asuransi dalam hal ini bisa mendorong keberadaan pikiran yang lebih damai tanpa khawatir saat berkendara.

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Keberadaan asuransi saat ini sudah menjamur dimana-mana dengan penyedia layanan yang semakin beragam dan berbagai program berbeda.

Menjadi sangat penting saat ini menentukan penyedia asuransi mana yang akan digunakan mengingat banyaknya pilihan. Berikut ini adalah beberapa tips memilih asuransi mobil dan juga hal yang perlu diperhatikan di dalamnya.

1. Bandingkan Premi dan Manfaat

Ketika memilih asuransi, semakin mahal premi yang harus dibayarkan biasanya akan sebanding dengan kualitas pelayanan dan perlindungan yang diberikan.

Tetapi jangan mudah tertipu, premi mahal bisa saja memberikan perlindungan yang tidak sebanding begitu juga pada premi murah. Premi murah memang hadir dengan bayaran rendah tapi dengan perlindungan sedikit saja.

Pastikan untuk membandingkan bagaimana pelayanan yang diberikan juga karena biasanya ada beberapa penyedia layanan yang tergolong rumit.

Banyak resiko yang bisa diterima oleh mobil tanpa ada jaminan cover dari asuransi yang sudah diikuti. Tentu jangan hanya survey pada satu penyedia jasa saja, pastikan juga melihat jasa lain.

2. Perhatikan Biaya dan Kondisi Mobil

Saat melakukan klaim atas kerusakan yang terjadi pada mobil di asuransi, biasanya terdapat beberapa biaya yang perlu dibayarkan. Keberadaan biaya ini seringkali dilupakan padahal seringkali cukup banyak menghabiskan uang.

Asal klaim juga tidak bisa dilakukan karena kadang biaya klaim lebih tinggi daripada biaya perbaikan mobil.

Hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah memeriksa kondisi mobil sebelum diasuransikan. Ini sangat penting untuk diperhatikan, bahkan bisa meminta terlebih dahulu catatan kekurangan mobil saat diasuransikan.

Hal ini karena kerusakan pada mobil yang terjadi sebelum asuransi biasanya tidak bisa diklaim sehingga tidak kaget lagi nantinya.

3. Berhati-hati Menggunakan Mobil

Hal yang tidak disadari biasanya adalah tingkat keseringan mobil menerima klaim maka bisa jadi selanjutnya harga premi juga ikut naik.

Kondisi saat ini dimana masyarakat sudah mengerti pentingnya asuransi membuat penyedia asuransi tidak perang premi yang dibayarkan lagi.

Kebutuhan penggunaan asuransi saat ini lebih dibebankan pada pemilik mobil daripada penyedia layanan jadi sewaktu-waktu bisa menaikkan harga premi.

Jika tidak mau maka penyedia layanan akan membiarkan mencari badan lain dan akan membuat kesulitan karena riwayat kendaraan yang buruk.

4. Premi Disesuaikan dengan Harga Mobil

Hal lain yang perlu diperhatikan untuk masalah asuransi ini sebenarnya dilakukan sebelum membeli mobil karena berkaitan dengan preminya. Ketika sudah memutuskan untuk membeli mobil dengan harga cukup mahal, maka premi yang dibebankan sudah pasti lebih besar nantinya.

Pastikan harga mobil yang dibeli lebih masuk akal dengan jenisnya juga yang memiliki sparepart lebih murah. Sebelum membeli, akan lebih baik jika terlebih dahulu mengecek harga pasaran pada saat tahun awal pembelian dan jenis kendaraannya.

Asuransi Mobil Terbaik

Beberapa rekomendasi asuransi mobil terbaik dapat dilihat dari banyaknya pelanggan juga lama waktu pelayanan sejak pertama berdiri. Dalam hal itu sudah dirangkum beberapa penyedia asuransi terbaik yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

1. Jasaraharja Putera

Siapa yang tidak mengenal jasa asuransi unggulan yang sudah berdiri sejak 1993 ini di Jakarta? Asuransi ini memberikan jaminan segala resiko yang bisa dialami oleh mobil mulai dari kerusakan, kecelakaan, bahkan kehilangan mobil.

Jadi semua kemungkinan buruk yang menimpa mobil bisa diatasi dengan berlangganan pada badan ini.

2. Asuransi Sinarmas

Selain Jasaraharja, salah satu penyedia asuransi terbaik juga patut diberikan pada Sinarmas dengan tiga produk unggulan TLO dan TPL, TPL, ataupun comprehensive TPL.

Asuransi Sinarmas biasanya menjamin berbagai hal unik seperti misalnya kecelakaan pada penyeberangan kapal feri yang jarang bisa diberikan badan lain.

Baca Juga: Langkah Cerdas Menabung Untuk Tabungan Pendidikan Anak

3. Asuransi Allianz Utama Indonesia

Sebagai salah satu perusahaan asuransi yang mendunia, sudah sepatutnya Allianz juga mendapat tempat dalam deretan penyedia asuransi terbaik.

Allianz ini bisa memberikan ganti rugi secara penuh sama dengan harga asli mobil tersebut dengan persyaratan tertentu. Keberadaan badan ini juga memberikan jaminan dalam kerusakan akibat bencana alam hingga cedera badan yang dialami pengendara.

Jadi itulah dia beberapa hal yang perlu diketahui tentang asuransi mobil terbaik beserta beberapa rekomendasinya.

Keberadaan asuransi sangat penting untuk mengurangi beban biaya yang harus ditanggung saat terjadi hal yang tidak diinginkan. Tetapi, jangan lupa untuk tetap memperhatikan kualitas layanan penyedianya juga ya.

Related posts