Daftar Aplikasi Video Call Meeting untuk Online Class dan juga Online Meeting

  • Whatsapp

Pandemi ini telah menyebabkan berbagai kegiatan yang biasa dilakukan sehari-hari harus terhenti. Kegiatan-kegiatan penting seperti bekerja dan pergi ke sekolah menjadi salah satu kegiatan yang dilarang di masa pandemi. Beruntungnya di masa modern seperti sekarang ini ada banyak aplikasi video call meeting yang dapat digunakan untuk menggantikan kegiatan tersebut.

Aplikasi Video Call Meeting

Proses pembelajaran dan juga meeting kantor semuanya sudah dapat dilakukan secara online. Tak hanya efisien, beberapa aplikasi video call meeting juga akan memudahkan proses diskusi karena dapat dilakukan dimana dan kapan saja. Berikut ini adalah daftar beberapa aplikasi video call meeting terbaik yang direkomendasikan untuk kegiatan meeting dan pembelajaran online:

1. Zoom

Nama aplikasi Zoom sudah meroket semenjak pandemi corona ini bermula. Aplikasi dengan logo biru muda ini sudah menjadi salah satu aplikasi utama yang digunakan untuk mengadakan meeting dan kegiatan pertemuan online lainnya. Zoom menawarkan penggunanya pengalaman video call yang simple dan sederhana sehingga semua kalangan usia dapat menggunakan aplikasi ini.

Salah satu kelebihan utama dari Zoom adalah kapasitas meetingnya yang luar biasa. Zoom memfasilitasi penggunanya dengan meeting yang berkapasitas hingga ratusan orang. Selain itu, di dalam aplikasi Zoom ini penggunanya juga dapat berinteraksi dengan fitur chatting, audio-only, video, dan masih banyak fitur lainnya.

2. Google Meet

Aplikasi Google Meet merupakan salah satu aplikasi video call meeting paling terkenal selain aplikasi Zoom. Google Meet menawarkan berbagai fitur-fitur yang tak kalah menarik dengan para pesaingnya. Hal yang paling menonjol dari aplikasi besutan Google ini adalah desain aplikasinya yang simple namun menarik.

Google Meet juga menyediakan berbagai pilihan tampilan layout untuk meeting onlinenya. Pengguna dapat memilih sendiri mana tampilan layout yang dibutuhkan atau paling menarik. Yang hebatnya lagi, dalam Google Meet disediakan fitur live caption dimana sistem dapat mendeteksi secara otomatis apa yang dibicarakan dalam meeting dan menerjemahkannya ke dalam subtitle. Fitur ini tentunya sangat berguna untuk pengguna dengan disabilitas.

3. Cisco Webex Meetings

Cisco Webex Meetings menjamin penggunanya keamanan sehingga tidak perlu takut lagi akan ada orang tak dikenal masuk ke dalam meeting atau data-data pengguna dicuri. Pengguna Cisco Webex Meetings dapat menjadwalkan sebuah meeting, nantinya sistem Cisco akan langsung masuk ke dalam meeting sesuai dengan jadwal secara otomatis. Cocok sekali untuk pengguna yang sering kelupaan atau tertinggal meeting online.

Selain itu, Cisco Webex juga dapat mendeteksi suara kebisingan atau background noise dari pengguna dan menghilangkannya agar proses meeting menjadi lebih lancar dan efektif. Cisco Webex sudah mendapat ulasan yang baik dan telah memperoleh rating 4,2 dari 5 di Playstore. Aplikasi ini juga telah tersedia di berbagai perangkat seperti iOS, Android, PC, dan juga laptop.

4. Skype

Sebelum pandemi corona ini, aplikasi Skype sudah sering sekali dipakai untuk video call. Dahulu Skype hanya dapat digunakan untuk video call dengan jumlah peserta yang sedikit. Namun sekarang namanya kembali mencuat karena aplikasi Skype sudah menyediakan fitur video call dengan banyak peserta. Skype sudah dapat menampung meeting online hingga 50 orang.

Salah satu kelebihan dari Skype yang tidak dimiliki oleh aplikasi meeting online lainnya ialah Skype tidak membatasi durasi meeting. Jika pada aplikasi lain pengguna hanya dapat mengadakan meeting yang berdurasi 30-60 menit, pengguna Skype dapat mengadakan meeting dengan durasi tanpa batas. 

Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat mengakses website resmi Skype atau dapat juga mengunduh aplikasinya khusus di Appstore maupun Playstore. Hebatnya lagi, pengguna aplikasi tidak perlu melakukan registrasi terlebih dahulu untuk mengadakan atau bergabung dengan meeting. Hal ini tentunya sangat efisien dan memudahkan kegiatan meeting online.

5. Microsoft Teams

Walaupun sama-sama dikembangkan oleh Microsoft, namun Skype dan Microsoft Teams mempunyai fitur dan manfaat yang cukup berbeda. Microsoft Teams merupakan aplikasi yang sudah dirancang dengan khusus untuk bisnis dan juga organisasi. Aplikasi ini sudah terkoneksi langsung dengan Office 365 yang membuat pekerjaan akan menjadi lebih cepat dan mudah dikerjakan.

Microsoft Teams mungkin merupakan salah satu aplikasi meeting online dengan kapasitas peserta yang paling banyak. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mengadakan meeting dengan kapasitas hingga 10.000 orang. Jumlah yang sangat fantastis untuk sebuah meeting online. 

Semua fitur yang fantastis ini sayangnya tidak didapatkan secara gratis. Untuk menggunakan berbagai fitur yang lengkap ini, pengguna harus berlangganan dan membayar 39 ribu sampai 159 ribu rupiah. Harga ini hanya berlaku untuk satu pengguna atau satu akun.

Sekian pembahasan dan juga ulasan singkat mengenai aplikasi video call meeting yang sangat direkomendasikan untuk mengadakan meeting atau pembelajaran online. Masing-masing aplikasi tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semoga informasi dan ulasan singkat yang sudah disebutkan di atas tersebut bermanfaat.

Related posts