7 Aplikasi Pendeteksi Judul Lagu Terhits! Jutaan Lagu Bisa Terdeteksi!

  • Whatsapp
Aplikasi Pendeteksi Judul Lagu

Teknologi yang berkembang begitu pesat turut memudahkan para penggunanya dalam keseharian maupun lainnya. Begitu pula dengan mengetahui judul dari sebuah lagu yang bisa gampang diketahui hanya dengan dekatkan asal suara ke aplikasi. Banyak juga aplikasi pendeteksi judul lagu yang dapat dipakai saat ini sehingga jangan sampai tertipu dengan yang abal-abal.

1. Shazam

Shazam adalah aplikasi pendeteksi judul lagu yang pertama. Software ini sudah dipakai oleh ratusan juta user di dunia ini. Hal itu karena Shazam bukan hanya diperuntukkan bagi platform android saja. Namun Shazam juga diperuntukkan bagi platform lain, bahkan untuk Personal Computer sekaligus.

Hal tersebutlah yang membuat Shazam dapat memenangkan hati para penggunanya. Aplikasi tersebut juga didukung dengan pemakaian yang terbilang super mudah. Yang pengguna lakukan hanyalah mendekatkan handphone ke asal suara, nantinya judul lagu akan terdeteksi dengan sendirinya. Selain itu, aplikasi tersebut bisa dipakai saat di luar maupun dalam jaringan.

2. Musixmatch

Developer dari Musixmatch merupakan orang berdarah Italia yang dikembangkan dalam beberapa varian ukuran. Varian ukuran dari aplikasi tersebut disesuaikan dengan platform yang pengguna akan pakai. Karena Musixmatch tidak hanya tersedia untuk platform android saja, akan tetapi dapat pula dipakai untuk iOS bahkan Windows.

Beragam fitur yang ditawarkan oleh Musixmatch benar-benar dapat membuat penggunanya setia memakainya. Salah satu fitur yang ditawarkannya ialah pengguna tidak hanya bisa mencari tahu judul lagu saja, namun juga informasi lainnya. Contohnya pembuat, yang mempopulerkan, album, dan tahun rilisnya. Lengkap sekali, bukan? Musixmatch juga telah diunduh 50+ juta pengguna.

3. Music Recognition

Sesuai dengan penamaannya, Music Recognition ialah aplikasi pendeteksi judul lagu berikutnya. Music Recognition dapat mengenali berjuta-juta lagu yang ada di seluruh penjuru dunia ini. Aplikasi tersebut diatur untuk dapat mengenali lagu sekaligus tentang penyanyi bahkan beberapa lagu yang dibawakannya. Software tersebut juga sangat ringan sehingga dapat dipakai untuk handphone kentang.

Software atau aplikasi tersebut sudah memiliki peminat setianya sendiri karena size dan kehandalannya. Penggunanya saja juga dimanjakan dengan aplikasi tersebut karena dapat berhubung langsung dengan Youtube. Music Recognition ini juga hanya diperuntukkan bagi platform android saja, lho sekaligus dapat diunduh secara gratis di playstore.

4. Music Detector

Aplikasi Music Detector memiliki developer yang sama dengan aplikasi sebelumnya. Yap, Music Recognition. Karena developernya sama, tak mengherankan keduanya memiliki kehandalan yang hampir serupa. Music Detector bukan cuma menampilkan judul lagunya dan penyanyi vokal saja, akan tetapi lengkap dengan informasi detail lainnya. Keren banget, kan?

Penggunaan software tersebut juga terbilang gampang sekaligus cocok untuk pengguna dengan RAM kentang. Bagaimana cara pakainya? Caranya dengan dekatkan suara ke software ini, lalu dengan sendirinya akan mencari tahu judul dari lagu tersebut. Pencariannya tidak memakan banyak waktu dan kurang dari 30 detik, lho.

5. MusicID

MusicID merupakan aplikasi pendeteksi judul lagu besutan dari Gravity Inc. Dengan size yang tidak besar, software ini ikut meramaikan dunia deteksi judul lagu. Software ini juga menampilkan beragam informasi lainnya dengan lengkap tak hanya judul saja, lho. Yang lebih mengesankan, terdapat menu eksplor yang membuat penggunanya semakin dimanjakan.

Pemakaian MusicID juga hampir sama dengan aplikasi detektor lainnya. Yaitu suara lagu yang ingin dicari tahu tersebut ke handphone pengguna. Nantinya, judul lagu akan terpampang di display tampilan handphone lengkap dengan informasi lainnya. Terdapat 500.000 pengguna di dunia dan sudah memiliki banyak ulasan pemakaian positif di playstore.

6. Google Assistant

Siapa sangka jika Google Assistant dapat digunakan untuk mendeteksi judul sebuah lagu. Di beberapa tipe ponsel, software ini bahkan sudah menjadi software bawaan sehingga pengguna tidak perlu mengunduh ulang. Bagi yang belum ada bisa mengunduhnya di Play Store secara gratis. Selain mendeteksi judul lagu, Google Assistant juga dapat digunakan untuk berbagai hal.

Contohnya adalah mencari nomor kontak pada ponsel hingga mengirim pesan secara otomatis hanya dengan perintah suara. Google Assistant banyak disukai karena memiliki banyak kemudahan bagi penggunanya. Untuk mendeteksi sebuah lagu, pengguna cukup memutar lagu tersebut pada tampilan Google Assistant. Nantinya judul lagu akan langsung ditampilkan lengkap dengan link Youtube.

7. SoundHound

Di urutan terakhir ada software asal Amerika yang bernama SoundHound. Cukup sisakan penyimpanan sebesar 20mb untuk membawa software canggih ini ke ponsel pengguna. Dengan berbekal potongan kecil lirik lagu, software ini dapat langsung mengetahuinya dengan cepat. Tidak hanya cepat dalam mendeteksi sebuah lagu, SoundHound juga terkenal sangat akurat.

Memang banyak sekali aplikasi pendeteksi judul lagu di era sekarang ini. Di atas merupakan beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mengetahui judul lagu yang ingin pengguna dengarkan. Aplikasi di atas dijamin tidak akan mengecewakan penggunanya, terdapat jutaan judul dan beragam genre lagu yang dapat dideteksinya. Wajib unduh salah satunya!

Related posts