6 Aplikasi Pembuat Komik yang Digunakan Profesional!

  • Whatsapp

Saat ini membaca komik menjadi kegemaran banyak orang. Banyak komik-komik dari luar negeri maupun dalam negeri yang telah mendunia dan dibaca banyak orang. Membuat komik memang membutuhkan keahlian khusus dan berbagai peralatan seperti gadget, pc, pentab, atau aplikasi pembuat komik.

Aplikasi Pembuat Komik

Dulu, para komikus harus menggambar satu per satu gambar di kertas, lalu di-scan untuk dijadikan versi digital. Akan tetapi, saat ini sudah banyak tersedia aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat komik sendiri. Berikut 6 aplikasi pembuat komik yang bisa  digunakan di pc maupun Android!

1. Clip Studio Paint

Clip Studio Paint atau yang dikenal sebagai Manga Studio sebelumnya telah menjadi pilihan banyak komikus di seluruh dunia. Software ini memang memiliki banyak tool dan fitur, serta file compatibility yang beragam. Clip Studio Paint memiliki tool seperti pencil, paints, markers, airbrushes, shading tools, dan sistem layering yang simple. Semua tools ini sangat membantu berkreativitas dalam menciptakan komik.

Pengguna bisa membuat custom brush atau mengunduh brush dari komikus lain. Clip Studio Paint juga sudah kompatibel dengan berbagai perangkat pen tablet serta Windows sehingga tidak menyulitkan para komikus.

Tidak hanya itu, Clip Studio Paint juga melengkapi berbagai template lokasi dan karakter yang bisa dipakai secara bebas, termasuk model 3D. Jadi, para komikus yang baru belajar tidak kebingungan mencari tutorial atau model saat menciptakan komik. Dengan mengeluarkan biaya yang murah untuk membeli program ini, para komikus bisa mendapat berbagai fitur menarik lainnya.

2. MediBang Paint

Tidak jauh berbeda dari Clip Studio Paint, MediBang Paint juga mengharuskan pengguna untuk membuat gambar lalu dijadikan komik. MediBang juga menyediakan banyak tool yang berbeda untuk para komikus.

Contohnya adalah latar, kuas, pensil, warna, dan efek-efek yang bisa digunakan untuk memperindah komik. Para pengguna bisa mendaftar secara gratis di situs web MediBang untuk mendapat cloud storage. Di sana, pengguna juga bisa mengunduh beberapa template untuk digunakan secara gratis.

MediBang juga tersedia dalam versi Android dan pc, sehingga para pengguna bisa menyesuaikan dengan perangkat yang dimiliki. Bisa disesuaikan dengan pen tablet dan sistem operasi apa pun.

3. Adobe Photoshop (CC & CS)

Adobe Photoshop tidak hanya menjadi favorit bagi pengedit foto, tapi juga komikus dan illustrator. Banyak komikus profesional yang menggunakan Adobe Photoshop ketika berkreasi. Tidak hanya komikus, tapi juga ilustrator terkenal seperti Steven Sanders menggunakan Photoshop.

Software ini tidak hanya memberikan fitur untuk menggambar, tapi juga mengedit, sehingga para komikus tidak perlu kerja dua kali untuk mengedit gambarannya. Ada banyak fitur-fitur yang lebih unggul daripada software-software sebelumnya. Para komikus bisa mengunduh font, brush, atau efek lain lalu memasangnya di Photoshop. Tak tanggung-tanggung, Photoshop juga memberikan berbagai preset yang menarik untuk para penggunanya.

Para pengguna Adobe Photoshop CC bisa mengakses dan membuat desain dari perangkat lain karena data akan disimpan dalam database Adobe Creative Cloud. Tentunya aplikasi ini tidak gratis dan memiliki harga yang cukup mahal untuk pemula.

4. Ibis Paint

Pengguna ponsel pasti tahu jelas aplikasi ini. Ibis Paint memungkinkan para komikus membuat komik hanya dengan jari. Mudahnya menggunakan aplikasi ini sangat membantu para pemula untuk berkreasi. Ibis Paint juga menghadirkan beberapa fitur yang tak kalah menarik dari aplikasi pembuat komik pc.

Ada beragam jenis brush yang bisa dikustomisasi, warna, bahkan efek, sehingga para pengguna ponsel tidak perlu khawatir harus membeli pc. Tidak hanya itu, Ibis Paint juga telah melahirkan banyak komikus-komikus berbakat yang mampu menjual komik mereka di platform digital. Para pengguna bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis di aplikasi Play Store.

5. Kindle Comic Creator

Kindle Comic Creator adalah aplikasi pembuat komik gratis untuk Windows. Agak berbeda dengan empat aplikasi sebelumnya, Kindle Comic Creator bisa membantu para komikus untuk membuat komik strip. Namun, semua komik yang telah dibuat hanya dapat dibuka di perangkat Kindle.

Untuk membuat komik, komikus harus memiliki gambar komik boneka dengan karakter serta dialog, lalu digabungkan di dalam software. Komikus tidak bisa membuat perubahan pada bingkai strip dalam software ini. Komikus hanya bisa mengubah judul, penulis, dan detail informasi komik di Kindle Comic Creator.

6. Paint Tool Sai

Aplikasi pembuat komik satu ini biasa digunakan oleh komikus profesional maupun pemula. Ukuran software yang ringan tidak akan membebani pc ketika membuat komik. Memiliki fitur yang tidak kalah menarik dari aplikasi lain, Paint Tool Sai memungkinkan para komikus untuk berkarya. Para komikus bisa mengatur pengaturan brush, warna, juga opasitas ketika berkarya.

Sistem layering yang simple juga cocok untuk para pemula yang ingin terjun ke seni digital. Dengan mengeluarkan biaya yang tidak terlalu mahal untuk membeli license, para komikus sudah bisa menikmati berbagai fitur di dalamnya.

Membuat komik memang tidak mudah. Butuh perangkat, serta skill yang mendukung untuk berkarya. Terlebih akan sangat menyenangkan apabila menggunakan aplikasi yang tepat, serta membantu. Tidak peduli pemula atau profesional, semua orang tetap bisa berkarya. Itulah 6 aplikasi pembuat komik yang biasa digunakan profesional.

Related posts