Rekomendasi 9 Aplikasi Membaca Buku Gratis Terbaik yang Bisa Dicoba

  • Whatsapp
Aplikasi Membaca Buku Gratis

Menghabiskan waktu dengan membaca saat ini sudah lebih praktis dan mudah. Jika dulu membaca mengharuskan untuk pergi ke perpustakaan atau toko buku, kini bisa melalui daring menggunakan aplikasi gratis. Ada banyak rekomendasi aplikasi membaca buku gratis yang bisa dicoba. Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini :

1. Ipusnas

Bagi yang belum tahu, Ipusnas ini merupakan platform berupa perpustakaan digital. Perpustakaan ini dikelola langsung di bawah naungan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Untuk memudahkan para pembaca, aplikasi Ipusnas sudah dilengkapi dengan eReader. Sehingga memungkinkan pembaca bisa menikmati buku dalam bentuk ebook secara gratis.

Ada banyak sekali referensi buku bacaan dengan segala judul yang disediakan aplikasi ini. Buku dapat dipinjam dengan batas waktu 3 hari sebelum hari pengembalian. Menariknya aplikasi baca buku gratis ini juga telah terintegrasi dengan media sosial. Dengan begitu sangat mungkin sekali para pembaca bisa terhubung satu sama lainnya.

2. iJakarta

Sekitar bulan Oktober 2015 silam pemerintah provinsi DKI Jakarta pun tidak ketinggalan meluncurkan perpustakaan dengan basis teknologi digital. Dengan nama iJakarta, aplikasi ini mampu dipergunakan masyarakat yang ingin membaca buku gratis tanpa harus beli maupun keluar rumah. Banyak dari penerbit yang mendukung peluncuran aplikasi ini.

Mulai dari Gramedia, Erlangga, penerbit Mizan dan lainnya. Jika diperhatikan, tampilan aplikasi ini punya banyak kemiripan dengan aplikasi iPusnas. Sebelum meminjam salah satu koleksi buku digital di aplikasi ini, pengguna perlu melakukan registrasi terlebih dahulu. Batas waktu peminjaman adalah 4 hari dan setelah itu buku akan secara otomatis dikembalikan.

3. Storial

Bagi penikmat novel, sangat disarankan untuk mengunduh aplikasi baca buku Storial. Aplikasi ini tergolong cukup unik. Pasalnya ada fitur Audio Story di dalamnya. Dengan begitu pembaca bisa dengan nyaman menikmati novel versi audionya.

Tapi sayangnya aplikasi Storial ini masih hanya bisa dinikmati bagi yang menggunakan platform android saja. Bagi yang gawainya berbasis ios, belum bisa menggunakannya.

4. Islamic eBooks Library

Tertarik untuk belajar lebih dalam tentang agama islam? Bisa coba untuk mendownload aplikasi Islamic eBooks Library ini. Pasalnya di dalam aplikasi ini sudah tersedia banyak referensi buku-buku dengan tema islami. Aplikasi ini punya interface yang sederhana sehingga dapat dengan mudah diaplikasikan oleh para pengguna.

Islamic eBooks Library mengelompokkan koleksi bukunya berdasarkan macam-macam kategori. Kategori pertama adalah menurut penulis, kedua berdasarkan perilisan buku, dan kategori ketiga berdasarkan nama buku yang ingin pembaca cari. Sayangnya, aplikasi ini belum ada pilihan bahasa Indonesia. Namun untuk bahasa lainnya sudah cukup lengkap disediakan.

5. Novel Nusantara

Masih diperuntukkan bagi pecinta novel. Kali ini ada aplikasi membaca buku gratis bernama Novel Nusantara. Di dalamnya banyak tersedia novel-novel karya penulis lokal. Ada banyak sekali pilihan genre novel yang disiapkan khusus untuk para pembaca. Menariknya aplikasi ini punya sistem level.

Artinya bagi pembaca yang berhasil melewati level tertentu akan mendapatkan semacam reward. Level ditentukan oleh banyaknya buku novel yang telah dibaca sebelumnya. Ketika sudah mencapai level tersebut maka pembaca berhak untuk mendapatkan “martabak”. Bukan makanan, namun pembaca boleh memberikan rating kepada penulis novel yang disukai.

6. Free eBooks-Classics

Selanjutnya ada aplikasi Free eBooks-Classics yang juga menyediakan banyak pilihan buku digital. Semua bisa didapatkan pembaca secara gratis. Ada banyak fitur yang mendukung kenyamanan pembaca ketika menggunakan aplikasi ini. Salah satunya adalah zoom control yang berguna untuk mengatur besar kecilnya tampilan tulisan buku digital.

Namun harus diingat, sebelum membaca buku digital via aplikasi ini pastikan dulu sudah menginstall program eBook reader. Rekomendasi aplikasi eBook reader yang bisa didownload adalah google play book atau Aldiko Book Reader. Dijamin membaca buku digital melalui Free eBooks-Classics ini jadi lebih nyaman.

7. Wattpad

Merupakan aplikasi baca buku gratis yang sepertinya sudah sangat dikenal terutama bagi pecinta novel. Wattpad merupakan aplikasi buatan Kanada dan hingga saat ini sudah banyak yang menggunakannya. Banyak sekali macam-macam novel yang disediakan dalam aplikasi ini. Ada yang bergenre romansa, horor, tragedi, dan masih banyak lagi.

Menariknya melalui aplikasi ini, pembaca tidak hanya bisa menikmati novel saja. Namun juga bisa mencoba menulisnya sendiri untuk dipublikasikan. Dengan fiturnya bernama create, cerita yang sudah dibuat bisa dibagikan ke pembaca lain. Bahkan ternyata banyak penulis terkenal awalnya merupakan penulis di wattpad ini.

8. Sweek

Sweek merupakan aplikasi membaca buku gratis yang punya kesamaan dengan wattpad. Jadi pengguna tidak hanya bisa menikmati buku digital yang disediakan saja. Namun juga boleh mempublikasikan tulisannya pada para pembaca lain.

Selain itu para pembaca akan secara otomatis masuk dalam komunitas global. Sehingga memungkinkan antar pembaca atau pengguna aplikasi Sweek ini bisa terhubung antara satu dengan yang lainnya.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Edit Video Youtuber Terbaik

9. Kindle

Terakhir, ada aplikasi baca buku gratis bernama Kindle. Di dalamnya tersedia banyak referensi buku digital yang bisa dinikmati. Mulai dari buku fiksi, nonfiksi, bahkan buku sejarah pun tersedia. Semua dapat dibaca secara gratis. Kindle menawarkan buku audio juga sebenarnya, tapi pengguna diharuskan berlangganan terlebih dahulu.

Itu tadi ada 9 pilihan aplikasi membaca buku gratis. Masa-masa pandemik seperti sekarang ini ada baiknya kurangi aktifitas di luar rumah. Habiskan saja waktu luang di dalam rumah dengan membaca buku digital gratis. Gunakan aplikasi di atas sebagai salah satu pilihan.

Related posts