6 Aplikasi Investasi Terpercaya untuk Kaum Muda!

  • Whatsapp

Investasi bukan lagi hal yang sulit saat ini. Jika dulu para investor harus menyiapkan banyak modal untuk berinvestasi, kini investasi bisa dilakukan melalui aplikasi. Namun, harus diingat bahwa berinvestasilah dengan aplikasi investasi terpercaya agar terhindar dari penipuan.

Aplikasi Investasi Terpercaya

Berdasar penelitian Wharton Pension Research Council, seseorang sebaiknya menyisihkan 40% penghasilan untuk masa depan. Salah satunya adalah berinvestasi. Bagi yang ingin berinvestasi, berikut adalah 6 aplikasi investasi terpercaya untuk kaum muda!

1. Bibit

Aplikasi investasi terpercaya yang pertama adalah Bibit yang merupakan terbitan dari perusahaan yang sama dengan Stockbit. Bibit memiliki pilihan investasi yang cukup lengkap, seperti reksadana, pasar saham, tapi dikelola oleh manajemen dan custodian yang berbeda-beda, sehingga tetap bervariasi. Aplikasi ini cocok untuk para pemula yang baru memulai investasi.

Bibit juga akan membantu para investor baru untuk menentukan profil risiko dan mengatur alokasi portofolio yang cocok. Bibit juga telah diawasi oleh OJK secara resmi. Investor juga bisa melakukan investasi syariah di aplikasi Bibit. Para investor hanya menentukan jumlah uang yang diinvestasikan, lalu akan dibagi sesuai dengan profil risiko. Tidak hanya itu, Bibit juga bisa dibayar melalui via gopay dan LinkAja.

2. Tanam Duit

Di aplikasi Tanam Duit, para investor bisa menentukan empat jenis investasi, yaitu reksa dana, SBN, asuransi, atau emas. Ada beberapa pilihan kartu emas yang bisa diberikan untuk orang-orang tertentu. Lalu, jika ingin menjual emas, pengguna juga bisa melakukannya melalui aplikasi ini.

Tampilan aplikasi yang eye catching dan sederhana benar-benar mengincar anak muda yang berniat melakukan investasi. Selain itu di Tanam Duit juga sudah diawasi oleh OJK sehingga para investor tidak perlu mengkhawatirkan adanya penipuan.

3. Bareksa

Aplikasi yang satu ini cocok untuk para investor yang sudah mahir memilih reksadana dengan memperhitungkan performa, alokasi aset, bahkan analisis fundamental. Bareksa banyak direkomendasikan oleh banyak investor karena kelengkapannya. Ada berbagai bentuk investasi yang bisa dilakukan di sini, seperti reksadana, surat berharga negara, emas. Bareksa akan menyediakan informasi produk serta pergerakan harga, profit, dan resiko yang akan dihasilkan.

Akan tetapi, Bareksa kurang cocok untuk investor baru dan masyarakat awam karena pilihan produknya membuat orang-orang yang baru belajar merasa minder atau takut. Di Bareksa juga ada biaya pembelian atau penjualan bagi produk-produk yang sudah popular sehingga  biaya ini menimbulkan kesan negatif bagi pemula yang belum memiliki banyak modal.

4. Stash

Bagi para pemula, Stash sangat direkomendasikan. Stash diluncurkan pada tahun 2015 yang menjadi aplikasi investasi pertama yang memungkinkan investor untuk berinvestasi hanya dengan $5 dan sederhana. Karena selama ini ada banyak investasi yang mahal dan mengintimidasi investor baru.

Aplikasi ini memiliki tampilan desain yang sederhana dan membuat para pengguna dengan mudah memahami cara penggunaannya.  Stash menawarkan 30 investasi dengan tema yang berbeda sehingga orang-orang bisa bebas memilih dengan resiko dan preferensi pribadi. Melalui aplikasi, para investor bisa membeli investasi tambahan, diversifikasi, sekaligus memantau laju keuntungan.

Stash benar-benar berbeda dari aplikasi investasi sejenis. Stash mengusung tema yang berbeda sehingga investasi dapat mudah dilakukan sekaligus membuat investasi jadi terjangkau dan mudah. ETF diatur dalam berbagai kategori sehingga mudah mencari perusahaan yang valuasinya sesuai dengan kemampuan para investor.

5. Ajaib

Investasi mulai dari harga 10 ribu? Bisa! Melalui aplikasi Ajaib, para investor bisa melakukan investasi reksadana atau pasar saham mulai dari 10 ribu. Penggunaannya yang mudah karena telah menyediakan informasi mengenai produk serta panduan rekomendasi cocok untuk para pemula. Ada notifikasi mengenai waktu jual beli saham terbaik sehingga para investor bisa memaksimalkan profit serta menekan resiko kerugian.

Ajaib juga mengenakan biaya transaksi yang murah sehingga tidak membebani para investor baru. Para investor juga bisa melakukan top up dengan mudah melalui bank apa saja dan bisa menarik dana secara gratis tanpa minimal dana. Bagi para kaum muda yang ingin berinvestasi tanpa ribet, Ajaib sangat direkomendasikan.

6. KoinWorks

KoinWorks menawarkan sistem peer to peer yang bisa digunakan untuk membantu orang lain yang membutuhkan bantuan dana. Peer to peer memungkinkan setiap orang untuk memberi pinjaman atau meminjam dana tanpa melalui perantara seperti lembaga keuangan.  Sehingga urusan pinjam-meminjam tetap aman dan dilakukan secara online.

Nantinya pinjaman wajib dibayar perbulan oleh pihak peminjam dan pihak peminjam akan mendapat return setiap bulan. Sama seperti Ajaib dan Bibit, KoinWorks memungkinkan para investor dengan minim dana karena tidak ada batasan minimal dana. Biaya transaksinya pun tidak mahal sehingga tidak memberatkan para investor pemula saat bertransaksi.

Berinvestasi memang jalan yang baik untuk menata keuangan, terutama dalam waktu jangka panjang. Tapi, berinvestasi harus tetap memikirkan keuntungan atau resiko yang akan didapat. Nah, itulah 6 aplikasi investasi terpercaya untuk kaum muda!

Related posts