Rekomendasi Aplikasi Android untuk Membantu Perencanaan Keuangan

  • Whatsapp

Masa pandemi seperti sekarang ini membuat banyak orang mulai tersadar akan pentingnya perencanaan keuangan atau financial planning.

Perencanaan keuangan ini bisa dibantu dengan menggunakan beberapa aplikasi yang ada di Play Store. Berikut ini adalah deretan rekomendasi aplikasi Android untuk perencanaan keuangan atau financial planning.

1. AndroMoney

Rekomendasi pertama untuk aplikasi perencanaan keuangan jatuh kepada AndroMoney yang tersedia untuk pengguna Android. Dengan aplikasi AndroMoney ini penggunanya bisa mudah untuk membuat pengelolaan uang sehari-hari. Adanya aplikasi AndroMoney ini membuat penggunanya dapat melacak pemasukan dan pengeluaran harian.

Tak Cuma itu, aplikasi yang dirilis pada tahun 2011 ini juga memiliki tampilan yang sederhana dan mudah sekali untuk dioperasikan. Pengguna juga bisa melakukan back up data langsung ke beberapa layanan cloud storage seperti Google Docs. Hal inilah yang kemudian membuat aplikasi ini begitu populer hingga diunduh oleh lebih dari satu juta orang.

2. Goodbudget

Selain AndroMoney, ada juga aplikasi Android Goodbudget yang masuk sebagai rekomendasi aplikasi perencanaan keuangan yang bisa dicoba. Goodbudget merupakan aplikasi perencanaan keuangan yang dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan teknologi Dayspring Technologies. Hingga kini, sudah lebih dari satu juta orang yang mengunduh aplikasi ini.

Dalam Goodbudget, penggunanya bisa mengatur keuangan sekaligus melacak pemasukan dan pengeluaran harian. Penggunanya juga bisa melakukan pelacakan transaksi hingga tujuh tahun ke belakang. Goodbudget juga memiliki tampilan chart yang menarik dan sangat mudah dipahami.

3. Money Manager Expense & Budget

Aplikasi perencanaan keuangan yang menjadi rekomendasi selanjutnya adalah Money Manager Expense & Budget yang dikembangkan oleh Realbyte Inc. Aplikasi yang mulai dirilis pada tahun 2013 ini sudah diunduh oleh lebih dari lima juta pengguna. Money Manager Expense & Budget ini menjadi aplikasi yang dapat digunakan untuk mencatat transaksi keuangan pribadi atau bisnis.

Di aplikasi ini, penggunanya bisa mencatatkan dan melihat besaran transaksi harian, mingguan, dan bulanan. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menampilkan statistik laporan dalam bentuk grafik yang menarik. Pengguna juga bisa menambahkan password agar tidak mudah dibuka oleh orang lain.

4. MoneFy

Selanjutnya ada aplikasi Monefy yang bisa menjadi pilihan untuk melakukan perencanaan keuangan dengan bantuan aplikasi di ponsel Android. Aplikasi ini tidak hanya bisa melakukan perencanaan dan pengatur keuangan untuk diri sendiri tetapi juga keluarga dan pasangan. MoneFy juga sudah tersinkronisasi dengan Dropbox sehingga penggunanya bisa melakukan pencatatan kapanpun dan dimanapun.

MoneFy memiliki fitur antarmuka yang sederhana dan mudah dipelajari. Penggunanya cukup memasukkan besar pemasukan dan pengeluaran setiap harinya. Aplikasi ini nantinya secara otomatis akan langsung mengelompokkan jenis transaksi sesuai kategori masing-masing.

5. Finansialku

Terakhir, ada aplikasi Finansialku yang menjadi aplikasi Android perencanaan keuangan yang bisa dicoba. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang sangat lengkap. Fitur-fitur dalam aplikasi Finansialku ini mulai dari pencatatan pengeluaran dan pemasukan, perencanaan keuangan, hingga belajar tentang keuangan dan konsultasi.

Pengguna aplikasi Finansialku juga bisa belajar tentang produk-produk investasi yang sangat penting dalam perencanaan keuangan. Aplikasi ini terdiri dari dua versi yaitu versi gratis dan versi berbayar. Versi berbayar dari aplikasi Finansialku ini membuat penggunanya dapat melakukan konsultasi dengan penasehat keuangan yang berkompeten.

Melakukan perencanaan keuangan merupakan hal yang sangat penting mengingat pandemi bisa datang sewaktu-waktu. Dalam perencanaan keuangan bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa aplikasi Android. Dengan bantuan aplikasi tersebut, seseorang dapat melakukan perencanaan keuangan dengan lebih baik dan ringkas.

Related posts