5 Aplikasi 2D Android Untuk Membuat Animasi Menarik

  • Whatsapp

Film-film dan kartun animasi adalah dua hal yang cukup digemari. Banyak film animasi 2D dan 3D yang populer di bioskop seperti Frozen, Scooby Doo, dan lain-lain. Namun, bagaimana proses pembuatan film dan kartun tersebut? Apakah animasi bisa dibuat dengan aplikasi 2D android?

Aplikasi 2D Android

Pembuatan animasi adalah hal yang cukup rumit untuk dilakukan. Membuat animasi dibutuhkan skill dan keahlian dari para animatornya. Biasanya para animator menggunakan software khusus untuk membuat animasi, seperti Anime Studio atau Monkey Jam. Namun, perkembangan teknologi membuat pembuatan animasi bisa dilakukan melalui gawai, salah satunya dengan aplikasi 2D android.

Bagi beberapa orang yang masih awam namun tertarik untuk membuat animasi dapat belajar menggunakan aplikasi di gawai. Aplikasi 2D android ini juga cocok untuk mengisi waktu luang. Berikut beberapa aplikasi pembuat animasi 2D yang bisa diunduh di gawai android:

1. Flipaclip: Cartoon Animation Creator & Art Studio

Aplikasi pertama yang wajib untuk dicoba adalah Flipaclip. Aplikasi buatan Visual Blaster LLC ini menduduki peringkat ke 5 di kategori desain. Flipaclip dirilis pada tahun 2012 dan terus di-update secara berkala. Hingga kini, aplikasi Flipaclip telah diunduh lebih dari 10 juta kali.

Flipaclip menawarkan berbagai fitur yang mudah untuk dipakai penggunanya. Ada berbagai peralatan menggambar yang dibilang cukup lengkap. Pengguna dapat menggunakan 3 layer secara gratis dengan pilihan kanvas yang bisa diatur sesuai keinginan. Animasi frame per frame juga mudah untuk dibuat.

Flipaclip mendukung fitur penambahan audio termasuk rekaman suara. Pengguna juga dapat menyisipkan video atau gambar sesuai keinginan. Selain itu, Flipaclip juga mengajak penggunanya untuk berkompetisi menyelesaikan tantangan dari Flipaclip. Dengan berbagai fitur yang bisa dicoba, tidak heran jika aplikasi Flipaclip mendapat review yang bagus dari penggunanya.

2. Draw Cartoons 2 – Animated Video Maker

Aplikasi 2D android selanjutnya dikembangkan oleh Zalivka Mobile Cartoons dan dirilis pada tahun 2015. Draw Cartoons 2 cukup populer dan sudah diunduh lebih dari 10 juta kali di Play Store. Aplikasi dapat diunduh secara gratis namun beberapa fitur bersifat berbayar.

Draw Cartoons 2 menawarkan fitur konstruktor karakter sehingga pengguna dapat memilih untuk membuat animasi dari awal atau menggunakan template. Draw Cartoons 2 juga mendukung fitur penambahan suara kartun dan musik. Aplikasi ini mempermudah langkah pembuatan animasi melalui gawai.

3. PicsArt Animator: GIF & Video

Siapa yang tidak tahu PicsArt? PicsArt dikenal sebagai aplikasi editing foto yang populer dan banyak digunakan oleh pengguna android. Ternyata bukan hanya aplikasi editing foto saja, PicsArt juga menawarkan aplikasi pembuat animasi 2D bernama PicsArt Animator.

PicsArt Animator memberi kemudahan para pengguna untuk membuat kartun, GIF animasi, atau sekadar corat-coret dalam foto. PicsArt menawarkan fitur yang cukup lengkap, mulai dari penambahan stiker, pengeditan frame, animasi selfie, dan masih banyak lagi. Bahkan, pengguna PicsArt Animator dapat membuat emoji sesuai keinginan dengan Emoji Me.

Aplikasi PicsArt Animator dirilis oleh PicsArt pada tahun 2016. Ukuran aplikasi tidak terlalu besar sehingga tidak membebani memori gawai. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 5 juta kali dan mendapatkan rating yang cukup tinggi.

4. TweenCraft – Cartoon Video Maker

TweenCraft memberikan kemudahan bagi pengguna yang baru belajar membuat animasi. Dengan aplikasi ini, pengguna tidak perlu membuat karakter animasi dari awal. Pengguna dapat memilih berbagai karakter dengan berbagai ekspresi.

Pengguna dapat merekam dialog dan mengubah suara ke nada kartun dan hanya perlu memikirkan ide cerita dan memilih karakter yang cocok. Ada bubble text ala komik yang dapat digunakan. TweenCraft juga menawarkan kemudahan edit ekspresi dan tempo. Tidak lupa, pengguna juga dapat menggunakan gambar buatan sendiri.

TweenCraft baru dirilis tahun 2020. Meskipun terbilang baru, aplikasi ini mendapatkan respon yang bagus dari para penggunanya. Kemudahan pembuatan animasi melalui fitur yang ditawarkan, membuat aplikasi ini telah diunduh lebih dari 1 juta kali.

5. Animation Desk

Rekomendasi aplikasi android 2D selanjutnya datang dari Kdan Mobile Software Ltd. Animation Desk dirilis pada tahun 2016 dan telah diunduh lebih dari 1 juta kali. Aplikasi ini di-update secara berkala dan ukurannya tidak terlalu besar. Animation Desk menawarkan fitur gratis dan fitur berbayar.

Animation Desk didukung dengan fitur menggambar yang cukup lengkap seperti kuas, palet warna, bingkai animasi, dan lainnya. Beberapa fitur seperti zoom-in dan zoom-out juga akan berguna bagi para pengguna. Aplikasi ini ditujukan bagi para profesional, pemula, dan para penggemar seni. Pengguna dapat menuangkan kreativitas dan ide ke animasi atau sketsa.

Itulah 5 rekomendasi aplikasi 2D android yang dapat diunduh secara gratis. Aplikasi-aplikasi ini akan mempermudah baik para animator profesional atau pemula dalam membuat animasi 2D. Dengan fitur yang disediakan, pengguna dapat mengekspresikan ide cerita atau karakternya ke bentuk animasi. Aplikasi ini pun cocok untuk hiburan saat waktu luang. Sudah siap untuk membuat animasi 2D?

Related posts