Apakah Mempelajari Teknologi Digital Fisika Sulit? Simak Ulasannya!

  • Whatsapp

Materi Teknologi Digital Fisika merupakan salah satu mata materi baru untuk pelajaran Fisika di dalam kurikulum 2013 bagi siswa SMA.

Walaupun materi yang satu ini bukan hal yang aneh untuk anak SMK terutama yang jurusannya TKJ atau Teknik Komputer Jaringan.

Read More

Namun bagi siswa SMA materi ini tergolong baru dan itu pun hanya ada untuk siswa SMA yang mengambil jurusan IPA.

Salah satu alasan kenapa mata materi yang satu ini masuk di kurikulum 2013 yaitu karena saat ini semua teknologi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari sudah menggunakan teknologi digital.

Oleh karena itu supaya para siswa lebih paham dengan cara kerja dan pengoprasian dari teknologi yang satu ini, dimasukkanlah materi nya ke dalam kurikulum 2013.

Hanya saja tidak sedikit dari para siswa yang mengeluhkan bahwa materi tentang teknologi digital ini merupakan materi yang susah dipahami.

Padahal bisa jadi anggapan seperti itu dikarenakan penyampaian materi yang kurang begitu jelas dari guru yang bersangkutan. Atau bisa juga karena belum mengetahui pentingnya materi yang satu ini dalam pelajaran Fisika.

Lalu Apakah Belajar Materi Tentang Teknologi Digital Fisika Itu Penting?

Ini adalah pertanyaan penting yang harus diketahui jawabannya bagi siapa saja yang masih merasa bahwa belajar tentang teknologi digital Fisika itu susahnya bukan main.

Jika sudah mengetahui seberapa penting dan bergunanya materi ini bagi kehidupan, biasanya akan ada dorongan dan semangat untuk mempelajari ilmu yang satu ini.

Jika ditanya apakah materi ini penting atau tidak, maka jawabannya tergantung. Bagi siswa yang ingin meneruskan ke pendidikannya di bidang elektro, telekomunikasi, IT, dan lain sebagainya, maka jelas ini adalah materi yang sangat penting.

Namun bagi para siswa yang tidak akan melanjutkan ke bidang tersebut bisa saja menganggapnya kurang penting.

Padahal jika mau dipelajari lebih jauh sebenarnya ini adalah materi yang sangat penting karena pengaplikasiannya sangat erat dengan kehidupan sehari-hari.

Ponsel pintar, komputer, internet, jam tangan digital, dan yang lainnya merupakan aplikasi dari teknologi digital. Oleh karena itu tidak ada salahnya bagi siapapun memahami materi ini supaya tahu tentang cara kerja dari alat-alat elektronik yang ada di sekitar kita.

Apa Saja Manfaat Teknologi Digital Bagi Kehidupan Sehari-hari

Mengetahui manfaat dari Teknologi Digital untuk kehidupan sehari-hari sangat penting untuk menepis pikiran bahwa materi mengenai Teknologi Digital Fisika adalah materi yang sulit.

Oleh karena itu coba perhatikan baik-baik beberapa manfaat teknologi yang satu ini di berbagai bidang dalam kehidupan sehari-hari berikut ini.

1. Manfaat Di Bidang Komunikasi

Saat ini proses komunikasi tidak seperti zaman dulu yang begitu susah. Tidak peduli seberapa jauh jaraknya, saat ini komunikasi bisa dilakukan dengan mudah hanya mengandalkan telepon pintar saja. Itulah yang termasuk manfaat dari teknologi digital saat ini.

2. Manfaat Di Bidang Pendidikan

Dengan adanya Teknologi Digital, maka para siswa dan guru bisa dengan mudah untuk melakukan pembelajaran. Tidak hanya di kelas saja, bahkan belajar juga bisa lewat daring. Materi pembelajaran pun sudah sangat banyak tersedia di internet.

3. Manfaat Di Bidang Transportasi

Di bidang transportasi, teknologi yang satu ini bermanfaat untuk sistem monitoring atau pengontrolan. Beberapa contoh pengaplikasiannya bisa di lihat di pesawat dan juga kereta api. Oleh karena itu materi tentang Teknologi Digital Fisika ini sangat mudah ditemukan contoh nyatanya dalam kehidupan sehari-hari.

4. Manfaat Di Bidang Media

Saat ini media cetak sudah mulai tergantikan keberadaannya dengan media elektronik. Berita yang baru beberapa menit terjadi bisa langsung ketahuan tanpa mesti menunggu esok hari. Ini adalah bukti dari begitu manfaatnya teknologi digital.

5. Manfaat Di Bidang Pengarsipan

Selain itu, ada juga manfaatnya untuk bidang pengarsipan. Teknologi digital berperan dalam pengarsipan elektronik atau digital sehingga akan meminimalisir resiko jika ada kerusakan atau pencurian arsip asli. Hal ini tentunya akan sangat membantu sekali.

Kelebihan Teknologi Digital yang Harus Diketahui

Teknologi Digital ternyata memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan dua teknologi sebelumnya yakni teknologi mekanis dan juga teknologi analog. Berikut ini adalah beberapa kelebihannya yang penting untuk diketahui.

1. Alat-alat Elektronik Bentuknya Menjadi Lebih Praktis

Salah satu teknologi yang digunakan dalam Teknologi Digital adalah Integrated Circuit atau IC. Dengan adanya teknologi yang satu ini maka alat-alat elektronik bentuknya menjadi lebih praktis dan juga ramping. Cukup dengan menggunakan chips maka semuanya sudah bisa berjalan sesuai dengan yang diinginkan. 

2. Proses Komunikasi Menjadi Sangat Mudah dan Fleksibel

Dulu proses komunikasi bisa dikatakan sangat susah. Walaupun ada handphone, tipe nya masih jadul dan baru bisa SMS serta telpon saja. Namun dengan kehadiran teknologi digital saat ini proses komunikasi menjadi lebih mudah dengan kehadiran ponsel pintar dan juga internet.

3. Keutuhan Data yang Ditransmisikan Sangat Terjamin

Perangkat yang menggunakan teknologi digital cenderung lebih aman. Hal ini dikarenakan pada saat proses transmisi data dilakukan noise-noise yang akan menghambat data tersebut menjadi tidak ada.

Adanya virus pun masih dapat diminimalisir jika menggunakan antivirus yang benar. Jadi tentunya berbagai macam data akan tetap utuh disimpan hingga akhir.

Baca Juga: Mengintip Prospek Kerja Lulusan Teknologi Industri Pertanian

5. Biaya Menjadi Lebih Hemat

Berbeda dengan teknologi mekanis yang memiliki begitu banyak komponen, komponen dari teknologi digital ini sangat sedikit Oleh karena itu tidak begitu banyak biaya yang dikeluarkan untuk kebutuhan perawatan.

Apalagi saat ini tenaga mekanis memiliki rentan waktu pengerjaan yang lebih lama. Sehingga akan sangat boros juga dengan waktu, jadi dengan adanya teknologi digital akan membuat semuanya lebih hemat.

Apa lagi dalam teknologi digital dikenal suatu istilah yang bernama repeater station. Artinya sinyal-sinyal yang sudah rusak tidak akan hilang, melainkan akan diganti dengan yang baru.

Setelah mengetahui beberapa hal penting yang telah dijelaskan di atas, rasanya materi mengenai Teknologi Digital Fisika bukan lagi sebuah materi yang menakutkan.

Bahkan karena materi yang satu ini sangat aplikatif, harusnya bisa lebih semangat lagi dalam mempelajari nya karena objek nya begitu mudah ditemukan dalam aktivitas kehidupan sehari-hari.

Related posts