Apa Itu Teknologi ? Yuk Simak Selengkapnya

  • Whatsapp

Apa itu teknologi? Secara umum teknologi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang keterampilan.

Mulai dari menciptakan alat, cara pengolahan, serta ekstraksi benda yang berguna untuk menyelesaikan permasalahan manusia sehari-hari.

Read More

Teknologi juga dapat diartikan sebagai sarana serta prasarana yang sengaja diciptakan untuk menyediakan barang-barang kebutuhan hidup manusia itu sendiri.

Dulunya teknologi hanya punya makna terbatas yaitu barang berwujud yang berupa mesin atau peralatan saja. Namun sekarang teknologi memiliki makna yang lebih luas. Jadi teknologi tidak hanya berarti barang berwujud saja namun juga hal tidak berwujud.

Seperti ilmu pengetahuan, software, metode, itu semua juga termasuk teknologi. Mau tahu apa itu teknologi secara lebih terperinci? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Tentang Apa Itu Teknologi Menurut Para Ahli

Jika secara etimologis, teknologi berasal dari bahasa Yunani “technologia”. “Tech” bermakna keahlian, sementara “logia” berarti pengetahuan.

Selain itu, para ahli juga punya pendapat berbeda-beda tentang apa itu teknologi. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini :

1. Iskandar Alisyahbana

Menurutnya, teknologi merupakan metode untuk melakukan sesuatu dalam rangka memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal. Sehingga aktivitas ini seakan-akan dapat memperkuat dan membuat lebih ampuh semua panca indera, anggota tubuh, serta otak manusia.

2. Manuel Castells

Manuel Castells mengungkapkan pendapat lain tentang apa itu teknologi.

Menurutnya, teknologi merupakan gabungan dari alat, aturan, serta prosedur penerapan pengetahuan ilmiah dalam melakukan suatu pekerjaan tertentu. Selain itu, aktivitas tersebut juga dapat dimungkinkan untuk terjadi pengulangan.

3. Gary J. Anglin

Menurutnya teknologi merupakan penerapan dari ilmu-ilmu perilaku dan alam. Termasuk di dalamnya pengetahuan lain yang bekerja secara bersistem dan mensistem dengan tujuan untuk memecahkan permasalahan manusia.

4. Jacques Ellil

Sedikit punya kemiripan dengan pendapat dari Gary, Jacques berpendapat teknologi adalah seperangkat metode yang secara rasional memiliki ciri efisiensi dalam apapun yang berhubungan dengan kegiatan manusia.

5. Merriam Webster

Merriam mengungkapkan jika teknologi adalah penerapan pengetahuan praktis terutama pada bidang tertentu.

Pada prinsipnya teknologi merupakan cara untuk menyelesaikan tugas dengan menggunakan proses teknis, metode, serta pengetahuan. Selain itu juga turut digunakan pula aspek khusus dari bidang tertentu.

6. M. Maryono

Maryono pun punya pendapat lain tentang apa itu teknologi. Menurutnya teknologi merupakan suatu pengembangan serta penerapan berbagai peralatan dan sistem. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menyelesaikan persoalan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

7. Nasibit

Nasibit merupakan salah satu ahli teknologi asal Indonesia. Beliau berpendapat jika teknologi merupakan suatu benda sekaligus objek. Termasuk juga bahan dan wujud yang berbeda saat dibandingkan dengan manusia biasa.

Perkembangan Teknologi

Teknologi memang tidak langsung canggih seperti sekarang. Pada mulanya teknologi bahkan sudah mulai dikenal sejak beribu-ribu tahun yang lalu.

Namun dari waktu ke waktu teknologi makin berkembang. Bagaimana proses perkembangan teknologi dari waktu ke waktu? Berikut penjelasan selengkapnya :

1. Masa Prasejarah

Teknologi sudah ditemukan saat masa prasejarah. Tapi yang pasti tidak secanggih seperti sekarang. Pada zaman tersebut, teknologi yang dikenal adalah batu, perunggu, serta besi.

Semua itu dimanfaatkan pada masa prasejarah sebagai pedang, kapak genggam, dan bejana perunggu. Rata-rata barang-barang tersebut digunakan sebagai peralatan perang.

2. Teknologi Jaman Kuno

Pada masa ini, teknologi mulai menunjukkan perkembangan. Teknologi zaman kuno sudah dikenal alat-alat maritim, untuk kebutuhan konstruksi, pertanian, hingga alat-alat tulis.

Bahkan pada zaman ini manusia sudah mulai pandai membangun konstruksi dengan perhitungan yang cukup rumit. Misalnya membuat piramid, mercusuar, jam matahari, hingga kapal.

3. Teknologi Abad Pertengahan Hingga era Modern

Semakin maju dibanding zaman sebelumnya. Pada era ini, banyak sekali penemuan baru di berbagai bidang.

Diantaranya bidang medis, matematika, militer, astronomis, hingga kartografi. Hal tersebut dibuktikan dengan telah ditemukannya mesin cetak, aljabar, busur silang, hingga navigasi kapal.

4. Teknologi Era Revolusi Industri

Pada jaman inilah peran teknologi semakin terlihat. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa tugas manusia yang sudah dapat digantikan dengan mesin. Sebut saja sudah ditemukannya mobil generasi awal, telepon, telegraf, mesin uap, hingga sepeda.

5. Teknologi di Abad 20

Teknologi pada era ini berkembang sangat pesat. Dalam masa ini manusia diketahui berhasil mendarat di bulan untuk pertama kalinya, yaitu Neil Amstrong.

Tidak hanya itu saja, bahkan dalam bidang militer, perkembangan teknologi ditandai dengan telah ditemukannya bom atom. Bahkan dalam era ini juga sudah ada Transistor, yang menjadi cikal bakal penemuan komputer kecil seperti saat ini.

6. Perkembangan Teknologi Abad 21

Berbagai macam teknologi mulai banyak dikembangkan pada masa ini. Semuanya untuk membantu pekerjaan manusia di berbagai bidang. Mulai dari bidang pendidikan, sosial, rumah tangga, teknologi informasi dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Standar Pendidikan Nasional Demi Generasi Penerus Bangsa Berkualitas

Manfaat Teknologi Untuk Manusia Dalam Berbagai Bidang

Secara umum teknologi sangat bermanfaat untuk mempermudah dan mempercepat kegiatan manusia.

Namun, ada beberapa bidang tertentu yang membuat manfaat teknologi ini sangat dirasakan. Jadi teknologi dapat dirasakan manusia dalam bidang :

  • Informasi dan komunikasi adalah manfaat yang paling dapat dirasakan oleh manusia. Dulu berkomunikasi jarak jauh harus menggunakan surat, telegram, yang tentu memakan waktu lama. Sekarang sudah ada smartphone, aplikasi chatting yang membuatnya jadi lebih cepat.
  • Ekonomi dan bisnis, yaitu setelah ditemukannya ATM membuat transaksi perbankan jadi lebih mudah dan cepat. Selain itu adanya internet memudahkan sistem delivery, sehingga proses pengiriman barang bisnis bisa lebih cepat.
  • Pendidikan, yaitu telah dikenalkannya e-learning system. Sistem ini membuat siswa tak perlu lagi harus datang ke sekolah. Cukup ikut kegiatan belajar mengajar melalui website atau aplikasi yang dapat diakses secara online.
  • Medis, dimana saat ini sudah ditemukan banyak sekali metode pengobatan dan alat-alat medis yang dapat mempermudah pekerjaan dokter. Selain itu juga membuat tingkat kesembuhan penyakit pasien jadi lebih tinggi.

Itu tadi sekilas tentang apa itu teknologi. Mulai dari penjelasan para ahli, juga pembahasan tentang perkembangan serta manfaat dari adanya teknologi. Bisa dipergunakan sebagai sumber referensi bagi yang sedang membutuhkan informasi tersebut.

Related posts