9 Jenis-jenis Kucing Bulu Pendek yang Lucu dan Menggemaskan

  • Whatsapp
Jenis-jenis Kucing Bulu Pendek

Bagi pecinta kucing, hewan yang satu ini sangat menggemaskan. Bahkan tidak jarang banyak orang yang memeliharanya.

Diantara banyaknya jenis-jenis kucing yang dipelihara, terdapat jenis-jenis kucing bulu pendek yang tidak luput untuk dipelihara karena penampilannya yang lucu dan menggemaskan.

Sebagai referensi untuk pecinta kucing, berikut ini kami rangkum dari embaran.id beberapa jenis kucing bulu pendek:

1. British Shorthair 

Kucing ini merupakan kucing bulu pendek Britania. Ras kucing ini telah ada sejak tahun 1900 yang lalu. Bentuk wajahnya yang bulat dan berpostur sedikit gemuk membuat kucing ini salah satu kucing yang sangat direkomendasikan untuk dipelihara. Selintas kucing ini menyerupai kucing Persia karena matanya yang besar. 

2. Burmese 

Salah satu dari jenis-jenis kucing bulu pendek yang sangat direkomendasikan untuk dipelihara adalah jenis Burmese. Ras kucing ini berasal dari Burma, Thailand dan mulai ditemukan sekitar tahun 1930. Penampilan kucing ini memiliki tubuh yang lebih berisi, dengan bulu pendek yang halus, serta mata yang bundar. Dengan demikian, kucing tersebut terlihat sangat menggemaskan. 

3. Burmila 

Jenis kucing yang satu ini merupakan kucing yang didapat dari hasil persilangan dari kucing jenis Burmese dan kucing jenis Persia Chinchilla. Dengan demikian, melahirkan kucing jenis Burmila. Bulu kucing ini pendek, walaupun terdapat jenis lainnya yang berbulu panjang dan memiliki warna sedikit fading. Jenis ini mulai dikembangkan pada tahun 1981. 

4. California Sprangled 

Salah satu dari jenis-jenis kucing bulu pendek lainnya adalah California Sprangled. Jenis ini memiliki penampilan yang eksotis. Jenis ini persilangan dari jenis kucing American shorthair, British shorthair dan Abbysinian. Jenis yang satu ini tergolong jenis yang langka. Bila melihatnya untuk pertama kali, kucing ini terlihat sedikit lebih lincah dan bengal serta menyerupai Leophard.

5. Chartreux 

Jenis kucing ini berasal dari Perancis, pada awal tahun 1930. Namanya diambil dari gereja, Chartusian. Saat itu pendeta di gereja tersebut mengembang biakan kucing tersebut agar gereja tersebut terbebas dari tikus. Penampilan kucing ini sangat lucu dengan bulunya yang pendek namun tebal dan berwarna abu-abu, mata kucing ini pun berwarna kuning sehingga terlihat kontras dengan tubuhnya. 

6. Chausie 

Jenis-jenis kucing bulu pendek lainnya adalah Chausie. Kucing ini tergolong besar bahkan bisa mencapai 8 kg, namun sangat lincah dan cekatan. Penampilannya lebih menyerupai macan betina. Tubuhnya yang ramping karena persilangan dari kucing domestik dan kucing liar dari hutan Savanna. 

7. Cheetoh 

Sesuai dengan namanya, kucing ini menyerupai dengan cheetah. Dengan demikian, seringkali disebut sebagai cheetah imut. Tampilan fisiknya pun menyerupai dengan cheetah, yaitu bentuk kepala yang runcing, serta corak di tubuhnya pun dipenuhi dengan corak berwarna hitam, dan ekor nya yang sedikit pendek dan bentuk matanya sedikit lebih kecil. 

8. Cornish Rex 

Kucing ini lahir dari persilangan shorthair tortoishell dan kucing pemilik yang belum diketahui rasnya. Jenis ini pertama kali ditemukan pada tahun 1950. Kucing ini terlahir dari mutasi genetik. Penampilannya yang unik terlihat dari telinganya yang besar, bentuk kepalanya yang ramping dan tubuhnya yang terlihat lebih jenjang dari kucing pada umumnya. 

9. Desert Lynx

Jenis yang satu ini merupakan kucing langka, dan jenisnya masih eksperimental. Penampilan kucing ini sepintas menyerupai kucing liar, yaitu dengan warna bulu abu-abu dan pendek, ekor pendek, namun memiliki kaki belakang yang cenderung lebih panjang. Kucing ini pun termasuk dalam kelompok jenis kucing yang termasuk kategori Lynx lainnya. 

Diantara banyaknya jenis-jenis kucing bulu pendek, jenis kucing berbulu pendek yang telah dijelaskan sebelumnya adalah yang paling direkomendasikan untuk dipelihara. Semua itu dikarenakan kucing tersebut lebih lucu dan menggemaskan. Namun demikian, semua kembali kepada selera penyuka kucing untuk memilih jenis kucing yang dipeliharanya. 

Related posts