8 Cara Menghemat Uang Belanja Dengan Bijak Dan Pintar

  • Whatsapp
Cara Menghemat Uang Belanja

Tugas seorang ibu rumah tangga memang terbilang banyak. Mulai dari mengurus kebutuhan suami dan anak, memasak, membersihkan rumah, sampai mengatur keuangan keluarga. Dengan semakin mahalnya harga bahan-bahan makanan seperti beras, sayur mayur, bumbu dapur, minyak goreng serta bahan lainnya. Mengharuskan ibu rumah tangga mengetahui cara menghemat uang belanja.

Karena jika seorang ibu rumah tangga tidak pintar-pintar mengatur keuangan keluarga terutama untuk keperluan dapur. Maka hal tersebut dapat membuat pengeluaran biaya bulanan rumah tangga menjadi membengkak. Apalagi jika penghasilan suami belum dapat mencukupi semua kebutuhan rumah tangga yang akan memperburuk keuangan keluarga.

Untuk itu dalam artikel kali ini akan membahas tentang cara ibu rumah tangga menghemat pengeluaran bulanan. Apa saja cara tersebut?, simak ulasannya dibawah ini:

1. Membuat Catatan Rencana Belanja

Cara menghemat uang belanja yang cocok dilakukan oleh para ibu rumah tangga yang pertama adalah dengan membuat catatan tentang rencana belanja. Dengan cara ini para ibu rumah tangga dapat lebih mudah untuk mengingat berbagai barang dan bahan dapur yang sudah habis dan perlu dibeli.

Dengan cara ini pula akan menghindarkan para ibu rumah tangga untuk membeli barang yang kurang penting dan tidak berguna lainnya. Karena dapat berakibat pengeluaran membengkak dan melakukan pemborosan.

2. Berbelanja Di Pasar Tradisional

Para ibu rumah tangga yang sedang ingin menghemat keuangan keluarga dapat membeli berbagai keperluan di pasar tradisional. Karena dalam pasar tradisional harga yang ditawarkan terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan pasar modern. Mulai dari sayur, buah, bumbu-bumbu dapur, sampai peralatan dapur.

Selain harga lebih murah, dengan berbelanja di pasar tradisional, bahan juga terbilang lebih segar seperti berbagai macam buah dan sayur. Dan yang paling identik dengan pasar tradisional adalah pembeli dapat melakukan tawar menawar sampai disepakati harga yang sesuai oleh kedua belah pihak.

3. Membuat Daftar Menu Masakan Mingguan

Dengan membuat daftar menu masakan mingguan akan menjadi salah satu cara menghemat uang belanja yang selanjutnya. Para ibu rumah tangga dapat menyusun terlebih dahulu daftar kebutuhan bahan masakan selama 7 hari kedepan.

Sehingga dalam berbelanja dalam jumlah yang lumayan banyak sekaligus akan lebih menghemat pengeluaran. Jika dibandingkan dengan membeli barang secara satuan atau eceran yang otomatis lebih mahal.

4. Membedakan Belanja Yang Sifatnya Harian, Mingguan, dan Bulanan

Cara menghemat yang satu ini dapat disesuaikan dengan ketahanan barang itu sendiri. Misalnya untuk belanja bulanan yang memiliki ketahanan yang terbilang lama. Seperti beras, minyak goreng, hingga terigu, serta kebutuhan mandi. Kemudian untuk belanja mingguan yang memiliki sifat bisa tahan selama seminggu.

Seperti telur, bumbu dapur, galon air, makanan instan, daging dan bahan-bahan tambahan lainnya. Selanjutnya untuk belanja harian yang memiliki sifat tidak bisa tahan lama. Seperti sayuran, roti, tempe, tahu, buah buahan.

5. Melakukan Perbandingan Harga Sebelum Membeli

Cara menghemat uang belanja yang selanjutnya adalah melakukan perbandingan harga. Dengan cara ini para ibu rumah tangga dapat melakukan perbandingan barang mulai dari harga, merk, ukuran, berat, lokasi dan yang lainnya. Pastikan untuk membeli barang yang memiliki harga paling rendah dengan kualitas dan kuantitas serta spesifikasi yang sama.

Dengan ini pula dapat membuat ibu rumah tangga menjadi lebih berhemat walaupun hanya sebesar Rp1.000 atau Rp2.000 saja. Dan uangnya dapat digunakan untuk keperluan yang lain.

6. Manfaatkan Diskon

Para ibu rumah tangga sering sekali pergi ke pusat perbelanjaan hanya untuk berburu diskon. Nah, sekarang manfaatkan hal tersebut untuk lebih menghemat pengeluaran. Caranya dapat membeli barang kebutuhan keluarga ke supermarket yang menyediakan diskon.

Sebelum pergi ke lokasi supermarket, alangkah lebih baiknya jika para ibu rumah tangga melakukan cek diskon pada website resmi yang dimiliki oleh supermarket tersebut. Hal ini bertujuan supaya tidak membuang-buang waktu hanya untuk mencari letak barang apa saja yang di diskon. Perlu di ingat, jangan sampai hilang kendali dalam berbelanja ketika bertemu dengan diskon.

7. Menggunakan Alat Transportasi Umum

Dengan menaiki alat transportasi umum akan lebih berhemat ketimbang menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dengan bahan bakar yang tidak murah. Selain lebih berhemat, dengan menggunakan transportasi umum para ibu rumah tangga juga dapat berpartisipasi dalam mengurangi kemacetan dan polusi udara.

8. Kurangi Penggunaan Kartu Kredit Saat Belanja

Ketika menggunakan kartu kredit diperlukan sikap yang bijak supaya tidak melakukan transaksi yang tidak mendatangkan manfaat. Misalnya membeli barang yang dirasa kurang berguna sehingga dirasa berlebihan dan boros. Disarankan penggunaan kartu kredit hanya untuk sesuatu yang mendesak saja seperti membeli mesin cuci yang rusak, biaya memperbaiki kulkas atau AC, dan hal-hal penting lainnya.

Sekian pembahasan tentang 8 cara menghemat uang belanja dengan bijak dan pintar. Pembahasan ini dapat menjadi salah satu pengetahuan jika para ibu rumah tangga ingin hidup lebih berhemat lagi. Perhatikan juga pemasukan dan pengeluaran. Pastikan jumlah angka pengeluaran tidak melebihi anggaran bahkan melebihi angka pemasukan.

Related posts