7 Rekomendasi Mobil Paling Irit Bahan Bakar

  • Whatsapp

Salah satu kriteria masyarakat ketika memilih mobil adalah irit bahan bakar ketika digunakan.

Pada umumnya mobil dapat menempuh jarak 9 hingga 11 km/liter bahan bakar.

Read More

Namun, mobil yang dikatakan irit bahkan bisa menempuh jarak 30 km/liter.

Di bawah ini akan dibahas tentang beberapa mobil paling irit yang mungkin bisa menjadi rekomendasi.

1. Mitsubishi Mirage – 31 Km/Liter

Bicara tentang mobil paling irit bahan bakar, sepertinya mobil pabrikan Jepang adalah jawaban terbaik.

Selama ini sudah banyak diketahui, jika mobil buatan Jepang kebanyakan dibuat dengan sistem hybrid. Penggunaan sistem hybrid inilah yang membuat mobil irit bahan bakar.

Namun jangan salah, kini sudah ada mobil dengan type non-hybrid yang juga mampu menekan pemakaian bahan bakar.

Mobil tersebut adalah Mitsubishi Mirage yang saat ini juga banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Mitsubishi Amerika pernah melakukan tes pada mobil ini.

Dari tes tersebut hasilnya mobil ini bisa menempuh jarak 31 km dan hanya membutuhkan 1 liter bahan bakar saja. Luar biasa bukan?

2. Daihatsu Ayla – 23 Km/Liter

Daihatsu Ayla bisa menjadi pilihan mobil paling irit bahan bakar selanjutnya. Mobil ini menawarkan tampilan yang super stylish dan khas anak muda.

Daihatsu Ayla telah dilengkapi dengan sistem injeksi, yang membuat mobil ini cukup irit bahan bakar.

Mobil keluaran Daihatsu ini tidak hanya cantik luarnya saja. Untuk bagian interiornya pun tak kalah paripurna.

Bagian dalam mobil ini didesain cantik dengan perpaduan warna hitam dan abu-abu yang elegan. Soal performa, mobil ini sudah dilengkapi dengan mesin dengan kapasitas 1000 cc tipe 1KR-DE DOHC.

Dengan kapasitas tersebut, mobil ini dapat menghasilkan tenaga hingga 6000 rpm. Jangan lupa teknologi injeksi yang disematkan pada mobil ini.

Dengan teknologi tersebut dapat menekan penggunaan bahan bakar sehingga lebih irit. Daihatsu Ayla hanya menghabiskan bahan bakar 1 liter untuk menempuh jarak 23 km.

3. Suzuki Wagon R – 20 km/liter

Rekomendasi lain untuk mobil paling irit bahan bakar adalah Suzuki Wagon R. Mobil ini masuk dalam jenis city car dengan tampilan model yang menawan.

Desain mobil ini cukup simple, namun tetap ada sentuhan modern. Tidak hanya secara visual saja yang menarik. Mobil ini juga dikenal sangat irit bahan bakar.

Suzuki Wagon R hanya menghabiskan 1 liter bensin saja untuk menempuh jarak hingga 20 km. Ditambah lagi, mobil ini juga mengusung konsep dimensi yang kompak dan dilengkapi dengan kabin yang luas. Satu mobil dapat memuat sekitar 5 orang penumpang. Hal inilah yang membuat mobil ini cukup direkomendasikan.

4. Toyota Corolla Altis – 18 Km/Liter

Ada lagi mobil yang termasuk kategori paling irit, kali ini dari pabrikan Toyota. Dari dulu Toyota dikenal sebagai produsen mobil keluarga yang berkelas, elegan, serta bergaya.

Bahkan Toyota pun dalam mobil ini menambahkan fitur lain yaitu irit bahan bakar.

Muncul dengan merek Toyota Corolla Altis, mobil ini bisa menempuh jarak 18 km dengan hanya menghabiskan 1 liter bahan bakar saja.

Tidak hanya itu, mobil generasi ke-11 Toyota ini juga didukung dengan kualitas mesin yang super prima. Toyota Corolla Altis dilengkapi dengan mesin  transmisi super CVT.

Serta diperkuat lagi dengan mesin 2ZR-FE 1.800cc dual VVT-i. Tampilan yang stylish serta banyak pilihan warna menjadi alasan lain mengapa mobil ini paling banyak diminati.

5. KIA Picanto – 19 Km/Liter

Masih ingin tahu mobil paling irit lainnya? Kali ini ini ada KIA Picanto. Mobil ini sangat direkomendasikan bagi anak muda. Hal tersebut dikarenakan KIA Picanto ini punya body yang mungil, dan stylish.

Selain punya desain yang menarik, KIA Picanto ini juga dikenal sangat irit bahan bakar.

KIA Picanto dilengkapi dengan mode ECO yang berfungsi untuk membuat mesin mobil bekerja lebih efisien. Efeknya tentu akan lebih irit bahan bakar. Mobil ini dapat menempuh jarak sekitar 19 km dan menghabiskan 1 liter bensin.

6. Suzuki Ertiga – 16 Km/Liter

Kurang tertarik dengan city car? Cobalah memilih Suzuki Ertiga yang masuk kategori mobil MPV ini.

Mobil ini punya tampilan yang cukup elegan dan berkelas. Sangat cocok digunakan untuk anak muda para generasi milenial. Desain eksterior Suzuki Ertiga ini termasuk prestisius.

Hal ini dapat dilihat dari pemilihan lampu LED dengan desain black bezel fog lamp.

Ditambah lagi dengan adanya grille mewah berlapis chrome yang makin membuat mobil ini terlihat lebih mewah dan mahal. Tidak beda jauh dengan desain eksteriornya, bagian interior mobil ini juga tak kalah keren.

Di dalam mobil dilengkapi fasilitas hiburan yang lengkap serta kabin yang lapang. Masih ada lagi fitur pengereman dengan sistem BED dan ABS yang membuat berkendara bisa lebih aman.

Paling penting, mobil ini tergolong irit bahan bakar. Suzuki Ertiga bahkan dapat menempuh jarak 16,73 km untuk 1 liter bahan bakar.

Baca Juga: Pakai Ukuran Ban Mobil Berbeda Dengan Standarnya Harus Tahu Resiko Ini!

7. Honda Jazz – 12 Km/Liter

Pabrikan Honda Prospect Motor tidak mau kalah mengeluarkan mobil dengan fitur hemat bahan bakar. Honda Jazz menjadi andalan mereka untuk fitur tersebut. Mobil ini begitu populer terutama di kalangan anak muda masa kini. Pasalnya Honda Jazz dikenal punya model yang trendy dan sangat menarik.

Selain itu, Honda Jazz juga dilengkapi dengan teknologi sistem injeksi yang membuatnya tidak boros bensin. Dari luar Honda Jazz memang terlihat sporty, dengan sentuhan agresif yang cukup gagah.

Mobil ini pun telah dilengkapi dengan hatchback yang menjadi ciri khas anak muda. Bagian bumper mobil mengusung konsep intake trapezoidal-shaped yang modern.

Interior Honda Jazz juga sudah dilengkapi dengan fitur berteknologi mutakhir. Mulai dari head unit 8 inch, koneksi AUX, Bluetooth, sistem audio, hingga panggilan telepon.

Performa mobil ini diperkuat dengan mesin berkapasitas 1,5 L SOHC yang dapat menghasilkan tenaga 4800 rpm. Mobil ini bisa menempuh jarak 12,5 Km dengan seliter bensin.

Itu tadi beberapa pilihan mobil paling irit bahan bakar. Sekarang tidak perlu bingung lagi mencari mobil yang cocok untuk dipakai sehari-hari. Bila mencari yang irit bahan bakar dan desain yang menarik, 7 rekomendasi di atas bisa menjadi referensi.

Related posts