7 Rekomendasi Buku Psikologi Pendidikan yang Wajib Untuk Dimiliki

  • Whatsapp

Ilmu psikologi merupakan salah satu ilmu yang tidak akan pernah selesai untuk dipelajari. Hal ini dikarenakan perilaku manusia setiap saatnya terus mengalami perkembangan.

Salah satu cara untuk mempelajari ilmu yang satu ini khususnya bagi para mahasiswa atau calon psikolog adalah melalui buku.

Read More

Berikut ini adalah 7 rekomendasi buku psikologi pendidikan yang cocok untuk dijadikan rujukan.

Buku-buku yang akan dijelaskan di bawah ini sebenarnya cocok untuk dipelajari oleh siapa saja. Jadi tidak hanya terbatas untuk mahasiswa yang mengambil jurusan psikologi saja.

Siapapun yang tertarik untuk mempelajari psikologi bisa belajar dari buku-buku di bawah ini. Tanpa menunggu lebih lama lagi, yuk langsung simak rekomendasi bukunya.

1. Pengantar Psikologi – Rita L. Arkonson DKK

Sebelum mempelajari lebih jauh tentang ilmu psikologi, maka akan lebih baik jika belajar ilmu yang satu ini dari dasarnya terlebih dahulu.

Nah dasar-dasar psikologi tersebut bisa dipelajari pada buku ‘Pengantar Psikologi’. Buku yang satu ini tersedia dalam dua jilid yang saling melengkapi. Oleh karena itu disarankan untuk memiliki keduanya.

Banyak sekali hal yang akan dibahas di dalam pada buku ini. Mulai dari pengaruh lingkungan, alam, bahkan hingga keturunan terhadap pembentuk perilaku manusia.

Selain itu, buku ‘Pengantar Psikologi’ juga akan membahas persepsi, mengingat, dan yang lainnya. Intinya semua materi dalam buku ini dibahas berdasarkan keilmuan ilmiah.

2. Aplikasi Psikologi Pendidikan Dalam Belajar dan Pembelajaran – Edy Susena, S.Kom

Buku yang memiliki tebal 168 halaman ini merupakan buku psikologi Pendidikan yang cocok untuk dijadikan pegangan selama kuliah.

Selain karena dikemas sebagai buku ajar, buku ‘Aplikasi Psikologi Pendidikan Dalam Belajar dan Pembelajaran’ ini juga disusun dengan bahasa yang mudah untuk dipahami.

Edy Susena sebagai penulis buku ini akan membahas seputar gejala jiwa, masalah-masalah saat belajar, pengukuran pembelajaran, kesehatan mental, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu di buku ini juga dibahas cara mendiagnosa bagi siswa yang kesulitan untuk belajar.

3. Psikologi Belajar – Dr. Afi Parnawi, M.Pd.

Rekomendasi buku yang selanjutnya adalah ‘Psikologi Belajar’. Buku karangan Dr. Alfi Parnawi M.Pd ini akan membahas tentang psikologi manusia yang memang memiliki jiwa pembelajar.

Bukan hanya sebatas belajar di ruangan kelas saja, namun makan belajar dalam arti yang lebih luas lagi.

Buku ini akan membahas tentang sifat serta hakikat jiwa manusia, kemudian juga terkait hereditas dan lingkungan, dan materi-materi lainnya yang lebih fokus pada pembelajaran.

Misalnya tentang berbagai macam variasi belajar mengajar, berbagai macam teori belajar, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Psikologi Kepribadian – Alwisol

Buku psikologi selanjutnya yang direkomendasikan adalah ‘Psikologi Kepribadian’. Selain berbagai buku psikologi pendidikan yang lainnya, buku yang satu ini sangat layak dipelajari bagi siapa pun yang memiliki cita-cita untuk menjadi psikolog.

Apa yang dipelajari di buku ini? Mungkin ada juga yang bertanya hal tersebut.

Nah buku ini mempelajari tentang berbagai macam teori tentang kepribadian seseorang.

Tidak seperti yang banyak ditemukan saat ini dimana kepribadian bisa dilihat dari golongan darah ataupun yang lainnya. Dalam buku ini kepribadian pada manusia akan dijelaskan secara ilmiah sehingga tidak asal tebak begitu saja.

5. Psikologi Perkembangan

Psikologi Perkembangan adalah buku lainnya yang direkomendasikan jika ingin belajar psikologi secara lebih jauh.

Buku ini akan membahas psikologi untuk setiap tahap perkembangan manusia. Mulai dari sejak lahir hingga manusia menjadi tua renta. Semua hal tersebut akan di bahasa secara tuntas dalam buku ini.

Buku yang membahas tentang Psikologi Perkembangan ini tidak hanya satu. Beberapa yang direkomendasikan adalah karya Elizabeth B. Hurlock, karya Pande M. Kutanegara, dan juga karya Desmita.

Buku-buku ini penting dipelajari supaya bisa lebih memahami psikologi dari setiap rentang usia manusia.

6. Psikologi Pendidikan Islam – Prof. Dr. H. Abuddin Nata, M.A

Selain berbagai buku psikologi Pendidikan yang telah disebutkan diatas, salah satu buku rekomendasi lainnya adalah buku ‘Psikologi Pendidikan Islam’.

Buku yang dikarang oleh Prof. Dr. H. Abuddin Nata ini akan membahas ilmu psikologi dari sudut pandang keislaman. Yaitu bagaimana melihat jiwa manusia dari Al Quran, Hadist, dan juga pendapat ulama.

Buku ini penting dimiliki terutama bagi calon psikolog yang beragama Islam. Selain melihat ilmu psikologi dari keilmuan modern dan kontemporer menurut para ahli.

Akan lebih lengkap lagi jika hal itu dibarengi dan dibimbing berdasarkan panduan agama. Hal ini penting supaya ada Batasan-batasan yang tidak melanggar syariat.

Baca Juga: Beberapa Contoh Ceramah Tentang Pendidikan Berbagai Tema

7. Sharing-Mu Personal Branding-Mu – Muhammad Fadhol Tamimy

Buku yang satu ini bisa dikatakan sebagai buku psikologi terapan popular. Tidak seperti kelima buku sebelumnya yang lebih fokus pada ilmu psikologi secara lebih dalam.

Buku ‘Sharing-Mu Personal Branding-Mu’ akan melengkapi ilmu psikologi dari sudut pandang lain, khususnya dari kacamata sosial media.

Sebagaimana diketahui bahwa semua orang saat ini setidaknya memiliki satu sosial media. Nah di buku ini akan dipelajari tentang bagaimana mengetahui kepribadian seseorang dari cara menggunakan sosial media.

Selain itu, buku ini juga menekankan agar setiap orang mempunyai value yang akan menunjang untuk kesuksesan karir. Hal ini bisa di bangun melalui branding di sosial media.

Selain yang sudah dijelaskan di atas, masih banyak sebenarnya buku psikologi Pendidikan lainnya yang tidak kalah pentingnya.

Hanya saja ketujuh buku yang sudah disebutkan di atas rasanya harus menjadi pegangan wajib. Baik bagi mahasiswa yang sedang berada pada jurusan psikologi ataupun siapa saja yang tertarik mempelajari ilmu yang satu ini.

Related posts