7 Ide Bisnis Kecil kecilan yang Cocok Di Masa Pandemi

  • Whatsapp

Pandemi corona memang berdampak pada semua lini kehidupan, termasuk juga pada segi perekonomian. Banyak karyawan yang kemudian di PHK atau setidaknya dirumahkan.

Oleh karena itu kondisi ini akan memaksa untuk pintar memutar otak agar bisa tetap ada pemasukan. Nah salah satu hal yang bisa dilakukan di tengah kondisi seperti ini yaitu dengan membuka bisnis kecil kecilan.

Read More

Ada banyak sekali peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan walaupun sedang masa pandemi seperti ini. Hanya saja terkadang orang-orang tidak mau memanfaatkannya.

Penasaran dengan bisnis apa saja yang menjanjikan selama pandemi ini? Berikut adalah 7 ide bisnis yang berpotensi menghasilkan walaupun hanya kecil-kecilan saja.

1. Bisnis Makanan Beku

Semasa pandemi ini aktivitas di luar rumah mau tidak mau harus dikurangi. Namun ada satu hal yang tidak bisa dikurangi kebutuhannya oleh manusia, yaitu kebutuhan akan makanan.

Sesulit dan segenting apapun kondisinya, makanan menjadi salah satu kebutuhan primer yang kebutuhannya harus tetap dipenuhi.

Salah satu makanan yang banyak dicari selama masa pandemi ini adalah makanan beku atau frozen food.

Selain karena bergizi, alasan lainnya juga yaitu karena jenis makanan yang satu ini tidak cepat basi dan bisa bertahan selama berhari-hari jika di simpan di dalam kulkas.

Oleh karena itu bisnis kecil kecilan yang satu ini memiliki prospek nya lumayan cerah untuk bisa dieksekusi selama pandemi corona ini.

2. Bisnis Masker

Pemerintah sudah menganjurkan bahwa setiap orang yang akan keluar rumah atau bepergian ke suatu tempat diwajibkan untuk menggunakan masker.

Hal inilah yang mengakibatkan permintaan masker di pasaran menjadi semakin meningkat. Bahkan walaupun harganya dinaikan berkali-kali lipat tetap saja semuanya ludes terjual.

Oleh karena itu peluang bisnis masker ini prospek nya cukup menjanjikan. Selain berjualan masker biasa, bisa juga untuk mencoba berjualan masker kain.

Sebab berdasarkan penelitian terbaru masker kain pun tidak kalah efektif nya untuk memutus penyebaran covid ini.

Jika ingin berbeda dengan masker lainnya yang ada di pasaran, cobalah dengan menambahkan motif unik yang akan menjadi ciri khas dari produk masker yang akan dijual.

3. Bisnis Hand Sanitizer

Selain masker, barang yang permintaannya naik selama pandemi ini adalah hand sanitizer. Hal ini dikarenakan salah satu media penyebaran virus corona berawal dari tangan yang kotor atau tidak bersih.

Oleh karena itu mencuci tangan menjadi kebiasaan baru yang harus dimiliki oleh semua orang di masa pandemi ini.

Namun untuk siapa saja yang masih harus keluar rumah karena tuntutan pekerjaan ataupun yang lainnya, terkadang untuk menemukan tempat mencuci tangan tidaklah mudah.

Sehingga hand sanitizer menjadi barang yang harus dibawa kemana-mana agar virus yang bersarang di tangan bisa segera musnah saat di semprotkan cairan yang satu ini.

4. Bisnis Buah-buahan

Bisnis kecil kecilan lainnya yang tak kalah ramai walaupun di masa pandemi seperti ini adalah bisnis buah-buahan.

Mengapa? Sebab berdasarkan beberapa referensi virus corona akan sangat rentan untuk menyerang orang-orang yang memiliki imun tubuh yang rendah. Oleh karena itu kebugaran tubuh harus tetap terjaga.

Buah-buahan merupakan salah satu makanan yang bisa dikonsumsi untuk dapat meningkatkan imun tubuh. Terlebih lagi buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi seperti jeruk.

Kondisi seperti ini tentunya jadi peluang tersendiri bagi orang-orang jeli yang pandai melihat peluang di tengah keterpurukan.

5. Bisnis Madu Atupun Ramuan Herbal

Selain buah-buahan, madu atau ramuan herbal juga menjadi makanan ampuh yang dapat meningkatkan imun tubuh. Madu sudah sangat terbukti menjadi minuman yang memang khasiat nya sangat kaya sehingga cocok dijadikan sebagai sarana pencegahan agar terhindar dari virus corona.

Selain itu, berbagai ramuan herbal pun disinyalir dapat meningkatkan imun tubuh. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika bisnis madu atau ramuan herbal dikatakan sebagai salah satu bisnis yang prospeknya cukup cerah selama pandami ini.

6. Bisnis Kuota

Bisnis yang satu ini memang bukanlah bisnis baru. Hanya saja semasa pandemi ini kuota menjadi salah satu kebutuhan penting lainnya selain kebutuhan makanan.

Hal ini dikarenakan hampir semua aktivitas selama isolasi diri ini dilakukan secara online. Baik itu rapat, belajar, dan berbagai aktivitas yang lainnya.

Semua hal tersebut tentunya membutuhkan kuota agar bisa tersambung ke internet. Tak heran jika permintaan kuota selama pandemi pun meningkat daripada biasanya. Tentunya ini juga menjadi salah satu peluang bisnis kecil kecilan yang bisa dijalankan di tengah pandemi ini.

Baca Juga: Bahas Tuntas Seputar Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia

7. Bisnis Antar Jemput Barang

Nah peluang bisnis terakhir yang tak kalah menjanjikan di masa pandemi ini adalah bisnis antar jemput barang. Walaupun memang ini agak sedikit beresiko, namun selama memenuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah rasanya tidak menjadi persoalan.

Sebagaimana diketahui bahwa aktivitas di luar rumah harus dibatasi di tengah keadaan seperti ini. Oleh karena itu jika ada sesuatu yang harus diantarkan biasanya orang-orang akan lebih memilih jasa kurir. Keadaan ini harusnya mampu dimanfaatkan.

Tidak usah jauh-jauh dulu, mulailah dari sekitar komplek rumah untuk jasa pengantaran barang yang masih berada di satu kota.

Itulah 7 ide bisnis kecil kecilan yang cocok dijalankan di masa pandemi ini. Tidak ada salahnya untuk mencoba salah satunya daripada hanya diam saja dan menganggur tanpa ada kerjaan.

Siapa tahu dari bisnis yang dijalankan tersebut justru mendapatkan pemasukan yang jauh lebih besar sehingga menjadi alternatif usaha lain untuk dikembangkan di kemudian hari.

Related posts