Mengenal 3 Sistem Jaringan Panel Surya untuk Instalasi Listrik

  • Whatsapp
Listrik sudah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia, karena bisa meneranginya ketika gelap, maka ketahuilah 3 sistem jaringan panel surya.

Listrik sudah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia, karena bisa meneranginya ketika gelap, maka ketahuilah 3 sistem jaringan panel surya.

Terlebih bila digunakan untuk instalasi rumah dan gedung, selain akan menerangi juga harus mengutamakan keamanan bagi penghuni rumah dan gedung. Berikut penjelasannya: 

1. On Grid System

Sistem instalasi listrik dari PLN terhubung langsung dengan sistem listrik ini Sistem ini bekerja dengan menggunakan sinar matahari lalu diserap agar terhubung dengan panel langsung. Dengan demikian, panel listrik merupakan ubahan dari sinar matahari tersebut lalu dihubungkan dengan masing-masing komponen-komponennya.

Kelebihan yang terdapat sistem on grid tersebut, yaitu energi listrik bisa didapatkan gratis dengan menyerap tenaga matahari. Tentunya hal tersebut jauh lebih hemat. Bahkan pengguna bisa memasang instalasi ini tanpa menggunakan baterai, kecuali untuk instalasi listrik yang telah berusia 10 tahun. Dengan demikian, kelebihan listrik bisa disimpan sebagai cadangan. 

Kekurangan dari sistem ini, yaitu semua sistem listrik akan mati bila listrik mati. Secara otomatis, salah satu dari 3 sistem jaringan panel surya. akan mati. Dengan demikian, rentan terjadi pemadaman listrik karena sistem ini terus diperbarui secara berkala, oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN). karena sebagai sebagai pusat pengendali.

2. Off Grid System

Sistem lainya yang merupakan bagian dari 3  sistem jaringan panel surya. adalah sistem yang tidak terhubung pada PLN.Rumah-rumah  yang berada di wilayah pedalaman biasa menggunakan sistem ini. Dengan demikian,  memaksimalkan sinar matahari untuk  membangkitkan tenaga listrik di wilayah tersebut. 

Adapun kelebihannya adalah sistem  tidak akan ikut mati. apabila listrik PLN mati, karena tidak berada di bawah sistem kelistrikan PLN. Kelebihan lainnya adalah cocok digunakan untuk pertanian dan perkebunan, dimana suatu waktu mudah untuk dipindahkan ke tempat lain. 

Meskipun praktis namun terdapat juga kekurangannya, yaitu mengeluarkan cukup besar akan biayanya karena memerlukan pembelian baterai cukup sering. Selain itu, penggunaan sistem ini memerlukan tempat yang lebih luas agar menyerap sinar matahari lebih optimal, sehingga tenaga listrik besar dapat digunakan, misalnya untuk sebuah desa.

3. Hybrid System

Salah satu sistem lainnya dari 3 sistem panel surya adalah hybrid system yaitu sebuah sistem  dimana sistem on grid serta off grid digabungkan. Dengan demikian, selain memiliki energi listrik dari penggunaan baterai namun jaringan listrik PLN tetap dihubungkan sehingga semua instalasinya mengikuti sistem yang ada di PLN. 

Seperti halnya dua sistem sebelumnya, sistem ini memiliki kelebihan. Dikarenakan menggabungkan kedua sistem, tersebut, maka tetap terhubung dengan jaringan listrik PLN meskipun memiliki baterai dalam jumlah cukup. Dengan demikian, tidak akan padam meskipun listrik PLN padam, sehingga cocok digunakan untuk perindustrian.

Meskipun terlihat sempurna, ternyata memiliki kekurangan juga. Adapun kekurangannya dari segi biaya yang mahal. Dikarenakan harus membeli baterai secara berkala. Dengan demikian, harus mengeluarkan biaya yang lebih besar. Selain itu, membutuhkan tempat yang luas sebagai tempat surya panel.

Mengenali sistem surya panel tersebut, memungkinkan pemilik rumah atau gedung perkantoran dan industri memilih sistem instalasi listrik yang sesuai dengan anggaran biayanya. Dikarenakan masing-masing sistem memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga berpengaruh juga pada biaya yang harus dikeluarkan.  

Dengan mengenali lebih banyak akan instalasi listrik rumah rumah pribadi dan gedung, bisa memilih langsung dari ketiga sistem untuk instalasi listrik. Dengan demikian bisa mempelajari lebih banyak pentingnya mengenali 3 sistem jaringan panel surya. 

Related posts