10 Kata Bijak Pendidikan Untuk Kobarkan Semangat Belajar

  • Whatsapp

Bagi setiap orang sukses adalah tujuan hidup. Bisa dikatakan mayoritas orang memiliki harapan atau cita-cita untuk menjadi sukses.

Salah satu tahapan yang harus dilalui agar bisa meraih sukses tersebut adalah dengan belajar. Tak heran jika kata bijak pendidikan di sini penting.

Read More

Keluarlah dari zona nyaman, majulah untuk meraih mimpi indah yang ingin diraih. Sebab setiap orang berhak punya impian. Sedangkan mimpi itu tidak bisa diraih dengan instan.

Butuh perjuangan ekstra untuk bisa meraihnya. Bahkan terkadang butuh pengorbanan saat memperjuangkan mimpi.

Coba bandingkan dengan orang yang sama sekali tidak punya mimpi, mereka hanya duduk, tidur, dan sibuk dengan dunianya sendiri. Seakan tak ada harapan dan bingung arah tujuan. Seolah mereka cepat puas dengan apa yang sudah didapat.

Contoh Kata Bijak Pendidikan Untuk Memberi Semangat

Tak ada salahnya kalau membaca kata-kata motivasi belajar. Kata-kata ini setidaknya mampu meresap dalam hati sanubari. Semoga mampu memberikan suntikan baru agar semangat membara lagi terutama dalam menuntut ilmu.

1. Pendidikan adalah Bekal Paling Bagus Untuk Mengiringi Perjalanan Hidup

Hidup tidak akan pernah maju tanpa hadirnya ilmu pengetahuan dan pendidikan. Pendidikan yang dapatkan sejak kecil di bangku sekolah dasar hingga kuliah akan membuat kehidupan di masa mendatang lebih berarti dan bermanfaat.

Oleh karena itu jangan pernah mau kalah dengan rasa malas. Kuatkan tekat untuk menuntut ilmu semaksimal mungkin. Ilmu tidak ada habisnya dan pasti akan selalu berguna di kehidupan.

2. Pendidikan adalah Senjata Paling Teppat Untuk Menjadikan Dunia Lebih Baik

Segala perubahan bermula dari ilmu. Jika ingin mengubah dunia pelajarilah ilmu. Pergunakan untuk segala sesuatu yang tak hanya bermanfaat untuk dirimu sendiri tetapi juga orang banyak. Karena ilmu ada untuk dibagikan baru bisa bermanfaat. Kata bijak pendidikan yang harus selalu diingat.

3. Pengetahuan adalah Investasi Terbaik yang Pernah Ada

Investasi tak selalu terkait dengan masalah keuntungan secara materi saja, karena ilmu juga merupakan investasi yang tak tergantikan. Tanpa adanya ilmu manusia kosong tidak ada artinya.

Akan sulit bertahan hidup dan tidak berharga bagi sesama manusia. Kata bijak pendidikan satu ini sungguh tepat sekali, karena kaya ilmu kaya harta.

4. Pastikan Untuk Selalu Menjadi Individu yang Baik

Fokuslah dengan segala impian, harapan, cita-citaa dan jadilah yang terbaik di bidang yang digeluti tersebut. Totalitas bisa menghantarkan hidup pada kesuksesan.

Potensi yang ada pada diri harus terus diasah dan dikembangkan. Lalu gunakan sebaik mungkin agar bisa menjadi bermanfaat untuk diri sendiri dan orang banyak.

5. Pikiran adalah Api yang Harus Dinyalakan, Bukan Bejana yang Harus Diisi

Dalam dunia pendidikan kita harus bersikap proaktif tak bisa hanya sekedar menunggu untuk menciptakan sesuatu yang berarti. Biasakan diri untuk menjadi seorang pionner, tak hanya sekedar followers saja. Kretifitas bisa tanpa batas asal ada kemauan.

6. Jangan Terlena Dengan Satu Gelar Saja

Gelar sarjana bukan merupakan tanda produk jadi tetapi indikasi seseorang siap untuk hidup.

Selesai kuliah bukanlah jenjang akhir pendidikan, tetapi justru menjadi langkah awal mengaplikasikan ilmu-ilmumu dan menjadi permulaan untuk menjalani kehidupan yang sesungguhnya.

7. Kegagalan Bukan Hal Buruk, Tapi Pembawa Pengalaman yang Jadi Guru Terbaik

Mengalami kegagalan bukan berarti menjadi putus asa dan hilang harapan. Justru pada kesempatan inilah hidu dituntut lebih berani dan berusaha kembali untuk meraih kesuksesan yang tertunda.

Belajar dari pengalaman gagal agar tidak terjadi kesalahan yang sama. Pengalaan adalah hal yang sangat berharga. Tanpa adanya kegagalan dan pengalaman maka tidak akan ada proses belajar.

8. Paspor Untuk Menuju Masa Depan adalah Pendidikan

Paspor akan menjadi fasilitas mengajak kita untuk keliling dunia. Begitupula pendidikan yang akan mengajak kita bermanfaat dan mendunia dengan ilmu-ilmu yang sudah dimiliki. Dengan ilmu wawasan semakin luas dan banyak hal yang bisa dilakukan.

9. Untuk Meraih Sukses Bukan Menggunakan Lift, Namun Menaiki Anak Tangga

Tidak ada kesuksesan yang bisa didapatkan secara instan. Semua butuh proses yang berliku karena dengan kondisi seperti itu maka orang akan lebih menghargai kehidupan.

Bukan sekedar bermalas-malasan, tapi bekerja keras dengan belajar banyak hal. Salah satu kata bijak pendidikan agar hidup bisa berarti.

Baca Juga: Ulasan Lengkap Seputar Institut Teknologi Indonesia: Sejarah, Program Studi, dan Keunggulan

10. Berjuang Meraih Sukses Tanpa Kerja Keras Sama Dengan Memanen Ketika Belum Menanam

Segala sesuatu itu membutuhkan ketekunan dan kerja keras, tidak ada yang mudah untuk mewujudkan impian. Cara yang terbaik ialah berusaha sebaik dan semaksimal mungkin. Salah satu kata bijak pendidikan untuk tidak melakukan hal yang sia-sia agar tidak membuag waktu.

Tak ada ceritanya usaha yang mengkhianati hasil. Jika belajar dengan sungguh-sungguh tentu ada ilmu yang didapatkan dan pasti berguna. Meraih prestasi dan nilai tinggi merupakan salah satu modal jadi orang sukses.

Tak menutup kemungkinan nilai bukanlah segalanya, namun dengan belajar maka secaa otomatis wawasan akan terbuka luas. Jangan pernah menyerah dengan keadaan apapun yang terjadi. Ada kalanya rasa lelah saat proses belajar melanda. Semua itu lumrah adanya.

Rasa kantuk, malas, dan lebih tertarik dengan hal-hal lain, manusiawi namanya. Siapa saja bisa bercerita pada orangtua mengenai permasalahan dan keluh kesah.

Karena orangtua adalah guru pertama dari seorang anak. Ada begitu banyak motivasi, kata-kata bijak, kata mutiara yang bisa didapat dari orangtua. Salah satunya kata bijak pendidikan.

Nah, itu dia sedikit kata bijak pendidikan yang bisa dibahas. Jangan sungkan untuk membuat kata-kata mutiara atau kata-kata bijak untuk saling menyemangati sesama. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Related posts